Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Renungan - Gereja Kristen Protestan Indonesia
25 Nov 2017
“Maka demi nyawamu, bertekunlah mengasihi TUHAN, Allahmu.” (Yosua 23:11)
Allah telah lama mengaruniakan keamanan kepada orang Israel (seperti yang diceritakan dalam pasal 1-22), bahkan keamanan itu terdapat di segala penjuru, tidak ada lagi ancaman dari luar dan dari dalam. Dan pada Pasal 23 ini – merupakan pidato perpisahan Yosua dengan menegaskan bahwa Allah telah mengalahkan segala bangsa yang disini, yakni yang di tanah Kanaan itu. Hal itu telah dilihat orang Israel sendiri (ay. 3). Allah berperang bagi mereka. Yosus berkata, “Tuhan melakukan segala sesuatu itu demi kamu.” Perkataan demi kamu dapat juga diterjemahkan dengan : di depan mata kamu. Jelaslah bahwa Allah berperang, sedangkan umat Israel hanya melihat dan menikmati buah-buah pekerjaan Allah itu. Buahnya itu dipetik, waktu Yosua membagi-bagikan tanah Kanaan kepada suku-suku bangsa Israel, seperti yang dijelaskan dalam pasal 13-21 (ay. 4). 
Akan tetapi pertolongan dan karunia Allah ini dijanjikan Allah dengan syarat : umat Israel harus setia kepada Allah. Mereka harus menguatkan hati mereka dalam memelihara perintah-perintah kitab Taurat Musa (bnd. 1:7, 8), dan mereka harus menjauhkan diri secara radikal dari bangsa-bangsa kafir yang masih tinggal diantara mereka. Pergaulan dengan bangsa-bangsa kafir itu dilarang keras, begitu juga segala pengakuan akan ilah-ilah mereka. Bahkan nama ilah-ilah itu tidak boleh disebut (ay. 7b) karena menyebut nama sudah berarti suatu pengakuan. Perintah untuk menepati Taurat dan menjauhi bangsa kafir dapat dijalankan dengan satu cara yang tegas, yaitu berpaut pada pada Tuhan (ay. 8) dan mengasihi Tuhan bahkan harus, “Bertekun,” (ay. 11). Bertekun berarti berkeras hati dan sungguh-sungguh (belajar, bekerja, berusaha dan sebagainya); berpegang teguh pada Allah; mengerjakan dan memusatkan segenap hati, pikiran dan akal budi hanya kepada Allah.Bertekun mengasihi Allah, itulah tanda kesungguhan orang Israel menerima karunia Allah. 
Pada saat ini mengaku sebagai orang Kristen (pengikut Kristus) bukanlah suatu identitas yang menuntut legalitas saja (yang hanya mementingkan peraturan-peraturan dan kewajiban-kewajiban keagamaan), melainkan juga suatu penyerahan hati kepada Allah secara totalitas dan dengan kesungguhan. Penyerahan itu melukiskan respons terhadap yang ditunjukkan Allah kepada kita terlebih dahulu. Allah terlebih dahulu mengasihi, mengaruniakan, mengakrabkan, mendekatkan, mengenalkan, mengintruksikan, mendengarkan, menunjukkan, menopang dan menghargai umat-Nya. Berdasarkan kedahuluan (terlebih dahulu) Allah itu dalam segala hal yang meneguhkan sekaligus mendorong kita untuk mengasihi Dia. Itu sebabnya, Yesus dalam karya dan pengajaran-Nya menekankan aspek kasih, kasih vertikal dan kasih horizontal (Mat. 22:37-40). Bukankah kita ada hingga pada saat ini karena kasih dan karunia Allah? Apakah kita mau komitmen untuk mengasihi Allah dan sesama saat ini dan disini?

DOA : Ya Allah, Sumber Segala Karunia, berikanlah kami hati yang berserah dan berpaut hanya kepada-Mu di dalam Yesus Kristus. Amin. 

Kata – Kata Bijak : 
“Ingatlah, semua karena Cinta – Karunia Allah.”
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail. Web. infokom@gkpi.or.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Tidak Ada Pendeta Yang Ulang Tahun Pada Periode Bulan Ini Atau Bulan Depan!
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE Lembaga - Non Lembaga -Tugas Belajar - Diperbantukan dll
Koordinator Wilayah Wilayah I (Medan I, Langkat)
Wilayah II (Medan II, Deliserdang) Wilayah III (Simalungun- Tebing Tinggi Sergei)
Wilayah IV (Dairi- Tanah Karo) Wilayah V (Asahan, Labuhan Batu)
Wilayah VI (Silindung, Pahae, Tapsel, Tapteng) Wilayah VII (Humbang, Samosir, Toba)
Wilayah IX (Riau Utara, Riau Selatan) Wilayah VIII (Sumatera Bagian Selatan)
Wilayah X (Kepulauan Riau) Wilayah XI (Jabodetabek, Jawa-Kalimantan)
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Renungan Hari Ini
27 Nov 2017
“Tidak ada yang kudus seperti TUHAN, sebab tidak ada yang lain kecuali Engkau dan tidak ada gunung batu seperti Allah kita.” (1 Samuel 2:2) 
26 Nov 2017
“Masuklah, marilah kita sujud menyembah, berlutut di hadapan TUHAN yang menjadikan kita.” (Mazmur 95:6)
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2017 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.