Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Renungan - Gereja Kristen Protestan Indonesia
20 Nov 2017
Tetapi Ia menjawab mereka: “Ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku ialah mereka, yang mendengarkan firman Allah dan melakukannya,” (Lukas 8:21)
Setiap orang mengalami keterjalinan – relasi dengan orang lain, karena memang manusia adalah makhluk sosial. Hubungan antara yang satu dengan yang lain diikat oleh beberapa faktor hubungan, seperti hubungan kekeluargaan, hubungan kerabat, hubungan pergaulan bahkan hubungan kerohanian, seperti nas kita pada hari ini; peristiwa Ibu dan sanak dan saudara Yesus datang kepada-Nya untuk mencapai – melihat – menjumpai Yesus. Secara hubungan kekeluargaan patutlah seorang Ibu, Maria hendak berjumpa dengan Yesus, anak-nya (hubungan jasmani). Perasaan gembira, senang dan bahagia pasti dirasakan Maria sehingga memotivasinya untuk berusaha bertemu dengan Yesus. Namun ketika orang-orang memberitahukan Yesus akan kedatangan Maria dan saudara-Nya yang hendak bertemu dengan Dia, alangkah terkejut kita dengan jawaban Yesus, “Ibu – Ku dan saudara-saudara – Ku ialah mereka, yang mendengarkan Firman Allah dan melakukannya.” 
Secara manusiawi kita patut terkejut sekaligus mengerti; karena demikianlah jelas apa yang menjadi inti dari bagian ini : diantara pengikut-pengikut Yesus ada hubungan kerohanian yang jauh lebih penting dari hubungan kekeluargaan yang berdasarkan darah atau dari hubungan-hubungan lain di dunia ini (suku, bangsa, ras, dst.). Pergaulan (persekutuan) kerohanian itu adalah jauh lebih dalam daripada kesatuan di dalam keluarga, suku, bangsa. Dan di pihak lain, persekutuan itu mengatasi pertentangan-pertentangan di antara bermacam-macam keluarga, suku, bangsa dan negara. Persekutuan sejati terjadi dimana orang-orang berusaha mendengarkan dengan sungguh-sungguh apa yang hendak dikatakan Allah kepada mereka dan mempraktekkan apa yang didengar itu, “Yang mendengarkan Firman Allah dan melakukannya,” inilah yang dikehendaki Yesus.
Kita bisa menjadi bagian keluarga sejati Yesus (!) Saya bisa menjadi saudara laki-laki atau saudara perempuan Yesus. Yesus mempersembahkan karunia ini kepada kita sebagai jalan rahmat – Nya. Oleh rahmat – Nya, kita dijadikan anak-anak Allah dan tanggapan awal iman kita diilustrasikan melalui baptisan (Gal. 3:26-29). Kemudian, kita harus patuh terhadap apa yang Allah telah ajarkan kepada kita di dalam Yesus, menunjukkan bahwa kita adalah anak-anak Allah oleh perilaku kita – inilah maksud Yesus dalam pernyataan ini. Ketaatan kita adalah tanggapan tulus dari rasa terima kasih atas anugerah-Nya. Ini menunjukkan bahwa kita adalah bagian dari keluarga karena karakter yang kita ungkapkan. Jadi, apa yang patut ditunjukkan oleh hidup kita? Apakah keluarga kita membantu atau bahkan menyulitkan kita untuk berpartisipasi dalam komunitas Kristen?Apakah karakter Allah bersinar melalui perilaku kita? Apakah kita menunjukkan bahwa kita adalah bagian dari keluarga Yesus dengan cara hidup kita? 
DOA : Ya Yesus, saudaraku, izinkanlah aku untuk menerima karunia-Mu sebagai seorang saudara yang mendengarkan Firman Allah dan melakukannya dalam kehidupanku. Amin.

Kata – Kata Bijak : 
“Hubungan kerohanian adalah hubungan di atas segala relasi yang ada di dunia ini”

Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail. Web. infokom@gkpi.or.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Tidak Ada Pendeta Yang Ulang Tahun Pada Periode Bulan Ini Atau Bulan Depan!
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE Lembaga - Non Lembaga -Tugas Belajar - Diperbantukan dll
Koordinator Wilayah Wilayah I (Medan I, Langkat)
Wilayah II (Medan II, Deliserdang) Wilayah III (Simalungun- Tebing Tinggi Sergei)
Wilayah IV (Dairi- Tanah Karo) Wilayah V (Asahan, Labuhan Batu)
Wilayah VI (Silindung, Pahae, Tapsel, Tapteng) Wilayah VII (Humbang, Samosir, Toba)
Wilayah IX (Riau Utara, Riau Selatan) Wilayah VIII (Sumatera Bagian Selatan)
Wilayah X (Kepulauan Riau) Wilayah XI (Jabodetabek, Jawa-Kalimantan)
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Renungan Hari Ini
20 Nov 2017
Tetapi Ia menjawab mereka: “Ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku ialah mereka, yang mendengarkan firman Allah dan melakukannya,” (Lukas 8:21)
19 Nov 2017
“Karena kamu semua adalah anak-anak terang dan anak-anak siang. Kita bukanlah orang-orang malam atau orang-orang kegelapan. Sebab itu baiklah jangan kita tidur seperti orang-orang lain, tetapi berjaga-jaga dan sadar” (1 Tesalonika 5:5-6)
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2017 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.