Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Renungan - Gereja Kristen Protestan Indonesia
14 Feb 2018
“Di dalam Dia kita beroleh keberanian dan jalan masuk kepada Allah dengan penuh kepercayaan oleh iman kita kepada-Nya.”(Efesus 3:12).
 Pernahkah kita mengamati orang-orang yang baru memasuki suasana baru, misalnya: tempat kerja, lingkungan, komunitas yang baru? Pasti ada yang masih canggung ketika pertama kali menghadapinya. Ia pasti mengamati dan memperhatikan sekelilingnya, memperhatikan kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan, dan suatu ketika ia pun bisa menyesuaikan diri di tengah-tengah lingkungan yang baru itu. Atau dia sendiri menjadi terbiasa melakukan kebiasaan sebagaimana di tempat yang baru. Terkadang kebiasaan itu dianggap suatu kebenaran. Biasanya orang akan mengatakan “pokoknya itu kebiasaan di sini.” Saat ditanya apa arti dari kebiasaan tersebut, mungkin dia tidak bisa menjelaskannya.
                Surat Efesus ini ditujukan oleh Rasul Paulus kepada orang Kristen non-Yahudi, yang mungkin mengalami kebingungan saat bersentuhan dengan orang Kristen Yahudi. Mereka sama-sama mengimani Yesus Kristus namun ada perbedaan yang satu dengan yang lain. Demikian pula para pengajar pun berbeda-beda menyampaikan pengajaran tentang Yesus Kristus, bahkan yang satu dengan yang lain saling menidakkan. Lalu bagaimana menghadapi kenyataan seperti itu? Rasul Paulus menguatkan orang-orang percaya yaitu bahwa mereka (non-Yahudi) juga adalah pewaris dari janji yang telah Tuhan Yesus berikan. Hal itulah yang harus menjadi landasan orang Kristen non-Yahudi untuk tetap dalam iman, entah apa pun yang terjadi. Dengan demikian jika kita telah menjadi warga kerajaan Allah dan ketika kita bersinggungan dengan umat lain, apakah kita akan kembali sebagaimana lingkungan itu ada? Hal inilah yang diingatkan oleh Rasul Paulus kepada jemaat Efesus, yaitu agar mereka memiliki keberanian untuk tetap teguh dalam iman.
                 Ini juga yang disuarakan kepada kita, agar kita tidak mudah diombang-ambingkan oleh zaman ini. Kita perlu terus menerus merendahkan hati di hadapan Tuhan agar kita dapat mengarungi hidup ini dengan memiliki keberanian yang dari Tuhan. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa hidup di dunia ini, kita menghadapi situasi yang cepat berubah. Teknologi yang semakin canggih tentu akan menolong kehidupan manusia. Tetapi dampak negatifnya akan sangat besar tatkala kita tidak bisa mengendalikan diri dalam menggunakannya. Misalnya dampak negatif pemakaian medsos. Selain itu kita tidak dapat memprediksi apa yang akan terjadi pada hari esok. Terkadang kita tidak dapat memprediksi bencana-bencana alam yang terjadi di sekitar kita. Belum lagi terror-teror dari kelompok radikal yang sering mengusik ketenangan masyarakat. Dalam berbagai situasli yang sulit tersebut hendaklah hidup kita digarami oleh iman percaya. Iman yang teguh akan memampukan kita menghadapi ragam pergumulan dan tantangan.(HUM).

DOA: Bapa Sorgawi, kuatkanlah kami untuk menghadapi tantangan hidup ini. Biarlah kami melangkah dengan tetap mengandalkan iman percaya kami. Amin.

Kata-kata Bijak:
“Apapun tantangan hidup, hadapilah dengan penuh iman.”
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Selamat Ulang Tahun kepada:
Muller Purba 1 Agu
Naek Gultom 10 Agu
Sanny Samosir 12 Agu
Berman Manalu 13 Agu
Oloan Marbun 2 Sep
Baha Pasaribu 11 Sep
Edward Sinaga 12 Sep
Edward Sinaga 12 Sep
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE Lembaga - Non Lembaga -Tugas Belajar - Diperbantukan dll
Koordinator Wilayah Wilayah I (Medan I, Langkat)
Wilayah II (Medan II, Deliserdang) Wilayah III (Simalungun- Tebing Tinggi Sergei)
Wilayah IV (Dairi- Tanah Karo) Wilayah V (Asahan, Labuhan Batu)
Wilayah VI (Silindung, Pahae, Tapsel, Tapteng) Wilayah VII (Humbang, Samosir, Toba)
Wilayah IX (Riau Utara, Riau Selatan) Wilayah VIII (Sumatera Bagian Selatan)
Wilayah X (Kepulauan Riau) Wilayah XI (Jabodetabek, Jawa-Kalimantan)
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Renungan Hari Ini
24 Jun 2018
Juga kamu yang dahulu hidup jauh dari Allah dan yang memusuhiNya dalam hati dan pikiran seperti yang nyata dari perbuatanmu yang jahat, sekarang diperdamaikanNya di dalam tubuh jasmani Kristus oleh kematianNya untuk menempatkan kamu kudus dan tak bercela dan tak bercacat di hadapanNya.  (Kolose 1:21-22).
23 Jun 2018
“Berfirmanlah Allah: “Baiklah kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”(Kejadian 1:26)
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2018 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.