Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Renungan - Gereja Kristen Protestan Indonesia
16 Okt 2016
Lalu kata orang itu: “Namamu tidak akan disebutkan lagi Yakub, tetapi Israel, sebab engkau telah bergumul melawan Allah dan manusia, dan engkau menang.” (Kejadian 32:28)
Dalam berbagai penafsiran ada yang menganggap bahwa Yakublah yang paling bergumul dalam nas ini. Yakublah yang berhasil dan menang. Yakub bergulat dengan Allah, sehingga saat Yakub tidak dikalahkan, maka Allah memberkatinya. Penafsiran ini ada benarnya. Namun, baik pula jika kita melihat secara proporsional tentang karya Allah disini. Yakub memperoleh berkat dari Ishak, ayahnya, dengan menipu, seperti arti namanya “penipu”. Penipuannya membuat Esau, kakaknya dendam dan mengejar-ngejarnya. Tabiat penipunya tak berhenti. Di rumah pamannya, Laban, dia menipu lagi. Tetapi lihat, di saat pelariannya, Allah berkali-kali melindunginya. Untuk melindunginya, Allah memperingatkan Laban (31:29), walau dia mampu menjahati Yakub. Allah mempertemukan Yakub dengan para malaikat-Nya (32:1-2). Di seberang sungai Yabok, pergulatan itu terjadi. Disebutkan “seorang laki-laki” (ay. 24) bergulat dengannya sampai pagi. Orang itu mengubah nama Yakub menjadi Israel yang artinya “pejuang Allah”.
    Dari catatan-catatan itu, tampak jelas bahwa Allahlah yang sebenarnya berjuang demi Yakub. Allahlah yang berinisiatif melindungi, menyelamatkan, bahkan memberkati Yakub. Apakah karena kelayakannya? Justru tidak. Dia adalah penipu ulung. Bapak, kakak, dan pamannya, semua ditipunya. Tapi Allah bergulat hebat deminya. Lalu, mengapa Allah begitu bergumul terhadap Yakub dan terus-menerus berada di sekitarnya dalam banyak peristiwa? Jawabannya sederhana. Allah bergumul dengannya karena Dia ingin mengubahkan hidup Yakub. Di malam itulah Yakub pertama sekali berani menghadapi kenyataan. Selama ini, dia lari, menghindari dari masalah. Selama ini, dia menggunakan tipuan. Tapi malam itu, dia tidak lari. Dia disana, bergumul, bergulat, bahkan menang. Allah memberi tanda padanya dengan nama Israel dan “memukul sendi pangkal paha Yakub”. Hasilnya, setelah malam itu, dia pincang, tapi berani berhadapan dengan Esau. Tipuannya berhenti. Ia berjalan sendiri, sujud ke tanah tujuh kali, tanpa teman di depan Esau (33:3). Perdamaian terjadi. Allahlah yang menang. Kemenangan Allah menjadi kemenangan Yakub.
    Allahlah yang bergumul dengan kita. Dia memandang kita, beserta kita, memberi kita kesempatan demi kesempatan, bahkan Dia telah mati untuk kita. Dia benar-benar bergulat dan hadir dengan kita, hari demi hari. Mengapa? Untuk menjadikan kita pejuang Allah, supaya kita kembali pada-Nya dan memperbaiki diri, berani menghadapi kenyataan dan berdamai dengan yang lain. Dia bergumul dengan kita.

DOA:    Bapa, ajarlah aku untuk menyadari pergulatan-Mu terhadapku supaya aku menjadi pejuang Allah yang sejati. Amin.

Kata-Kata Bijak :
Allah bergumul dengan kita untuk mengangkat dan memperdamaikan kita.
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail. Web. infokom@gkpi.or.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Selamat Ulang Tahun kepada:
Jojor Siregar 25 Jun
Husor Sibuea 10 Jul
Asda Siboro 10 Jul
Nurhayati 18 Jul
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE Lembaga - Non Lembaga -Tugas Belajar - Diperbantukan dll
Koordinator Wilayah Wilayah I (Medan I, Langkat)
Wilayah II (Medan II, Deliserdang) Wilayah III (Simalungun- Tebing Tinggi Sergei)
Wilayah IV (Dairi- Tanah Karo) Wilayah V (Asahan, Labuhan Batu)
Wilayah VI (Silindung, Pahae, Tapsel, Tapteng) Wilayah VII (Humbang, Samosir, Toba)
Wilayah IX (Riau Utara, Riau Selatan) Wilayah VIII (Sumatera Bagian Selatan)
Wilayah X (Kepulauan Riau) Wilayah XI (Jabodetabek, Jawa-Kalimantan)
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Renungan Hari Ini
17 Okt 2016
Dan dia menjadi damai sejahtera. Apabila Asyur masuk ke negeri kita dan apabila ia menginjak tanah kita, maka kita akan membangkitkan melawan dia tujuh gembala, bahkan delapan pemimpin manusia. (Mikha 5:4).
16 Okt 2016
Lalu kata orang itu: “Namamu tidak akan disebutkan lagi Yakub, tetapi Israel, sebab engkau telah bergumul melawan Allah dan manusia, dan engkau menang.” (Kejadian 32:28)
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2017 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.