Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Renungan - Gereja Kristen Protestan Indonesia
22 Nov 2017
“Ada lagi pada-Ku domba-domba lain, yang bukan dari kandang ini; domba-domba itu harus Kutuntun juga dan mereka akan mendengarkan suara-Ku dan mereka akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala.” (Yohanes 10:16)
Adakah dari antara kita yang pernah menggembalakan kambing-domba atau sejenisnya? Tugas dan tanggung jawab seorang gembala sangatlah penting demi kelangsungan hidup domba-peliharaannya. Seorang gembala harus tahu waktu dan tempat yang baik bagi domba-peliharaannya. Ia harus tahu waktu pagi untuk menghantarkannya ke padang rumput dan waktu petang untuk membawanya pulang, bahkan wajib mengetahui keadaan cuaca dan iklim yang baik untuk peliharaannya. Tak mungkin dalam cuaca hujan, ia membawanya keluar kandang, cuaca dingin akan menyebabkan domba sakit. Oleh sebab itu, gembala harus mempersiapkan ketersediaan rumput – untuk makanan domba – peliharaannya. Dalam cuaca terik matahari, gembala perlu bijak untuk membawa peliharaannya ke padang rumput dan air yang akan melegakan dahaga domba – peliharaannya.Gembala yang baik akan memberi kehidupan – sebaliknya gembala yang buruk akan menyebabkan kerugian, kesengsaraan bahkan kematian. 
Dalam nas hari ini kita disegarkan kembali dengan tema “Gembala Yang Baik,” (Yoh. 10). Yesus adalah Gembala Yang Baik. Ya benar, gembala yang baik. Ia tidak hanya menuntun orang-orang Yahudi saja, golongan Farisi atau ahli-ahli Taurat. Ia membuka lebar-lebar pintu-Nya bagi semua orang. Yesus menyebutkan, “Ada lagi pada-Ku domba-domba lain, yang bukan dari kandang ini; domba-domba itu harus Kutuntun juga dan mereka akan mendengarkan suara-Ku,” masih ada yang perlu Ia panggil, tuntun dan bimbing dan masih ada saja yang perlu bimbingan-Nya, walaupun tak sedikit pula yang menolak panggilan dan tuntunan-Nya. Dalam menjaga dan mempertahankan statusnya sebagai Gembala Yang Baik, Yesus perlu bersikap inklusif, dialogis, visioner dan revolusioner. Yesus menghendaki supaya, “Mereka akan mendengarkan suara – Ku,” bahkan memiliki visi “Supaya mereka akan menjadi satu,” tidak tercerai – berai, berpisah-pisah, tapi satu – menjadi kesatuan. Kesatuan yang perlu diwujudkan dengan mendengarkan suara-Nya, kesatuan yang terwujud dengan bergerak bersama Dia, kesatuan tidak hanya antara manusia dengan sesamanya – melainkan juga kesatuan dengan Dia, yakni “Dengan satu gembala,” - Yesus  itu sendiri.
Istilah kesatuan sering dikumandangkan, disuarakan dan diberitakan berbagai golongan, aliansi dan negera maupun negara. Salah satunya negera kita, kesatuan-lah yang kita nyatakan dalam Bhineka Tunggal Ika (Unity in Diversity), dimana Tuhan Yang Maha Esa sebagai Sila Pertama. Hal ini menunjukkan bahwa Tuhan menjadi gembala, pemimpin, dan yang utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara kita. Oleh sebab itu, sangat sarat tindakan kelompok intoleransi dengan ideologi kita. Setiap hari kita perlu menunjukkan bahwa kesatuan kita terwujud bukan karena satu darah, satu keluarga (hubungan jasmani) melainkan karena kita satu – dipersatukan Allah dalam bingkai kebhinekaan. 

DOA : Ya Yesus, Gembala Yang Baik, jadikanlah kami satu sama seperti Engkau satu dengan Bapa. Amin.

Kata – Kata Bijak : 
“Yesus, Gembala Yang Baik.”
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail. Web. infokom@gkpi.or.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Tidak Ada Pendeta Yang Ulang Tahun Pada Periode Bulan Ini Atau Bulan Depan!
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE Lembaga - Non Lembaga -Tugas Belajar - Diperbantukan dll
Koordinator Wilayah Wilayah I (Medan I, Langkat)
Wilayah II (Medan II, Deliserdang) Wilayah III (Simalungun- Tebing Tinggi Sergei)
Wilayah IV (Dairi- Tanah Karo) Wilayah V (Asahan, Labuhan Batu)
Wilayah VI (Silindung, Pahae, Tapsel, Tapteng) Wilayah VII (Humbang, Samosir, Toba)
Wilayah IX (Riau Utara, Riau Selatan) Wilayah VIII (Sumatera Bagian Selatan)
Wilayah X (Kepulauan Riau) Wilayah XI (Jabodetabek, Jawa-Kalimantan)
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Renungan Hari Ini
27 Nov 2017
“Tidak ada yang kudus seperti TUHAN, sebab tidak ada yang lain kecuali Engkau dan tidak ada gunung batu seperti Allah kita.” (1 Samuel 2:2) 
26 Nov 2017
“Masuklah, marilah kita sujud menyembah, berlutut di hadapan TUHAN yang menjadikan kita.” (Mazmur 95:6)
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2017 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.