Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Renungan - Gereja Kristen Protestan Indonesia
11 Agt 2013
“TUHAN telah bersumpah demi kebanggaan Yakub: "Bahwasanya Aku tidak akan melupakan untuk seterusnya segala perbuatan mereka (Amos 8:7)”
Kumpulan muda-mudi mengadakan pesta di suatu kolam renang. Tanpa sengaja seorang pemuda yang tidak tahu berenang terjatuh ke kolam dan tenggelam dan berusaha meminta tolong. Semua orang berkerumun di pinggir kolam dengan mengatakan: “ Tolong dia, tolong dia! .”  Tetapi tak seorang pun yang turun atau melompat untuk menolongnya. Dan tiba-tiba seorang pemuda melompat ke kolam dan menolongnya dan membawanya ketepian.

Pemuda dalam illustrasi itu telah menunjukkan kasih yang ia miliki. Dengan terjun dan menolong dan bukan hanya berteriak tanpa ada tindakan nyata. Dengan sederhana illustrasi ini ingin mengingatkan dan menjelaskan tentang nas kita ini. Untuk memahami nas ini maka perlu di baca dari ayatnya yang ke 4-8. Tuhan melalui nabi Amos menyampaikan kepada kita bagaimana seharusnya hidup dalam kesetiaan kepada perintah Tuhan yaitu bagaimana agar bisa hidup menunjukkan kemuliaan Tuhan dengan mengasihi sesama manusia dengan tidak memandang baik atau buruknya status perekonomian, sosial dan agamanya. Namun yang paling utama bagaimana menjadi berkat dengan peduli kepada kesengsaraan orang lain, orang-orang tertindas dan orang-orang yang diperlakukan tidak adil. Dengan tegas Allah menunjukkan bahwa Ia sangat membenci penindasan dan penekanan terhadap orang-orang yang miskin. Upah dosa akibat dari pelanggaran itu akan mengubah seluruh perayaan menjadi perkabungan dan nyanyian menjadi ratapan. Setiap orang akan berkabung dan mengenakan pakaian kabung dan setiap kepala akan dicukur. “Aku akan membuatnya sebagai perkabungan karena kematian anak tunggal sehingga akhirnya menjadi seperti hari yang pahit pedih” (Amos 8:10).  Tak ada sukacita dalam ibadah dan hidup ini karena jiwa didera siksaan lapar, “bukan kelaparan akan roti dan kehausan akan air, tetapi untuk mendengarkan sabda Tuhan (Amos 8:11)”. Hati nurani mereka berada dalam kesengsaraan karena telah kehilangan nafsu makan untuk hal-hal yang berasal dari perintah Allah.

Sebagai manusia yang telah menerima dan mengenal Kristus, seharusnya kehidupan yang kita miliki menjadi tempat pengaduan dan tempat bersandar bagi orang-orang yang tertindas dan tempat mereka yang mengalami ketidakadilan. Melihat dan merasa kasihan bukanlah sikap seorang Kristen, namun ketika kita mau mangambil bagian dengan memberi pertolongan dan kasih dengan tindakan nyata akan menunjukkan bahwa Kristus telah hidup dalam kehidupan kita. Sehingga dengan demikian meraka akan melihat dan merasakan bahwa Kristus itu nyata dan kebenaranNya itu untuk selama-lamanya dan untuk siapa saja. Siapkanlah hidupmu untuk menjadi saluran kebenaran Allah.Amin.
Doa: “Ya Tuhan ajarlah Aku agar aku dapat merasakan apa yang orang lain rasakan sehingga aku dapat menunjukkan kebenaranMu melalui hidupku”. Amin.

POKOK PIKIRAN:
Jadikanlah hidupmu sebagai perwujudnyataan kebenaran Allah.

Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail. Web. infokom@gkpi.or.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Selamat Ulang Tahun kepada:
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE Wilayah Medan I
Wilayah Siantar Simalungun Wilayah Asahan
Wilayah Tanah Karo/Alas Wilayah Dairi
Wilayah Samosir Wilayah Toba
Wilayah Humbang Wilayah Silindung
Wilayah Tapanuli Tengah Wilayah Sumatra Bagian Selatan
Wilayah Riau Utara Wilayah Jabotabek
Wilayah Jawa Kalimantan Wilayah Deli Serdang
Wilayah Labuhan Batu Wilayah Kepulauan Riau
Wilayah Pahae Wilayah Tapanuli Selatan
Wilayah Langkat Wilayah Medan II
Wilayah Tebing Tinggi Wilayah Riau Selatan
Lembaga
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
VIDEO PS.EKKLESIA GKPI SALAK KOTA
Seksi Pria GKPI Jemaat Pondok Timur, Resort Bekasi
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
Vitor Hutabarat dalam acara Penahbisan Pendeta dan Evangelish di GKPI Air Bersih tgl 6 Mei
Vocal Group Pria GKPI Resort Teladan
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Paduan Suara Asa Taruli sie Perempuan GKPI Tangerang
Gita Sorga Bergema - Paduan Suara GKPI Tangerang
Renungan Hari Ini
28 Jul 2014
“Jadi masih tersedia suatu hari perhentian, hari ketujuh, bagi umat Allah. Sebab barangsiapa telah masuk ke tempat perhentian-Nya, ia sendiri telah berhenti dari segala pekerjaannya, sama seperti Allah berhenti dari pekerjaan-Nya." (Ibrani 4 : 9 – 10)
27 Jul 2014
Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah (Roma  8: 28).
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2014 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.