Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Renungan - Gereja Kristen Protestan Indonesia
04 Agt 2013
"Siapa yang mau mencintai hidup dan mau melihat hari-hari baik, ia harus menjaga lidahnya terhadap yang jahat dan bibirnya terhadap ucapan-ucapan yang menipu. (1 Petrus 3:10).
Merry adalah seorang anak perempuan yang dulunya terbiasa mengucapkan kata-kata yang tidak berguna dan tidak membangun. Itu boleh terjadi karena dia cendrung menyukai acara anak-anak muda di televisi yang menampilkan acara hiburan yang gaul, tapi kurang bermutu dan tidak mendidik dalam pemakaian kata-kata. Menjelang kehidupannya yang semakin dewasa, Merry mulai menyadari bahwa apa yang sering dia ucapkan tidak membentuk karakter kepribadiannya dengan baik. Terlebih ia menyadari ucapan yang sering dia lontarkan tidak mencerminkan lidah seorang Kristiani. Sedikit demi sedikit Merry melatih dirinya untuk mengucapkan hal-hal yang berkualitas dan bermutu, seperti sebagaimana sepatutnya lidah seorang murid Yesus.

    Dalam Alkitab, salah satu bagian tubuh yang sering dibahas adalah lidah. Salah satu pasal dalam Alkitab yang panjang-lebar membahas tentang lidah adalah yang terdapat dalam Yakobus pasal 3. Pertanyaan yang tergambar dalam benak adalah, ‘Apakah ucapan yang jahat berasal dari lidah dan merupakan kesalahan lidah kita?’ Tentu sekali tidak demikian, sebab Firman TUHAN sendiri menyebutkan bahwa dari lidah yang satu keluar berkat dan dari lidah yang satu keluar kutuk. Bila kita mau, dari lidah kita bisa saja keluar berkat, namun sebaliknya bisa pula keluar ucapan-ucapan kutuk yang buruk.

    Kesalahan bukan pada lidah kita, tetapi pada pola pikir kita. Bila kita memikirkan hal-hal yang jahat, tentu lidah akan menginformasikannya. Sebaliknya, bila kita sudah memikirkan hal-hal yang baik, maka hal-hal yang baik pulalah yang akan terungkapkan lidah kita. Untuk itu menjaga lidah adalah dengan lebih dahulu menjaga hati dan pikiran kita. Selanjutnya TUHAN menyatakan melalui FirmanNya, orang-orang yang menjaga lidahnya adalah orang-orang yang mencintai hidup. Sebab TUHAN mencintai orang-orang yang hidupnya demikian tentunya. Baiklah kita menyadari apakah yang sering diungkapkan oleh lidah kita sebagai gambaran dari siapa kita sebenarnya. Apakah melalui lidah kita, kita sering mengucapkan perkataan yang menyakiti orang lain? Atau kita menggunakannya untuk menipu? Semakin banyak saja ajaran dunia yang menyimpang, yang mendidik kita melakukan kesalahan-kesalahan di mata TUHAN namun baik di mata dunia ini. Termasuk dalam pengolahan kata-kata. Sering sekali acara di televisi (walau tidak semua) melalui dialog-dialog dalam adegan sinetron mengajarkan ucapan-ucapan yang sadis, sinis, menipu dan tidak membangun. Bukan ajaran yang demikian yang TUHAN kehendaki dan bukan perkataan demikian yang harus kita ucapkan. Sebaliknya hendaklah ucapan kita mencerminkan bahwa kita mencintai kehidupan.Amin.

DOA:    Ya Tuhan, kami tahu engkau telah mengaruniakan kepada kami lidah untuk berkata-kata. Biarlah kami mampu mengendalikan lidah untuk mengucapkan kata-kata berkat dan pujian. Amin.

POKOK PIKIRAN    :
“Kita berkuasa untuk mengendalikan lidah agar menjauhkannya dari ucapan yang jahat”.
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail. Web. infokom@gkpi.or.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Selamat Ulang Tahun kepada:
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE Wilayah Medan I
Wilayah Siantar Simalungun Wilayah Asahan
Wilayah Tanah Karo/Alas Wilayah Dairi
Wilayah Samosir Wilayah Toba
Wilayah Humbang Wilayah Silindung
Wilayah Tapanuli Tengah Wilayah Sumatra Bagian Selatan
Wilayah Riau Utara Wilayah Jabotabek
Wilayah Jawa Kalimantan Wilayah Deli Serdang
Wilayah Labuhan Batu Wilayah Kepulauan Riau
Wilayah Pahae Wilayah Tapanuli Selatan
Wilayah Langkat Wilayah Medan II
Wilayah Tebing Tinggi Wilayah Riau Selatan
Lembaga
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
VIDEO PS.EKKLESIA GKPI SALAK KOTA
Seksi Pria GKPI Jemaat Pondok Timur, Resort Bekasi
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
Vitor Hutabarat dalam acara Penahbisan Pendeta dan Evangelish di GKPI Air Bersih tgl 6 Mei
Vocal Group Pria GKPI Resort Teladan
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Paduan Suara Asa Taruli sie Perempuan GKPI Tangerang
Gita Sorga Bergema - Paduan Suara GKPI Tangerang
Renungan Hari Ini
28 Jul 2014
“Jadi masih tersedia suatu hari perhentian, hari ketujuh, bagi umat Allah. Sebab barangsiapa telah masuk ke tempat perhentian-Nya, ia sendiri telah berhenti dari segala pekerjaannya, sama seperti Allah berhenti dari pekerjaan-Nya." (Ibrani 4 : 9 – 10)
27 Jul 2014
Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah (Roma  8: 28).
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2014 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.