Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Renungan - Gereja Kristen Protestan Indonesia
04 Mar 2013
“Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan” (Yakobus 1:2).
Kebanyakan orang Kristen di saat menghadapi pencobaan dan ujian, mereka akan mulai menuduh orang lain dan segala sesuatu: mereka mulai menggerutu kepada Allah karena tidak menolong mereka; mereka akan menggerutu kepada orang lain karena tidak mengasihi; mereka akan meratapi betapa berat hidup yang mereka jalani. Akan tetapi semua keluhan itu tidak akan menolong kita mengatasi pencobaan itu. Menuduh orang lain, hanya akan membuat keadaan kita bertambah buruk. Suatu hari, saat mereka menghadapi kesulitan dan ujian, mereka akan sangat terkejut, mereka akan mulai mengeluh, dan beberapa orang bahkan akan meninggalkan iman mereka. Mereka tidak tahu bahwa orang-orang Kristen harus menghadapi banyak ujian. Sehingga, bisa kita katakan bahwa ujian adalah bagian dari kehidupan Kristen. Ujian juga merupakan satu aspek yang sangat penting dari kehidupan Kristen.

Dalam perikop ini kita akan melihat bahwa Yakobus sedang berbicara tentang ujian iman. Banyak orang yang berpikir bahwa percaya kepada Yesus itu adalah hal yang sangat mudah. Banyak orang berpikir bahwa dengan menyatakan diri mereka 'percaya' kepada Yesus maka segenap kehidupan mereka akan aman dan terjamin, segala sesuatu akan berjalan lancar, dan mereka bisa menikmati kehidupan yang stabil di dunia ini, tinggal menunggu saat pergi ke Surga saja. Yakobus memberitahukan kepada kita bahwa kita harus bersukacita, dia tidak bermaksud menyuruh kita untuk bersenang-senang di dalam penderitaan. Dia mengingatkan kita untuk memandang ujian ini melalui mata iman. Hanya dengan demikian, maka kita dapat melihat indahnya tujuan dan berkat yang Allah sediakan bagi kita di dalam ujian itu. Jika kita tidak melihat ujian itu melalui mata iman, maka hati kita akan menjadi sangat berat, kita akan menggerutu terhadap setiap orang dan terhadap segala sesuatu, dan kita akan kehilangan harapan. Sebagai seorang Kristen yang bertahan di dalam iman kepada Tuhan akan melihat bahwa ujian ini hanya bersifat sementara. Imannya kepada Allah akan memberi dia harapan; dan harapan itu akan memampukan dia untuk mengatasi semua kesukaran dan aniaya.

Pencobaan pasti akan menimpa semua kita orang Kristen. Maka itu kita perlu mengalihkan mata kita ke arah Allah, meminta Dia menganugerahkan kita kekuatan dan hikmat untuk menghadapi segala macam pencobaan. Jika kita memiliki hikmat rohani untuk memahami bahwa berkat Allah tersembunyi di dalam ujian itu, memahami kehendak Allah bagi kita, memahami bahwa Allah sedang membuat kita menjadi semakin serupa dengan Yesus melalui ujian itu. Sehingga, jika kita memahami semua itu, kita akan memandang ujian itu dengan sikap hati yang berbeda.
DOA: Biarlah mata kami hanya tertuju pada kebesaran-Mu ya Tuhan, berikanlah kepada kami hikmat dan kebijaksanaan, supaya kam bisa memahami kehendak-Mu dalam setiap pencobaan yang kami hadapi dalam kehidupan kami. Amin


Pokok pikiran:
Iman yang tertuju pada Allah adalah jawaban dalam setiap pencobaan
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail. Web. infokom@gkpi.or.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Selamat Ulang Tahun kepada:
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE Wilayah Medan I
Wilayah Siantar Simalungun Wilayah Asahan
Wilayah Tanah Karo/Alas Wilayah Dairi
Wilayah Samosir Wilayah Toba
Wilayah Humbang Wilayah Silindung
Wilayah Tapanuli Tengah Wilayah Sumatra Bagian Selatan
Wilayah Riau Utara Wilayah Jabotabek
Wilayah Jawa Kalimantan Wilayah Deli Serdang
Wilayah Labuhan Batu Wilayah Kepulauan Riau
Wilayah Pahae Wilayah Tapanuli Selatan
Wilayah Langkat Wilayah Medan II
Wilayah Tebing Tinggi Wilayah Riau Selatan
Lembaga
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
VIDEO PS.EKKLESIA GKPI SALAK KOTA
Seksi Pria GKPI Jemaat Pondok Timur, Resort Bekasi
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
Vitor Hutabarat dalam acara Penahbisan Pendeta dan Evangelish di GKPI Air Bersih tgl 6 Mei
Vocal Group Pria GKPI Resort Teladan
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Paduan Suara Asa Taruli sie Perempuan GKPI Tangerang
Gita Sorga Bergema - Paduan Suara GKPI Tangerang
Renungan Hari Ini
28 Jul 2014
“Jadi masih tersedia suatu hari perhentian, hari ketujuh, bagi umat Allah. Sebab barangsiapa telah masuk ke tempat perhentian-Nya, ia sendiri telah berhenti dari segala pekerjaannya, sama seperti Allah berhenti dari pekerjaan-Nya." (Ibrani 4 : 9 – 10)
27 Jul 2014
Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah (Roma  8: 28).
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2014 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.