Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Renungan - Gereja Kristen Protestan Indonesia
21 Nov 2017
“Mujur orang yang menaruh belas kasihan dan yang memberi pinjaman, yang melakukan urusannya dengan sewajarnya.” (Mazmur 112:5)
Dalam dunia perdagangan kita mengenal istilah produsen dan konsumen. Dalam proses kegiatan penjualan dan pembelian, kita pasti menginginkan laba atau keuntungan. Tak ada produsen – penjual mana pun yang menginginkan kerugian terjadi dalam perdagangannya. Bahkan – kalau bisa memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya, dan mengalami surplus setiap harinya. Tak hanya dalam kegiatan perdagangan, kehidupan keseharian pun tak ada seorang pun yang menginginkan hidupnya mengalami kerugian, kemalangan bahkan terjadi malapetaka. Saya yakin semua menginginkan kehidupan yang penuh dengan keuntungan, sukacita dan kebahagiaan – kemujuran. Bahkan kalau bisa mengurangi sekecil-kecilnya kerugian, jika memungkinkan kata ‘rugi’ itu tidak ada – atau dihapuskan (!) Namun, hal itu tidak mungkin terjadi. Setiap orang dalam berbagai aspek, bidang dan pekerjaan pasti ada saja mengalami keuntungan dan kerugian. 
Secara umum, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata mujur berarti : beruntung, bernasib baik; berbahagia; lawan kata malang. Senada dengan itu, dalam Mazmur 112 : 5 ini, kata Mujur juga – dalam arti patut untuk dihormati sebagai orang baik, yang kelakuannya patut dicontohi atau disebut “Berbahagia.” Apa sebabnya berbahagia? Ia berbahagia karena ia menjalankan usahanya dengan cara yang sesuai dengan keadilan yang Allah tetapkan dalam hukum-Nya – Firman-Nya, “Berbahagialah orang yang takut akan Tuhan, yang sangat suka kepada segala perintah-Nya,” (ay. 1). Dimana pun – dan dalam agama mana pun juga – seseorang yang menghadapi kuasa dan kehadiran Ilahi akan merasa takut. Takut dalam hal ini bukan berarti kengerian (seperti melihat hantu), keadaan tertekan – menjauhi, namun takut disini menekankan aspek hormat – penghormatan, ketaatan dan kesetiaankepada Allah. Pemazmur jelas melukiskan kebahagiaan orang benar, karena jiwanya tenang karena kekagumannya terhadap kuasa Allah. Kekaguman akan kuasa Allah mendorong pemazmur untuk turut dan patuh kepada Allah. Akibatnya, terjadi perubahan yang mendatangkan berkat bukan celaka. 
Menjadi orang mujur bukanlah hal yang sulit, bukan berarti mudah sekali. Hal itu tergantung terhadap pengetahuan dan pengenalan diri kita dihadapan Allah. Istilah “Orang Mujur” bukan berarti harus mendapat keuntungan kesehariannya, namun keadaan bagaimana pun dilihat dalam perspektif karunia Allah. Orang Mujur atau Orang Berbahagia adalah orang yang menemukan kuasa Allah dalam dirinya yang menguatkan dan meneguhkannya dalam situasidan keadaan suka – duka, susah – senang, tertekan – terlepas, rugi – untung, malang maupun mujur. Apakah kita mau menjadi orang Mujur disini dan kini? Apakah kiat kita untuk menjadi orang Mujur? 

DOA : Ya Allah, Allah orang malang dan Allah orang mujur, kasihanilah kami dan tuntunlah kami untuk melihat kasih-Mu di dalam berbagai aspek kehidupan kami dan menebarkan kasih itu bagi sesama kami. Amin. 

Kata – Kata Bijak : 
“Bersukacitalah dan bergembiralah karena Allah ada dipihak kita.”

Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail. Web. infokom@gkpi.or.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Tidak Ada Pendeta Yang Ulang Tahun Pada Periode Bulan Ini Atau Bulan Depan!
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE Lembaga - Non Lembaga -Tugas Belajar - Diperbantukan dll
Koordinator Wilayah Wilayah I (Medan I, Langkat)
Wilayah II (Medan II, Deliserdang) Wilayah III (Simalungun- Tebing Tinggi Sergei)
Wilayah IV (Dairi- Tanah Karo) Wilayah V (Asahan, Labuhan Batu)
Wilayah VI (Silindung, Pahae, Tapsel, Tapteng) Wilayah VII (Humbang, Samosir, Toba)
Wilayah IX (Riau Utara, Riau Selatan) Wilayah VIII (Sumatera Bagian Selatan)
Wilayah X (Kepulauan Riau) Wilayah XI (Jabodetabek, Jawa-Kalimantan)
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Renungan Hari Ini
27 Nov 2017
“Tidak ada yang kudus seperti TUHAN, sebab tidak ada yang lain kecuali Engkau dan tidak ada gunung batu seperti Allah kita.” (1 Samuel 2:2) 
26 Nov 2017
“Masuklah, marilah kita sujud menyembah, berlutut di hadapan TUHAN yang menjadikan kita.” (Mazmur 95:6)
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2017 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.