Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Renungan - Gereja Kristen Protestan Indonesia
24 Nov 2017
“Sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan. Karena itu hiburkanlah seorang akan yang lain dengan perkataan-perkataan ini.” (I Tesalonika 4:17-18)
Tidak ada manusia yang lepas dari masalah. Seluruh manusia mengalami masalahnya masing-masing, baik masalah internal maupun eksternal. Dalam keadaan bermasalah, jiwa merasa tertekan, kecewa, pesimis bahkan mencapai putus asa, tak berpengharapan. Keadaan ini sangatlah merugikan, tak hanya bagi diri sendiri terkadang pula bagi orang lain. Di dalam keadaan teralami atau tertimpa masalah, kita membutuhkan kehadiran seorang yang dapat menghibur, menenangkan jiwa dan memberikan solusi yang tepat dan cepat. Namun, siapakah orang itu ?
Dalam I Tesalonika 4 ini, kita perlu membaca perikop ini secara lengkap untuk mengetahui penyebab jemaat di Tesalonika memerlukan penghiburan. Rasul Paulus menasihatkan mereka supaya tidak berdukacita tentang mereka yang meninggal (ay. 13). Apa maksud Rasul Paulus supaya tidak berdukacita? Bukankah hal yang wajar berdukacita atas kehilangan orang yang kita kasihi, kerabat bahkan keluarga kita? Secara lahiriah, wajar-wajar saja berdukacita, tetapi tidak berlarut-larut bahkan dikatakan Paulus “Seperti orang-orang lain yang tidak mempunyai pengharapan,” (ay. 13). Jadi, bagaimana sikap kita? Rasul Paulus menegaskan, “…kita percaya, bahwa Yesus telah mati dan telah bangkit, maka kita percaya juga bahwa mereka yang telah meninggal dalam Yesus akan dikumpulkan Allah bersama-sama dengan Dia,” (ay. 14). Dan kita yang hidup, Rasul Paulus menyebutkan bahwa, “….masih tinggal sampai kedatangan Tuhan,” (ay. 15). Mereka yang percaya tidak akan mati sia-sia, mereka akan bersama dengan Allah. 
Lalu, Rasul Paulus meminta jemaat di Tesalonika memiliki karakter Penghibur. Ya benar, berkarakter yang menghibur satu dengan yang lainnya. Ia menyebutkan, “Karena itu hiburkanlah seorang akan yang lain dengan perkataan-perkataan ini,” (ay. 18). Perkataan yang mana? Perkataan Rasul Paulus yang meminta mereka percaya kepada Yesus yang telah mati dan telah bangkit, dan percaya bahwa mereka yang telah meninggal akan dikumpulkan Allah bersama-sama dengan Dia dan yang masih hidup akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan (ay. 14, 17). Selagi masih diberikan waktu – kesempatan, kita diminta untuk tetap setia, yakin dan percaya kepada Yesus Kristus dan kepercayaan itu mendorong kita untuk saling memotivasi, menginspirasi, dan menghibur sesama kita yang mengalami berbagai persoalan dan masalah di dalam hidupnya. 
DOA : Ya Yesus, Yang telah Mati dan Yang telah Bangkit, berikanlah kami iman yang teguh untuk mengikut Dikau  agar kami dikuatkan untuk menghibur sesama dalam hidup sehari-hari, dari sekarang sampai selama-lamanya. Amin. 

Kata – Kata Bijak :
“Beriman berarti berbuat bagi Allah dan kepada sesama.”
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail. Web. infokom@gkpi.or.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Tidak Ada Pendeta Yang Ulang Tahun Pada Periode Bulan Ini Atau Bulan Depan!
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE Lembaga - Non Lembaga -Tugas Belajar - Diperbantukan dll
Koordinator Wilayah Wilayah I (Medan I, Langkat)
Wilayah II (Medan II, Deliserdang) Wilayah III (Simalungun- Tebing Tinggi Sergei)
Wilayah IV (Dairi- Tanah Karo) Wilayah V (Asahan, Labuhan Batu)
Wilayah VI (Silindung, Pahae, Tapsel, Tapteng) Wilayah VII (Humbang, Samosir, Toba)
Wilayah IX (Riau Utara, Riau Selatan) Wilayah VIII (Sumatera Bagian Selatan)
Wilayah X (Kepulauan Riau) Wilayah XI (Jabodetabek, Jawa-Kalimantan)
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Renungan Hari Ini
27 Nov 2017
“Tidak ada yang kudus seperti TUHAN, sebab tidak ada yang lain kecuali Engkau dan tidak ada gunung batu seperti Allah kita.” (1 Samuel 2:2) 
26 Nov 2017
“Masuklah, marilah kita sujud menyembah, berlutut di hadapan TUHAN yang menjadikan kita.” (Mazmur 95:6)
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2017 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.