Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Renungan - Gereja Kristen Protestan Indonesia
15 Nov 2017
 “Tetapi siapa yang mengikatkan dirinya pada Tuhan, menjadi satu roh dengan Dia”(1 Korintus 6:17)
Ada istilah mengatakan, “Harimau mati meninggalkan belangnya,”dan “Manusia mati meninggalkan namanya.” Misalnya, dalam peristiwa tertentu kita mengenal istilah “harum namanya.” “Harum namanya” tidaklah berarti dalam pengertian sederhana yang bersangkut paut dengan bau yang harum, tetapi “harum namanya” adalah makna kiasan dari seseorang yang mendapatkan banyak pujian dan dihormati orang disekitarnya karena tindakan dan perbuatannya yang terpuji. Bagi bangsa Indonesia, para pejuang revolusi dan reformasi tercatat dalam sejarah bangsa Indonesia sebagai seorang pahlawan yang harum namanya. Bagi orang Kristen, nama Yesus memiliki arti yang begitu besar dan berpengaruh bagi kehidupan ini, dalam Injil Matius 1:23, Yesus mendapatkan sebutan sebagai “Immanuel” yang berarti “Allah menyertai kita.”
Di dalam surat Paulus kepada jemaat di Korintus, ia melihat bahwa jemaat Tuhan yang sudah percaya diperhadapkan dengan berbagai cobaan dan tantangan, misalnya kesulitan jemaat yang sudah percaya meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk yang lama, cara hidup yang terlalu bebas tanpa adanya kontrol dan disiplin hidup yang benar, serta kesulitan meninggalkan tradisi nenek moyang yang menyembah berhala (1 Kor. 5:9-11). Oleh karena itulah, Paulus menekankan suatu pengajaran yang benar, bahwa sebagai orang yang percaya, kita harus hidup dipimpin oleh Roh Allah. Bagaimanakah caranya agar kita hidup dipimpin oleh Roh Allah? Di dalam 1 Korintus 6:20 dikatakan, “Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar…” Paulus menjelaskan bahwa barangsiapa yang telah menerima Kristus Yesus sebagai Jurus’lamatnya, maka kepada mereka Allah akan mengaruniakan Roh-Nya. Selanjutnya, Roh Kudus yang dikaruniakan kepada kita menjadi penuntun dan pembimbing bagi kita untuk mengenal Allah dan rencana-Nya. Paulus juga menegaskan bahwa tubuh yang kita miliki ini bukanlah lagi milik kita sendiri, melainkan juga milik Allah yang harus kita pergunakan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang berkenan bagi Allah (bnd. 1 Kor. 6:19). Lalu, bagaimanakah caranya agar orang yang percaya tidak jatuh lagi ke dalam pencobaan? Paulus menyampaikan “tetapi siapa yang mengikatkan dirinya pada Tuhan, menjadi satu roh dengan Dia”. Hal ini berarti bahwa barangsiapa yang memelihara imannya dengan tidak mengikuti keinginan duniawi, maka sesungguhnya Roh Allah ada bersama-sama dengan dirinya. 
Kehadiran orang yang percaya haruslah membawa perubahan dan suasana yang positif dimanapun ia berada.Tentu, jika kita berada dalam suatu lingkungan yang indah, asri, damai, dan harum baunya, maka kita pasti betah tinggal disana dan akan selalu bersukacita. Kita hidup bukan hanya untuk kepentingan kita, tetapi untuk melakukan kepentingan yang lebih mulia, yaitu menggunakan tubuh kita ini untuk memuliakan Allah.


DOA: Ya Allah, jadikanlah hidup kami menjadi alat bagi-Mu untuk menyatakan kemuliaan-Mu di dalam Kristus Yesus, Tuhan dan Jurus’lamat kami. Amin.

Kata – Kata Bijak : 
“Orang percaya adalah harta Allah yang dicari semua orang.”
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail. Web. infokom@gkpi.or.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Tidak Ada Pendeta Yang Ulang Tahun Pada Periode Bulan Ini Atau Bulan Depan!
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE Lembaga - Non Lembaga -Tugas Belajar - Diperbantukan dll
Koordinator Wilayah Wilayah I (Medan I, Langkat)
Wilayah II (Medan II, Deliserdang) Wilayah III (Simalungun- Tebing Tinggi Sergei)
Wilayah IV (Dairi- Tanah Karo) Wilayah V (Asahan, Labuhan Batu)
Wilayah VI (Silindung, Pahae, Tapsel, Tapteng) Wilayah VII (Humbang, Samosir, Toba)
Wilayah IX (Riau Utara, Riau Selatan) Wilayah VIII (Sumatera Bagian Selatan)
Wilayah X (Kepulauan Riau) Wilayah XI (Jabodetabek, Jawa-Kalimantan)
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Renungan Hari Ini
20 Nov 2017
Tetapi Ia menjawab mereka: “Ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku ialah mereka, yang mendengarkan firman Allah dan melakukannya,” (Lukas 8:21)
19 Nov 2017
“Karena kamu semua adalah anak-anak terang dan anak-anak siang. Kita bukanlah orang-orang malam atau orang-orang kegelapan. Sebab itu baiklah jangan kita tidur seperti orang-orang lain, tetapi berjaga-jaga dan sadar” (1 Tesalonika 5:5-6)
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2017 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.