Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Renungan - Gereja Kristen Protestan Indonesia
31 Jan 2018
“Pujilah TUHAN, hai jiwaku, dan janganlah lupakan segala kebaikan-Nya”Mazmur 103:2
     Melihat ibunya sibuk memasak, Yani seorang anak perempuan yang baru berusia lima tahun juga ikut-ikutan sibuk. Dia mengambil sendok dan menuangkan garam ke dalam masakan ibunya. Ibunya terkejut dan kesal karena dapat dipastikan sop yang dimasaknya pastilah keasinan. Dengan begitu kesalnya, ibunya bertanya:  “Yani, mengapa kamu memasukkan garam ke masakan ibu?. Yani yang dengan kepolosannya menjawab “saya mau membantu ibu masak”. Anak itu rupanya ingin menolong ibunya, dan berusaha meringankan pekerjaan ibunya, namun tidak tahu justru tindakannya merusak masakan ibunya. Mendengar jawaban anaknya, ibunya tidak jadi marah. Dipeluknya anak itu, walau gagal menolong, si ibu sekarang dapat mengerti, karena itu mengampuninya.
                Tuhan pun lebih dari itu. Ia  murah hati dan penuh kebaikan. Itulah yang dituliskan Daud dalam Mazmur 103 ini, ia sungguh mengajak dirinya sendiri untuk memuji Tuhan karena kebaikan dan kasih sayang Allah yang selalu menerima, mengampuni dan mengerti dia. Daud yang memiliki banyak pelanggaran, namun dia percaya bahwa Allah tidak melakukan sesuatu yang setimpal dengan dosa-dosanya di masa-masa yang lalu (ay.10). Dia selalu mendapat belaskasihan Tuhan sekalipun di saat tidak mampu  menyenangkan hati-Nya. Ia sering sekali gagal namun Tuhan mengampuni serta menyembuhkan segala penyakitnya dan bahkan akan memahkotainya dengan kasih setia dan rahmat. Boleh juga dibandingkan dengan perumpamaan anak yang hilang, bagaimana Bapanya dengan begitu senang setelah anaknya yang sudah hilang itu kembali sadar akan kesalahannya.  Malah bapanya memberi jubah yang baik dan harum juga cincin (Luk. 15:11-32). Seperti itulah kebaikan dan kemurahan hati Tuhan yaitu Bapa yang selalu mengampuni kita.
                Saudara, Tuhan tahu perilaku kita, Dia tahu keinginan kita untuk menyenangkan-Nya namun kita sering gagal dan kita sering jatuh dalam dosa dan pelanggaran-pelanggaran kita. Itulah yang mendukakan hati-Nya. Firman Tuhan hari ini berkata: “Sejauh timur dari barat, demikianlah dijauhkan-Nya daripada kita pelanggaran kita”.  Sungguh pengampunan Tuhan tiada tara bahkan Ia menanggung penderitaan yang begitu berat hanya untuk menebus segala dosa dan pelanggaran kita. Tuhan itu pengasih dan penyayang, panjang sabar dan besar kasih setia-Nya, dan  tidak dibalaskan kepada kita setimpal dengan pelanggaran kita (ay. 8, 10). Yah, sungguh seperti jauhnya timur dari barat, menunjukkan pengampunan Tuhan yang tidak terjangkau oleh pikiran manusia. Pengampunan-Nya tiada batas. Lalu, apakah kita hanya mengetahui kemurahan Tuhan seperti itu? Bukankah kita perlu memperbaharui diri kita dan berusaha memberi yang  terbaik kepada Allah dengan langkah pertobatan kita? Sekarang kita perlu mengevaluasi perilaku kita pada masa lampau. Kesalahan dan dosa-dosa kita pada masa lampau jangan sampai terulang lagi.  Jangan kita mendukakan hati Tuhan lagi. 
DOA: Bapa Sorgawi, terima kasih atas segala kebaikan-Mu untuk mengampuni segala dosa-dosa kami. Kuatkan kami Bapa untuk tidak melakukan dosa lagi. Amin.
 
Kata-kata Bijak:
Allah itu sungguh baik dan amat baik dalam kehidupan kita.
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Selamat Ulang Tahun kepada:
Muller Purba 1 Agu
Naek Gultom 10 Agu
Sanny Samosir 12 Agu
Berman Manalu 13 Agu
Oloan Marbun 2 Sep
Baha Pasaribu 11 Sep
Edward Sinaga 12 Sep
Edward Sinaga 12 Sep
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE Lembaga - Non Lembaga -Tugas Belajar - Diperbantukan dll
Koordinator Wilayah Wilayah I (Medan I, Langkat)
Wilayah II (Medan II, Deliserdang) Wilayah III (Simalungun- Tebing Tinggi Sergei)
Wilayah IV (Dairi- Tanah Karo) Wilayah V (Asahan, Labuhan Batu)
Wilayah VI (Silindung, Pahae, Tapsel, Tapteng) Wilayah VII (Humbang, Samosir, Toba)
Wilayah IX (Riau Utara, Riau Selatan) Wilayah VIII (Sumatera Bagian Selatan)
Wilayah X (Kepulauan Riau) Wilayah XI (Jabodetabek, Jawa-Kalimantan)
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Renungan Hari Ini
24 Jun 2018
Juga kamu yang dahulu hidup jauh dari Allah dan yang memusuhiNya dalam hati dan pikiran seperti yang nyata dari perbuatanmu yang jahat, sekarang diperdamaikanNya di dalam tubuh jasmani Kristus oleh kematianNya untuk menempatkan kamu kudus dan tak bercela dan tak bercacat di hadapanNya.  (Kolose 1:21-22).
23 Jun 2018
“Berfirmanlah Allah: “Baiklah kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”(Kejadian 1:26)
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2018 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.