Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Renungan - Gereja Kristen Protestan Indonesia
13 Feb 2018
“Kiranya Dia menguatkan hatimu, supaya tak bercacat dan kudus, di hadapan Allah dan Bapa kita pada waktu kedatangan Yesus, Tuhan kita,dengan semua orang kudus-Nya.” (1 Tesalonika 3:13).               
 Orang tua berjibaku untuk memenuhi kebutuhan dari seisi keluarga. Terkadang orang tua “menyiksa diri” dengan menghemat. Hal-hal yang diingininya pun ditunda bahkan tak dinikmatinya demi kebutuhan isi keluarga. Lagu Anangkonhi do hamoraon di au sangat populer bagi suku Batak, karena menggambarkan pengorbanan sang orang tua demi keberhasilan sang anak.  Semua keletihan, kesukaran dari sang orang tua akan sirna jika sang anak yang diperjuangkannya menghargainya, mensyukuri dan orang tua melihat sang anak berhasil. Jerih payah orang tua tidak akan sia-sia jika melihat anak-anaknya berbahagia. Anak-anak adalah kebahagiaan dari orang tua.
               
 Mungkin hal tersebut memiliki kemiripan dengan apa yang dialami oleh Rasul Paulus. Setiap pekabar Injil menghendaki jerih payahnya menghasilkan buah. Berita baik dari orang-orang yang diinjilinya akan mendatangkan kebahagiaan bagi sang pekabar Injil tersebut. Hal ini berbanding terbalik dengan apa yang disampaikan sebuah iklan yang bunyinya “Senang melihat orang susah dan susah melihat orang senang.” Setelah Timotius diutus untuk menyampaikan Kabar Baik ke jemaat Tesalonika maka iman mereka bertumbuh di tengah-tengah kesusahan yang mereka hadapi.  Kesusahan yang sedang mereka hadapi tidak membuat iman mereka melemah. Lalu bagaimana dengan keadaan Rasul Paulus? Sesungguhnya diapun sedang dalam kesesakan dan kesukaran, dia terhibur oleh karena kabar baik dari Jemaat Tesalonika.  Sebagai seorang pemimpin sekaligus hamba Tuhan, Rasul Paulus bergembira di atas kegembiraan dari jemaat Tesalonika. Kesukaran yang dihadapinya serasa hilang dengan sendirinya, sehingga yang ada padanya adalah kebahagiaan. Karena itu ia mengharapkan agar  jemaat Tesalonika tidak mudah berpuas diri. Mereka harus bertahan dan tetap kuat di hadapan Allah pada waktu kedatangan Yesus kembali.  
                
Hal itu juga yang disuarakan oleh Rasul Paulus kepada kita dalam situasi masa kini. Ketika kita menghadapi berbagai kesusahan maka iman kita harus kuat. Kekuatan kita dalam menghadapi berbagai kesukaran hidup hanyalah pertolongan Tuhan. Sebagai orang-orang percaya, bagaimana kita menantikan kedatangan Yesus tersebut. Dalam nas ini kita diajak untuk hidup tak bercacat atau kita harus dalam kekudusan. Kita tahu ada banyak tantangan dan kesusahan yang menghampiri hidup kita. Namun jika Tuhan bersama dengan kita, maka kita akan beroleh kekuatan menghadapi kesusahan tersebut, dan kita pun tidak akan mudah jatuh ke dalam keputusasaan, sebagaimana jemaat Tesalonika setelah mendengar firman Tuhan, iman mereka pun bertumbuh dan mereka saling mengasihi.(HUM).
DOA: Bapa Sorgawi, biarlah oleh firman-Mu kami dikuatkan menghadapi berbagai kesukaran di dalam hidup ini. Amin.

Kata-kata Bijak:
“Kesukaran akan berganti menjadi kebahagiaan ketika Injil memenuhi hati kita.”
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Tidak Ada Pendeta Yang Ulang Tahun Pada Periode Bulan Ini Atau Bulan Depan!
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE Lembaga - Non Lembaga -Tugas Belajar - Diperbantukan dll
Koordinator Wilayah Wilayah I (Medan I, Langkat)
Wilayah II (Medan II, Deliserdang) Wilayah III (Simalungun- Tebing Tinggi Sergei)
Wilayah IV (Dairi- Tanah Karo) Wilayah V (Asahan, Labuhan Batu)
Wilayah VI (Silindung, Pahae, Tapsel, Tapteng) Wilayah VII (Humbang, Samosir, Toba)
Wilayah IX (Riau Utara, Riau Selatan) Wilayah VIII (Sumatera Bagian Selatan)
Wilayah X (Kepulauan Riau) Wilayah XI (Jabodetabek, Jawa-Kalimantan)
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Renungan Hari Ini
22 Apr 2018
“Sungguh, kamulah kemuliaan kami dan sukacita kami.”  (I Tesalonika 2:20).
21 Apr 2018
“Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.”  (Mzm.119:105.
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2018 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.