Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Renungan - Gereja Kristen Protestan Indonesia
21 Jan 2018
“Tetapi malaikat Tuhan berfirman kepada Bileam: “Pergilah bersama-sama dengan orang-orang itu, tetapi hanyalah perkataan yang akan Ku-katakan kepadamu harus kaukatakan.” Sesudah itu pergilah Bileam bersama-sama dengan pemuka-pemuka Balak itu.”Bilangan 22:35
Cerita tentang Bileam adalah sesuatu yang menarik bagi kita. Bileam adalah anak Beor yang berasal dari kota Petor dekat sungat Efrat. Nama Bileam berarti penggoda. Mungkin Bileam itu seorang petenung yang pernah mendengar tentang TUHAN (Yahweh), Allah orang Israel dan tentang segala kebajikan-Nya di Mesir. Hal itu menyebabkan dia memuji Allah orang Israel, dan menjalankan ilmu tenungnya atas nama Allah orang Israel. Dapat dikatakan bahwa sosok Bileam ini adalah seorang yang mempunyai keanehan yang disebutkan dalam Alkitab. Di satu pihak ia bertindak selaku nabi Tuhan, yang tidak mau menyangkal kehendakTuhan, tetapi di pihak lain ia memberi nasihat kepada raja Moab supaya menggoda orang Israel untuk menyembah berhala (Bil.31:15,16).

Suatu ketika Balak menyuruh Bileam datang kepadanya oleh karena ia mengerjakan tenungannya dengan nama Allah. Maksud pemanggilan Balak adalah  agar Bileam mengutuki orang Israel karena dalam pemikiran Balak bahwa tukang tenung seperti Bileam dapat mempengaruhi Allah yang dipujanya serta dapat menentukan kemauan Allah. Balak mengutus orang kepada Bileam bersama upahnya untuk menenung; Bileam mau berangkat bersama-sama mereka, tetapi ia tidak berani berangkat sebelum meminta persetujuan Tuhan. Allah melarang dia bersama-sama berangkat dengan utusan raja itu dan dengan sangat menyesal Bileam harus menyuruh para utusan itu pulang kembali. Balak mengira, bahwa Bileam tidak mau datang, oleh karena upahnya terlalu sedikit. Lalu Balak mengutus pemuka-pemuka lebih banyak lagi kepada Bileam agar dia mau bertemu dengan Balak. Pada akhirnya Tuhan berfirman kepadanya melalui malaikat-Nya: “Pergilah bersama-sama dengan orang itu, tetapi hanyalah perkataan yang akan Kukatakan kepadamu harus kaukatakan.” (bnd. Bil.22:20; 23:26).

Bileam adalah contoh sosok yang tunduk menyampaikan firman Tuhan sekalipun hidupnya menghadapi tantangan besar dari penguasa. Secara pribadi dia tidak berkuasa untuk menolak apa yang dikatakan oleh  Firman Tuhan. Apa yang difirmankan oleh Tuhan harus ia sampaikan. Demikianlah kiranya hidup kita. Sekalipun mungkin hidup kita penuh dengan keduniawian, kita begitu dikuasai oleh dosa. Tetapi jika berhadapan dengan Tuhan, pasti kita tunduk. Kita tidak berdaya. Apa yang diperkatakan Firman Tuhan harus kita sampaikan sekalipun mungkin kita  mengakibatkan resiko yang besar. Karena itu kita hanya mau berkata: “Di sini aku Tuhan, aku siap menyampaikan perkataan-Mu”. Amin.
DOA: Bapa Sorgawi, kuatkanlah aku untuk selalu siap menyampaikan Firman-Mu sekalipun menghadapi tantangan-tantangan besar. Dalam nama Tuhan Yesus aku berdoa. Amin.
 
Kata-kata Bijak:
Apapun situasinya dan sebesar apapun konsekuensinya,
Firman Tuhan harus disampaikan.
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail. Web. infokom@gkpi.or.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Tidak Ada Pendeta Yang Ulang Tahun Pada Periode Bulan Ini Atau Bulan Depan!
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE Lembaga - Non Lembaga -Tugas Belajar - Diperbantukan dll
Koordinator Wilayah Wilayah I (Medan I, Langkat)
Wilayah II (Medan II, Deliserdang) Wilayah III (Simalungun- Tebing Tinggi Sergei)
Wilayah IV (Dairi- Tanah Karo) Wilayah V (Asahan, Labuhan Batu)
Wilayah VI (Silindung, Pahae, Tapsel, Tapteng) Wilayah VII (Humbang, Samosir, Toba)
Wilayah IX (Riau Utara, Riau Selatan) Wilayah VIII (Sumatera Bagian Selatan)
Wilayah X (Kepulauan Riau) Wilayah XI (Jabodetabek, Jawa-Kalimantan)
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Renungan Hari Ini
14 Feb 2018
“Di dalam Dia kita beroleh keberanian dan jalan masuk kepada Allah dengan penuh kepercayaan oleh iman kita kepada-Nya.”(Efesus 3:12).
13 Feb 2018
“Kiranya Dia menguatkan hatimu, supaya tak bercacat dan kudus, di hadapan Allah dan Bapa kita pada waktu kedatangan Yesus, Tuhan kita,dengan semua orang kudus-Nya.” (1 Tesalonika 3:13).               
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2018 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.