Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Renungan - Gereja Kristen Protestan Indonesia
16 Nov 2017
“Bangsa-bangsa berduyun-duyun datang kepada terangmu, dan raja-raja kepada cahaya yang terbit bagimu” (Yesaya 60:3)
Bagi para petualang yang cinta terhadap keindahan alam dan sekitarnya, menghadapi jarak tempuh yang jauh, berjalan dalam rute perjalanan yang sedikit menegangkan ataupun berbahaya bukanlah penghalang bagi mereka. Para pendaki gunung misalnya, dengan impian mendaki gunung-gunung tertinggi di dunia menjadi motivasi bagi mereka untuk mengalahkan rasa takut, rasa lelah dan letih, bahkan mereka berani mempertaruhkan segalanya untuk mencapai titik tertinggi, yaitu di puncak gunung itu. Salah satu keindahan yang ingin dialami dan didapatkan mereka adalah ketika mereka sampai di puncak tertinggi dan dapat melihat munculnya Sunrise(matahari terbit diawal pergantian gelap kepada terang di pagi hari). Sungguh suatu kepuasan yang tidak ada bandingnya jika para pendaki itu dapat menikmati moment bersama keindahan Sunrise pada pagi hari itu.
Di dalam kitab Yesaya 60 ini, Allah datang kepada umat-Nya untuk memberitakan keselamatan yang telah direncanakan oleh-Nya. Dalam pemberitaan nabi Yesaya ini, bangsa Israel telah dibebaskan dari perbudakan di tanah Babel. Allah telah mengutus raja Persia yang bernama Koresy yang telah meruntuhkan kerajaan Babel untuk mengizinkan umat Allah kembali ke Yerusalem. Allah telah mengawali keselamatan yang Ia rencanakan dengan kelepasan umat Pilihan-Nya. Dalam tindakan Allah ini, Ia menginginkan agar umat pilihan-Nya hidup kembali seperti yang diinginkan Tuhan. Dalam Yesaya 60:1, Allah berfirman kepada mereka “Bangkitlah, menjadi teranglah, sebab terangmu datang, dan kemuliaan TUHAN terbit atasmu.” Seruan ini adalah ajakan dari Allah kepada umat-Nya agar mereka hidup kudus dihadapan Tuhan. Allah menghendaki supaya mereka menjadi terang bagi kegelapan yang sedang meliputi bumi saat itu. Umat pilihan itu harus menjadi teladan, sorotan, serta model dari hidup yang benar dan berkenan dihadapan Tuhan. Terang mereka haruslah terbit untuk menyinari kegelapan yang ada di dunia ini. Seperti yang disampaikan dalam Yesaya 60:3, “Bangsa-bangsa berduyun-duyun datang kepada terangmu, dan raja-raja kepada cahaya yang terbit atasmu.”
Demikianlah dengan kehidupan orang percaya, kita terpanggil untuk memancarkan terang yang ada dalam kehidupan kita. Terang itu haruslah kita pancarkan dalam kegelapan yang berarti kekacauan yang sedang dialami oleh dunia ini. Tak jarang kita melihat banyaknya kesusahan, kemiskinan, penderitaan, munculnya penyakit-penyakit yang mematikan, hadirnya paham-paham baru yang menyesatkan iman percaya manusia. Dalam kegelisahan bercampur ketakutan, maka Yesus Kristus telah memberikan jalan satu-satunya menuju kepada terang yang sesungguhnya untuk menggantikan kegelapan itu. Kita adalah Matahari yang terbit di pagi hari yang sangat dirindukan oleh setiap orang dan menjadi dambaan yang ditunggu-tunggu oleh mereka yang haus dan lapar akan janji Allah itu.Orang yang percaya diberkati adalah untuk menjadi berkat bagi dunia ini. 
DOA: Ya Allah, berkatilah kami dengan kuasa-Mu dan Roh Kudus-Mu yang akan menolong kami menjalani hidup yang Engkau kehendaki. Amin.

Kata – Kata Bijak :
“Terang itu berguna untuk menjadi pelita di tempat yang gelap.”
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail. Web. infokom@gkpi.or.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Tidak Ada Pendeta Yang Ulang Tahun Pada Periode Bulan Ini Atau Bulan Depan!
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE Lembaga - Non Lembaga -Tugas Belajar - Diperbantukan dll
Koordinator Wilayah Wilayah I (Medan I, Langkat)
Wilayah II (Medan II, Deliserdang) Wilayah III (Simalungun- Tebing Tinggi Sergei)
Wilayah IV (Dairi- Tanah Karo) Wilayah V (Asahan, Labuhan Batu)
Wilayah VI (Silindung, Pahae, Tapsel, Tapteng) Wilayah VII (Humbang, Samosir, Toba)
Wilayah IX (Riau Utara, Riau Selatan) Wilayah VIII (Sumatera Bagian Selatan)
Wilayah X (Kepulauan Riau) Wilayah XI (Jabodetabek, Jawa-Kalimantan)
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Renungan Hari Ini
20 Nov 2017
Tetapi Ia menjawab mereka: “Ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku ialah mereka, yang mendengarkan firman Allah dan melakukannya,” (Lukas 8:21)
19 Nov 2017
“Karena kamu semua adalah anak-anak terang dan anak-anak siang. Kita bukanlah orang-orang malam atau orang-orang kegelapan. Sebab itu baiklah jangan kita tidur seperti orang-orang lain, tetapi berjaga-jaga dan sadar” (1 Tesalonika 5:5-6)
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2017 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.