Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Renungan - Gereja Kristen Protestan Indonesia
23 Nov 2017
Aku ingat kepada hukum-hukum-Mu yang dari dahulu kala, ya TUHAN, maka terhiburlah aku. (Mazmur 119:52)
Pada tahun 2006 kita digemparkan dengan The Kubs Band – atau sering kita kenal dengan Kuburan Band. Mereka dikenal dengan pakaian atau kostum ala kuburan, wajah di make – over pucat pasih, sekelilingan kelopak mata hingga pinggiran alis mata diwarnai hitam, pakaian ala kuburan semua. Namun bukan itu saja yang mengejutkan, album perdana yang diluncurkan Kuburan Band ini juga sangat nge-hits bagi semua kalangan. Siapa diantara kita yang bisa melupakan syair ini, “Lupa, Lupa, Lupa, Lupa lagi Syairnya. Ingat, Ingat, Ingat, Ingat, lagi syairnya, C, Am, Dm, G, dst.” Liriknya sederhana, mudah diingat dan pesannya juga tersampaikan. Walaupun Kuburan Band ini tidak dikenal lagi saat ini, namun bagi Saya lirik lagu “Lupa Lupa Ingat,” tetap teringat dan Saya ingat sampai saat ini. 
Dalam Mazmur 119 : 52 ini, kita belajar kembali dari Pemazmur. Pemazmur mengalami proses pembelajaran. Ya, benar belajar, belajar mengingat. Apa yang diingat Pemazmur ? Hukum Allah. Secara umum dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) istilah hukum diartikan sebagai 1) Peraturan atau adat yang secara resmi dianggap mengikat, yang dikukuhkan oleh penguasa atau pemerintah; 2) Undang-undang, peraturan, dan sebagainya untuk mengatur pergaulan hidup masyarakat; 3) Patokan (kaidah, ketentuan) mengenai peristiwa (alam dan sebagainya) yang tertentu; 4) Keputusan (pertimbangan) yang ditetapkan oleh hakim (pengadilan), vonis. Sedangkan Dalam PL hukum diberikan Allah kepada umat (hukum Taurat) yang menggambarkan hukum Allah sebagai penyataan dari kehendak Allah. Hukum (nomos) digunakan dengan arti hukum yang secara khusus dinyatakan, pertentangan dengan perbuatan yang buruk, jahat atau yang melawan Allah. Di dalam hukum Allah ini, Pemazmur dibimbing, dituntun dan dipelihara Allah. Karena di dalam hukum Allah, seluruh kehidupan manusia diatur sedemikian untuk mendatangkan kebaikan bagi umat Allah itu sendiri.
Dahulu orang hidup dalam masyarakat adat dan jarang sekali dapat memilih atau menentukan sesuatu secara pribadi. Peran dan tugas masing-masing orang ditetapkan menurut kelamin, umur, kedudukan dan keluarganya. Kini kita dapat menentukan sikap kita sendiri dalam masyarakat majemuk dan dapat memilih sekolah, pekerjaan, tempat tinggal, jodoh, pergaulan, sikap politik bahkan agama. Namun, Pemazmur memilih sikap yang lain. Ia memilih dan menentukankehidupan di dalam Firman Allah sebagai pegangan dan landasan hidupnya dan berulang-ulang mengalami bahwa melalui Taurat, janji, ketetapan dan sebagainya, Allah sendiri membuka jalan baginya. Di dalam hukum-Nya itu, Pemazmur merasa tentram, ia mengerti apa yang adil dan benar, walaupun menghadapi pembesar-pembesar yang menentangnya karena Pemazmur jujur dan kritis. Apakah kita tetap mengingat Firman Allah dan apakah ada  perubahan yang kita alami saat mengingatnya? 
DOA : Bapa Sorgawi,  berikanlah kami hati yang mau taat dan setia kepada Firman-Mu, agar kami senantiasa beroleh kebaikan ketentraman dan kedamaian. Amin.

Kata – Kata Bijak :
“Hukum itu membenci; membenci yang jahat, tetapi mencintai yang benar.”
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail. Web. infokom@gkpi.or.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Tidak Ada Pendeta Yang Ulang Tahun Pada Periode Bulan Ini Atau Bulan Depan!
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE Lembaga - Non Lembaga -Tugas Belajar - Diperbantukan dll
Koordinator Wilayah Wilayah I (Medan I, Langkat)
Wilayah II (Medan II, Deliserdang) Wilayah III (Simalungun- Tebing Tinggi Sergei)
Wilayah IV (Dairi- Tanah Karo) Wilayah V (Asahan, Labuhan Batu)
Wilayah VI (Silindung, Pahae, Tapsel, Tapteng) Wilayah VII (Humbang, Samosir, Toba)
Wilayah IX (Riau Utara, Riau Selatan) Wilayah VIII (Sumatera Bagian Selatan)
Wilayah X (Kepulauan Riau) Wilayah XI (Jabodetabek, Jawa-Kalimantan)
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Renungan Hari Ini
27 Nov 2017
“Tidak ada yang kudus seperti TUHAN, sebab tidak ada yang lain kecuali Engkau dan tidak ada gunung batu seperti Allah kita.” (1 Samuel 2:2) 
26 Nov 2017
“Masuklah, marilah kita sujud menyembah, berlutut di hadapan TUHAN yang menjadikan kita.” (Mazmur 95:6)
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2017 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.