Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Renungan - Gereja Kristen Protestan Indonesia
13 Okt 2016
Sebab sungguh pun ada apa yang disebut “allah”, baik di sorga, maupun di bumi dan memang benar ada banyak “allah” dan banyak “tuhan” yang demikian. Namun bagi kita hanya ada satu Allah saja, yaitu Bapa, yang dari pada-Nya berasal segala sesuatu dan yang untuk Dia kita hidup, dan satu Tuhan saja, yaitu Yesus Kristus, yang oleh-Nya segala sesuatu telah dijadikan dan yang karena Dia kita hidup. (1 Korintus 8:5-6).
Paulus memberikan penjelasan tentang doktrin yang hanya mengakui satu Allah (monotheism). Dalam realita kehidupan jemaat di Korintus pada saat itu, Paulus sadar dan paham akan banyaknya tradisi menyembah allah lain atau berhala. Namun Paulus menegaskan bahwa hanya ada satu Allah, Tuhan di dalam diri Yesus Kristus. Apa yang disebut memuja allah atau tuhan mereka dalam wujud patung adalah sebuah kekafiran. Itulah statement Paulus menyatakan bahwa berhala itu tidak ada. Yang ada dan nyata adalah Allah yang dari pada-Nya berasal segala sesuatu dan yang untuk Dia kita hidup (ay. 6). Dalam nas ini Paulus maupun jemaat Korintus menerima kebenaran akan hanya ada Allah yang Esa (Ul. 6:4). Keesaan Allah tidak hanya menuntut orang percaya meletakkan Allah di tempat yang tertinggi, tetapi sekaligus menyediakan tempat satu-satunya kepada Dia. Bagi orang percaya hanya ada satu Allah. Konsep ini muncul beberapa kali dalam surat Paulus (Rm. 3:29-30; Gal. 3:20). Kita menyembah Allah Yang Esa dalam ketritunggalan-Nya, dengan tidak mencampur-baurkan kepribadian-Nya dan tidak memisahkan hakekat-Nya. Allah Bapa, Allah Anak, dan Allah Roh Kudus, dengan kemuliaan yang sama dan kekal.
    Sekali lagi Paulus menekankan bahwa hanya ada satu Allah. Kuasa-kuasa spiritual di balik berhala dan dewa adalah kuasa Iblis. Namun pandangan Paulus ini bertentangan dengan pemahaman yang sudah terlebih dahulu berkembang yang menganggap bahwa berhala itu benar-benar ada. Keyakinan terhadap berhala telah menodai kesucian hati nurani manusia. Dalam usaha meyakinkan jemaat Korintus, Paulus menyadari bahwa tidak semua jemaat yang dapat menerima pengajarannya karena pengetahuan dan pola pikir yang telah terbentuk untuk mengakui kekuasaan berhala. Namun, kepada mereka yang mau mendengarkan pengajarannya, Paulus menekankan bahwa kunci untuk tetap percaya pada keesaaan Allah dan menyingkirkan keyakinan bahwa berhala-berhala itu berkuasa adalah tetap pada keyakinan bahwa hanya Yesus Kristus yang telah menjadikan segala sesuatu, dan yang memberi kita hidup (ay. 6).
DOA :     Ya Tuhan Allah, kami memuji-Mu atas penciptaan-Mu, tolonglah kami untuk setia dan taat hanya kepada-Mu di dalam Yesus Kristus, Tuhan kami. Amin.

Kata-Kata Bijak :
Tak ada yang layak disembah, selain Allah Yang Esa.
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail. Web. infokom@gkpi.or.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Selamat Ulang Tahun kepada:
Jojor Siregar 25 Jun
Husor Sibuea 10 Jul
Asda Siboro 10 Jul
Nurhayati 18 Jul
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE Lembaga - Non Lembaga -Tugas Belajar - Diperbantukan dll
Koordinator Wilayah Wilayah I (Medan I, Langkat)
Wilayah II (Medan II, Deliserdang) Wilayah III (Simalungun- Tebing Tinggi Sergei)
Wilayah IV (Dairi- Tanah Karo) Wilayah V (Asahan, Labuhan Batu)
Wilayah VI (Silindung, Pahae, Tapsel, Tapteng) Wilayah VII (Humbang, Samosir, Toba)
Wilayah IX (Riau Utara, Riau Selatan) Wilayah VIII (Sumatera Bagian Selatan)
Wilayah X (Kepulauan Riau) Wilayah XI (Jabodetabek, Jawa-Kalimantan)
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Renungan Hari Ini
17 Okt 2016
Dan dia menjadi damai sejahtera. Apabila Asyur masuk ke negeri kita dan apabila ia menginjak tanah kita, maka kita akan membangkitkan melawan dia tujuh gembala, bahkan delapan pemimpin manusia. (Mikha 5:4).
16 Okt 2016
Lalu kata orang itu: “Namamu tidak akan disebutkan lagi Yakub, tetapi Israel, sebab engkau telah bergumul melawan Allah dan manusia, dan engkau menang.” (Kejadian 32:28)
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2017 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.