Cari Gereja Berdasarkan
23 Agt 2014
24 Agt 2014
Renungan - Gereja Kristen Protestan Indonesia
25 Jul 2013
Dan Yonatan menyuruh Daud sekali lagi bersumpah demi kasihnya kepadanya, sebab ia mengasihi Daud seperti dirinya sendiri.(1 Samuel 20:17).
 “Ya, aku berjanji, aku berjanji!’ teriak Ellie, seorang wanita Yahudi, tawanan berusia 60 tahun, yang berusaha meloloskan diri dari kamp konsentrasi di Jerman. Dia kepergok penjaga penjara yang bernama Rolf ketika sedang meloloskan diri dengan memanjat pagar penjara. Ellie seharusnya dibunuh, tapi Rolf tidak melakukannya, tapi malah mengatakan agar Ellie berjanji, kalau dia sudah tiba diseberang atau di tempat aman nanti akan terus-menerus mengajukan pertanyaan sampai seseorang menjawabnya. Sejak itu keduanya bersahabat dan mulai menjejaki hati masing-masing. Pada waktu berikutnya Ellie bersusah payah memanjat pagar itu, menjatuhkan diri dan bebas. Sementara itu ia mendengar suara tembakan di belakangnya, ternyata Rolf ditembak oleh penjaga penjara yang lain, karena membiarkan Ellie lolos. Di sini kita lihat persahabatan ini adalah pengorbanan dan pengorbanan muncul adalah karena kasih.
                Nas hari ini juga berbicara mengenai persahabatan, yaitu kisah persahabatan Daud dan Jonatan yang sangat unik dan menarik. Mereka mempunyai cara yang khusus untuk menyatakan kasihnya. Yonatan adalah anak raja Saul, sedangkan Daud adalah yang dipersiapkan Allah menjadi raja menggantikan Saul, ayahnya. Saul dengan kemarahannya yang bernyala-nyala, ingin membunuh atau membinasakan Daud, karena ia tidak ingin Daud menggantikannya menjadi raja, tetapi ia menginginkan Jonathan anaknya menjadi raja. Bagi Yonatan dan Daud, mereka harus mempertaruhkan persahabatan mereka yang mahal. Daud memerlukan kesetiaan Yonatan untuk mendapatkan perlindungan, namun Yonatan juga meminta Daud bersikap setia. “Dan jika aku masih hidup, ingatlah perjanjian kita di hadapan TUHAN dan setialah kepadaku; tetapi jika aku sudah tiada, tunjukkanlah kesetiaanmu kepada keturunanku untuk selama-lamanya, janganlah perjanjian antara kita berdua putus. Jika terputus, Tuhanlah yang menghukum” (1 Sam 20:14-16)
                Kita sebagai orang kristen hendaknya kita membangun dan mengembangkan persaudaraan sebagaimana yang telah dilakukan oleh Yonatan dan Daud. Persaudaraan Yonatan dengan Daud perlu kita teladani sebab persaudaraan atau persahabatan mereka didasarkan kepada kasih yang kuat. Kasih kita kepada saudara kita harus dibuktikan lewat perbuatan, bahkan dengan mengorbankan nyawa seperti halnya Yonatan yang mau dibunuh oleh ayahnya sendiri demi membela Daud yang dikasihinya.. Tuhan Yesus juga sudah memperlihatkan kasih-Nya yang begitu nyata, mengorbankan nyawa-Nya untuk menyelamatkan kita. Jadilah kita orang yang memperlihatkan kasih itu kepada semua orang dalam bentuk persaudaraan. Amin.
Doa: Ya TUHAN, yang pengasih, ajarlah kami untuk saling mengasihi, walaupun dengan mengorbankan nyawa sekalipun. Amin!
 
POKOK PIKIRAN:
Kasih itu murni, tidak senang dengan kejahatan, ia senang hanya dengan kebaikan.
 
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail. Web. infokom@gkpi.or.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Selamat Ulang Tahun kepada:
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE Wilayah Jabodetabek
Wilayah Medan I Wilayah Siantar Simalungun
Wilayah Asahan Wilayah Tanah Karo/Alas
Wilayah Dairi Wilayah Samosir
Wilayah Toba Wilayah Humbang
Wilayah Silindung Wilayah Tapanuli Tengah
Wilayah Sumatra Bagian Selatan Wilayah Riau Utara
Wilayah Jawa Kalimantan Wilayah Deli Serdang
Wilayah Labuhan Batu Wilayah Kepulauan Riau
Wilayah Pahae Wilayah Tapanuli Selatan
Wilayah Langkat Wilayah Medan II
Wilayah Tebing Tinggi Wilayah Riau Selatan
Lembaga
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
VIDEO PS.EKKLESIA GKPI SALAK KOTA
Seksi Pria GKPI Jemaat Pondok Timur, Resort Bekasi
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
Vitor Hutabarat dalam acara Penahbisan Pendeta dan Evangelish di GKPI Air Bersih tgl 6 Mei
Vocal Group Pria GKPI Resort Teladan
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Paduan Suara Asa Taruli sie Perempuan GKPI Tangerang
Gita Sorga Bergema - Paduan Suara GKPI Tangerang
Renungan Hari Ini
25 Agt 2014
Terpujilah TUHAN yang memberikan tempat perhentian kepada umat-Nya Israel tepat seperti yang difirmankan-Nya; dari segala yang baik, yang telah dijanjikan-Nya dengan perantaraan Musa, hamba-Nya, tidak ada satu pun yang tidak dipenuhi. (1 Raja-raja 8:56).
24 Agt 2014
Arahkanlah matamu ke langit dan lihatlah ke bumi di bawah; sebab langit lenyap seperti asap, bumi memburuk seperti pakaian yang sudah usang dan penduduknya akan mati seperti nyamuk; tetapi kelepasan yang Kuberikan akan tetap untuk selama-lamanya, dan keselamatan yang dari pada-Ku tidak akan berakhir (Yesaya. 51:6).
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2014 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.