Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Renungan - Gereja Kristen Protestan Indonesia
22 Jan 2018
“Sesungguhnya, Tuhan Allahmulah yang empunya langit, bahkan langit yang mengatasi segala langit, dan bumi dengan segala isinya ”.  (Ulangan 10 : 14 )
     Keberadaan Allah yang Mahabesar dapat kita lihat melalu ciptaan-Nya. Ketika Pemazmur berkata: “JIka aku melihat langit-Mu, buatan jari-MU, bulan dan bintang-bintang yang kau tempatkan: apakah manusia sehingga Engkau mengingatnya?” (Mzm.8:4-5). Pemazmur kagum akan langit, bulan dan bintang-bintang buatan jari TUHAN, sehingga itulah yang menjadi dasar bagi dia untuk memuji dan memuliakan TUHAN. Hal yang sama  juga dapat  kita melihat lirik lagu “How Great Thou Art” karya Carl Gustav Boberg (1859-1940), yang di dalamnya diungkapkan kebesaran TUHAN atas ciptaan-Nya sehingga itulah   menjadi dasar  pujian umat  bagi TUHAN.
Dalam ayat renungan hari ini juga kita dapat melihat bagaimana Musa mengingatkan bangsa Israel untuk menyadari kebesaran atau kemahakuasaan Tuhan. Musa berkata: “Sesungguhnya, TUHAN, Allahmulah yang empunya langit, bahkan langit yang mengatasi lagit, dan bumi dengan segala isinya.”  Ungkapan tentang TUHAN, Allah yang empunya langit dan bumi dengan segala isinya menunjukkan kebesaran dan keperkasaan TUHAN. Hal itu berbeda dengan dewa-dewi bangsa Kanaan yang tidak bisa berbuat apa-apa. Jika TUHAN yang empunya langit dan bumi maka segala sesuatu berada di bawah topangan, pemeliharaan dan pengendalian TUHAN. Dalam Kitab Kejadian 1:1-31 jelas kita lihat  bahwa TUHAN mencipta segala sesuatu dengan kuasa Firman-Nya, tetapi bukan hanya itu TUHAN juga sekaligus memelihara ciptaan-Nya hingga  sekarang. Dalam hubungan dengan umat Israel TUHAN Pencipta itulah yang bertindak dengan dahsyat untuk membebaskan mereka keluar dari Mesir. Dengan tangan yang kuat dan teracung Tuhan menghalau Firaun dan membebaskan bangsa itu  dari perbudakan. Itulah menjadi pokok pujipujian bagi umat Israel (ay.21). Karena itu bangsa Israel harus takut kepada TUHAN dan mereka harus  hidup menurut  jalan yang ditunjukkan-Nya (ay.12-13).
Dalam kehidupan kita sebagai umat percaya, kita juga harus menyadari dan mengaku akan kebesaran dan kemahakuasaan Tuhan. Hingga sekarang TUHAN tetap menopang kita dan ciptaan lainnya. Jika mentari pagi masih bersinar di ufuk Timur, udara yang segar masih terasa dengan nikmat, burung-burung masih bernyanyi, hujan masih membasahi bumi, pepohonan masih berbuah dan TUHAN masih memberikan segala kebutuhan kita. Bukankah semuanya itu menunjukkan bahwa TUHAN kita adalah Allah perkasa dan dahsyat?  Kemudian keperkasaan TUHAN juga dapat kita lihat  dalam diri  Anak-Nya Yesus Kristus, yang telah mempersembahkan  diri-Nya untuk menebus dosa-dosa kita. Itulah menjadi pokok puji-pujian bagi kita dalam hidup sehari-hari. Dengan menyaksikan perbuatan-perbuatan TUHAN yang begitu besar, maka sepatutnyalah kita senantiasa mengucapkan syukur kepada-Nya.
DOA: Bapa Sorgawi, biarlah kami senan tiasa menyadari keperkasaan dan kemahakuasaan-Mu sehingga kami selalu menyerahkan diri dan bersyukur kepada-Mu. Amin.

Kata-kata Bijak :
Menyadari keperkasaan TUHAN, akan mendorong kita
untuk selalu bersyukur kepada-Nya.
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Selamat Ulang Tahun kepada:
Ojak Lubis 26 Okt
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE Lembaga - Non Lembaga -Tugas Belajar - Diperbantukan dll
Koordinator Wilayah Wilayah I (Medan I, Langkat)
Wilayah II (Medan II, Deliserdang) Wilayah III (Simalungun- Tebing Tinggi Sergei)
Wilayah IV (Dairi- Tanah Karo) Wilayah V (Asahan, Labuhan Batu)
Wilayah VI (Silindung, Pahae, Tapsel, Tapteng) Wilayah VII (Humbang, Samosir, Toba)
Wilayah IX (Riau Utara, Riau Selatan) Wilayah VIII (Sumatera Bagian Selatan)
Wilayah X (Kepulauan Riau) Wilayah XI (Jabodetabek, Jawa-Kalimantan)
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Renungan Hari Ini
24 Jun 2018
Juga kamu yang dahulu hidup jauh dari Allah dan yang memusuhiNya dalam hati dan pikiran seperti yang nyata dari perbuatanmu yang jahat, sekarang diperdamaikanNya di dalam tubuh jasmani Kristus oleh kematianNya untuk menempatkan kamu kudus dan tak bercela dan tak bercacat di hadapanNya.  (Kolose 1:21-22).
23 Jun 2018
“Berfirmanlah Allah: “Baiklah kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”(Kejadian 1:26)
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2018 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.