Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Renungan - Gereja Kristen Protestan Indonesia
19 Nov 2017
“Karena kamu semua adalah anak-anak terang dan anak-anak siang. Kita bukanlah orang-orang malam atau orang-orang kegelapan. Sebab itu baiklah jangan kita tidur seperti orang-orang lain, tetapi berjaga-jaga dan sadar” (1 Tesalonika 5:5-6)
Mercusuar adalah sebuah bangunan menara dengan sumber cahaya yang berada di puncaknya yang berguna untuk membantu navigasi bagi kapal laut. Sumber cahaya yang digunakan beragam mulai dari lampu lensa dan (pada zaman dahulu) api. Mercusuar biasanya digunakan untuk menandai daerah-daerah yang berbahaya, misalnya karang dan daerah perairan laut yang dangkal. Tentunya, kapal laut yang hendak berlabuh ke dermaga atau kapal laut yang hendak berlayar kembali ke perairan bebas akan tertolong dengan mercusuar ini, terutama jika hari sudah malam.
Paulus di dalam suratnya kepada jemaat di Tesalonika menyampaikan agar mereka tetap hidup berkenan bagi Allah. Di dalam 1 Tesalonika 3:3, Paulus menegaskan kepada mereka agar jangan ada di antara mereka yang goyah imannya, dan jatuh ke dalam pencobaan. Tetapi, mereka harus tetap menjaga kekudusan hidup mereka dengan menjauhi percabulan, mengambil seorang perempuan bagi mereka menjadi isterinya sendiri, hidup di dalam pengudusan dan penghormatan dan tidak karena hawa nafsu seperti layaknya orang-orang yang tidak mengenal Tuhan. Mereka juga tidak boleh memperlakukan saudaranya (sesama manusia) untuk sesuatu mengambil keuntungan serta memperdaya mereka (lih. 1 Tes. 4:3-5). Oleh karena itulah, Paulus menyampaikan bahwa orang yang percaya adalah anak-anak terang. Dalam 1 Tesalonika 5:5-6 dikatakan “karena kamu semua adalah anak-anak terang dan anak-anak siang. Kita bukanlah orang-orang malam atau orang-orang kegelapan. Sebab itu baiklah jangan kita tidur seperti orang-orang lain, tetapi berjaga-jaga dan sadar”.Dalam hal ini, Paulus menekankan perlunya untuk selalu siaga dan waspada terhadap zaman dan masa sekarang ini, tidak ada yang mengetahui apa yang akan terjadi di hari esok, lusa, dan seterusnya. Bahkan untuk 1 jam kemudian pun tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi. Kedatangan hari Tuhan seperti pencuri di malam hari (lih. 1 Tes. 5:2). Paulus menekankan agar orang yang percaya tidak menjadi lengah, justru mereka harus semakin giat dan lebih sungguh-sungguh lagi dalam menggunakan waktu yang ada. Di dalam Roma 12:11 Paulus berkata, “Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan.”
Dunia dimana umat Allah berada merupakan sebuah lingkungan yang sudah kompleks dengan banyaknya tantangan dan persoalan. Orang yang percaya diutus Tuhan ke dunia yang seperti ini adalah untuk menjadi pelita yang harus memancarkan sinarnya dengan terang-benderang. Oleh karena itulah, marilah, pergunakanlah pelita yang ada padamu, janganlah pelitamu itu menjadi redup, namun biarlah pelitamu itu menjadi terang benderang. 
DOA: Ya Allah, ajari dan mampukanlah kami dengan kuasa Roh-Mu untuk menerangi dunia ini dengan kasih-Mu. Amin.

Kata – Kata Bijak : 
“Terang orang yang percaya tidak akan pernah padam, melainkan bersinar dan bersinar.”
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Selamat Ulang Tahun kepada:
Ojak Lubis 26 Okt
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE Lembaga - Non Lembaga -Tugas Belajar - Diperbantukan dll
Koordinator Wilayah Wilayah I (Medan I, Langkat)
Wilayah II (Medan II, Deliserdang) Wilayah III (Simalungun- Tebing Tinggi Sergei)
Wilayah IV (Dairi- Tanah Karo) Wilayah V (Asahan, Labuhan Batu)
Wilayah VI (Silindung, Pahae, Tapsel, Tapteng) Wilayah VII (Humbang, Samosir, Toba)
Wilayah IX (Riau Utara, Riau Selatan) Wilayah VIII (Sumatera Bagian Selatan)
Wilayah X (Kepulauan Riau) Wilayah XI (Jabodetabek, Jawa-Kalimantan)
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Renungan Hari Ini
24 Jun 2018
Juga kamu yang dahulu hidup jauh dari Allah dan yang memusuhiNya dalam hati dan pikiran seperti yang nyata dari perbuatanmu yang jahat, sekarang diperdamaikanNya di dalam tubuh jasmani Kristus oleh kematianNya untuk menempatkan kamu kudus dan tak bercela dan tak bercacat di hadapanNya.  (Kolose 1:21-22).
23 Jun 2018
“Berfirmanlah Allah: “Baiklah kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”(Kejadian 1:26)
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2018 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.