Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Renungan - Gereja Kristen Protestan Indonesia
26 Jan 2018
Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakankepadamu hal-hal yang akan datang.Yohanes 16:13
   Martin Luther pernah pernah menyaksikan bahwa Roh Kudus bukanlah roh yang mengelirukan tetapi Ia adalah Roh yang menerapkan alat-alat (Firman dan Sakramen) yang disediakan Allah sendiri sehingga kita dapat mengadakan kontak dengan Yesus. Maksudnya adalah bahwa Roh Kudus memiliki peran yang luar biasa dalam hidup orang-orang percaya. Peranan itulah yang akan kita lihat secara khusus dalam wejangan yang disampaikan Yesus kepada murid-murid-Nya sebagaimana dalam konteks nas ini.
                Sebelum Yesus menghadapi menganiayaan yang akan datang dan juga sebelum Ia berpisah dengan murid-murid-Nya, Ia  memberikan nasihat dan menyampaikan janji kepada murid-murid-Nya. Janji itu adalah pengutusan Roh Kudus, yang dalam nas ini disebut dengan Roh Kebenaran. Jika Yesus sudah pergi meninggalkan mereka, Ia akan mengutus Roh Kebenaran. Sebelumnya Yesus menyebut “Penghibur” yang akan datang (ay.7). Tentang Roh Kebenaran itu Yesus berkata: “Apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran. Tugas Roh Kudus bukan hanya bekerja untuk orang-orang akan diselamatkan tetapi juga bekerja bagi orang-orang percaya, yaitu untuk mengajar, memimpin dan menuntun kepada seluruh kebenaran.  Kebenaran ini juga dikembangkan oleh Tuhan Yesus dalam Yoh.8:31-32: "Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu." Roh Kebenaran itu tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang dikatakan-Nya dan bahkan Roh Kebenaran itu akan memberitakan hal-hal yang akan datang.
                Salah satu tanggung-jawab orang-orang percaya pada masa kini mengenal lebih dalam kebenaran Tuhan. Kita terpanggil mendalami Firman Tuhan untuk mengetahui maksud dan rencana-rencana-Nya dalam hidup kita. Tetapi yang menjadi masalah adalah seringkali kita tidak sanggup memahami jalan-jalan Tuhan dalam hidup kita. Hal yang sama juga kita hadapi adalah sulitnya kita memahami kebenaran Tuhan. Bahkan untuk melaksanakan Firman Tuhanpun kita tidak sanggup dengan kekuatan kita sendiri. Oleh karena itulah kita membutuhkan pertolongan Roh Kudus, yaitu Roh Kebenaran yang memimpin dan membimbing kita untuk memahami seluruh kebenaran itu, yaitu Firman Tuhan. Setiap kali kita akan membaca dan mendengar Firman Tuhan, kita harus selalu berdoa memohon pertolongan Roh Kudus agar kita dimbimbing untuk memahami dan melaksanakan Firman-Nya.
DOA: Bapa Sorgawi, biarlah Roh Kudus-Mu senantiasa membimbing dan menuntun kami untuk memahami kebenaran Firman-Mu. Dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.
 
Kata-kata Bijak :
Kebenaran akan tersingkap tatkala Roh bekerja dalam hidup kita.
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Tidak Ada Pendeta Yang Ulang Tahun Pada Periode Bulan Ini Atau Bulan Depan!
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE Lembaga - Non Lembaga -Tugas Belajar - Diperbantukan dll
Koordinator Wilayah Wilayah I (Medan I, Langkat)
Wilayah II (Medan II, Deliserdang) Wilayah III (Simalungun- Tebing Tinggi Sergei)
Wilayah IV (Dairi- Tanah Karo) Wilayah V (Asahan, Labuhan Batu)
Wilayah VI (Silindung, Pahae, Tapsel, Tapteng) Wilayah VII (Humbang, Samosir, Toba)
Wilayah IX (Riau Utara, Riau Selatan) Wilayah VIII (Sumatera Bagian Selatan)
Wilayah X (Kepulauan Riau) Wilayah XI (Jabodetabek, Jawa-Kalimantan)
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Renungan Hari Ini
24 Jun 2018
Juga kamu yang dahulu hidup jauh dari Allah dan yang memusuhiNya dalam hati dan pikiran seperti yang nyata dari perbuatanmu yang jahat, sekarang diperdamaikanNya di dalam tubuh jasmani Kristus oleh kematianNya untuk menempatkan kamu kudus dan tak bercela dan tak bercacat di hadapanNya.  (Kolose 1:21-22).
23 Jun 2018
“Berfirmanlah Allah: “Baiklah kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”(Kejadian 1:26)
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2018 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.