Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Renungan - Gereja Kristen Protestan Indonesia
14 Mar 2013
“Bagiku tidak ada sukacita yang lebih besar dari pada mendengar, bahwa anak-anakku hidup dalam kebenaran.” ( 3 Yohanes 1:4)
Siapakah yang tidak berbahagia jika mendengar anak-anaknya selalu hidup dalam kebenaran di dalam kehidupannya. Kalau anak ingin merantau, orang tua biasanya berpesan supaya anak mencari rumah Tuhan/gereja di perantauan. Tidak lupa orang tua menasihati anak untuk tidak terjebak dalam pergaulan yang tidak baik. Orang tua akan lega jika mendengar anaknya aktif di gereja. Sebaliknya, kesedihanlah yang akan dirasakan orang tua jika mendengar anaknya menjadi seorang kriminal, pecandu narkoba, atau hamil di luar nikah. Seandainya ini terjadi, orang tua pasti kecewa berat. Pernah ada kejadian, si ibu yang sudah janda harus meratap sedih saat anaknya pulang ke kampung halaman dalam keadaan sudah menjadi mayat. Kematiannya justru karena overdosis penyalahgunaan narkoba. Yang lebih menyakitkan lagi, itu kejadian kedua yang dialaminya, setelah beberapa tahun sebelumnya anaknya yang pertama juga meninggal karena narkoba.

    Penatua Yohanes menuliskan surat ini kepada Gayus, saudara di dalam iman sekaligus anak rohani dari Yohanes. Dia mengawali surat ini dengan ucapan sukacita dan doa bahwa Gayus hidup dalam kebenaran. Bagi Yohanes tidak ada sukacita yang lebih besar daripada mendengar bahwa anak-anak rohaninya hidup dalam kebenaran, termasuk Gayus. Dia mengatakan bahwa Gayus telah berbuat segala sesuatu kepada orang percaya yang lain saat mereka dekat dengan Gayus, meskipun mereka adalah orang asing. Orang-orang percaya tersebut kemungkinan diberi tumpangan oleh Gayus dan dibantu dalam pekabaran injil. Bahkan, Gayus juga memberikan pertolongan saat mereka hendak meninggalkan Gayus dengan cara yang benar pula. Penatua Yohanes mendengar kabar kebaikan hati Gayus dari orang percaya yang lain. Mendengar kabar ini, Yohanes bersukacita karena anak rohaninya tersebut melakukan hal tersebut dan karenanya menyebut tindakan Yohanes ini sebagai sikap hidup dalam kebenaran. Saat anak rohaninya hidup dalam dalam kebenaran, Yohanes bersukacita. Itulah harapan seorang bapak rohani, saat anak-anak rohaninya hidup berbuat yang benar.

    Harapan seorang pendeta, penatua, pembina rohani, guru Sekolah Minggu adalah bahwa para anak rohaninya hidup mencintai Tuhan. Alangkah sedih hati para pelayan jika mendengar kabar jemaatnya menjadi koruptor. Anak-anak yang diberikan Tuhan kepada orang tua sebenarnya pun adalah anak rohani, anak yang harus dibina secara rohani. Kebanggaan terbesar orang tua sebenarnya adalah saat anak-anak mereka melakukan kebenaran dan hidup mengasihi Tuhan. Karena itu, orang tua harus terus membina anaknya sejak dini untuk hidup dalam kebenaran dan kebaikan.

DOA: Ya Tuhan, bantulah aku untuk membina anak-anakku di dalam firman-Mu. Kuatkanlah para pelayanmu di gereja untuk membina iman jemaat. Dan kalau itu sudah terjadi, biarlah aku bersukacita karenanya. Amin.

Pokok pikiran:
Sukacita yang benar terjadi ketika pembinaan rohani masa lalu berdampak besar dalam kehidupan rohani anak-anak di masa depan.
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail. Web. infokom@gkpi.or.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Selamat Ulang Tahun kepada:
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE Wilayah Jabodetabek
Wilayah Medan I Wilayah Siantar Simalungun
Wilayah Asahan Wilayah Tanah Karo/Alas
Wilayah Dairi Wilayah Samosir
Wilayah Toba Wilayah Humbang
Wilayah Silindung Wilayah Tapanuli Tengah
Wilayah Sumatra Bagian Selatan Wilayah Riau Utara
Wilayah Jawa Kalimantan Wilayah Deli Serdang
Wilayah Labuhan Batu Wilayah Kepulauan Riau
Wilayah Pahae Wilayah Tapanuli Selatan
Wilayah Langkat Wilayah Medan II
Wilayah Tebing Tinggi Wilayah Riau Selatan
Lembaga
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
VIDEO PS.EKKLESIA GKPI SALAK KOTA
Seksi Pria GKPI Jemaat Pondok Timur, Resort Bekasi
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
Vitor Hutabarat dalam acara Penahbisan Pendeta dan Evangelish di GKPI Air Bersih tgl 6 Mei
Vocal Group Pria GKPI Resort Teladan
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Paduan Suara Asa Taruli sie Perempuan GKPI Tangerang
Gita Sorga Bergema - Paduan Suara GKPI Tangerang
Renungan Hari Ini
30 Nov 2014
Tetapi sekarang, ya Tuhan, Engkaulah Bapa kami! Kamilah tanah liat dan Engkaulah yang membentuk kami, dan kami sekalian adalah buatan tangan-Mu. (Yes. 64:8).
29 Nov 2014
“Dan aku akan memagari kota ini untuk menyelamatkannya, oleh karena Aku dan oleh karena Daud, hamba-Ku.” (2 Raja 19:34).
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2014 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.