Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Renungan - Gereja Kristen Protestan Indonesia
24 Feb 2013
“Jadi mereka yang hidup dari iman, merekalah yang diberkati bersama-sama dengan Abraham yang beriman itu.” (Galatia 3:9)
Salah satu hal yang pokok dalam kehidupan umat percaya adalah iman. Iman adalah potensi yang ada diri manusia untuk merespon karya dan perbuatan kasih Tuhan. Menurut Ibrani 11:1 disebutkan: “Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan  bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.” Iman itulah yang menggerakkan hamba-hamba Tuhan untuk menanggapi anugerah dan panggilan Allah. Misalnya Abraham, ia taat kepada panggilan Allah ketika ia dipanggil untuk berangkat ke negeri yang akan diterimanya menjadi milik pusakanya (Ibr.11:8). Iman itu jugalah yang mendorong murid-murid Tuhan pergi untuk mengabarkan Injil. Iman itu sendiri yang mendorong para pelayan saat ini melayani di ladang Tuhan. Termasuk dalam hidup sehari-hari hidup dari iman sangat didambahakan oleh Tuhan.

Ada apa hidup dari iman? Jika kita merenungkannya ternyata hidup dari iman itulah yang dikehendaki oleh Allah sebab kita dibenarkan oleh iman. Hal ini ditekankan oleh Paulus kepada jemaat di Galatia karena ada ajaran-ajaran tentang keselamatan yang menekankan ketaatan kepada Hukum Taurat. Sebab orang yang mengganggap Hukum Taurat sebagai jalan keselamatan adalah sesat. Itulah sebabnya Paulus mengatakan: “Karena semua orang, yang hidup dari pekerjaan hukum Taurat berada di bawah kutuk” (ay.10). Oleh karena itu iman adalah potensi kita untuk menyambut keselamatan yang dianugerahkan Tuhan kepada orang-orang berdosa. Jadi siapapun dan dari bangsa manapun akan dibenarkan oleh Tuhan karena iman. Nats kita hari ini berkata: “Jadi mereka yang hidup dari iman, merekalah yang diberkati bersama-sama dengan Abraham yang beriman itu.” (Gal.3:9). Orang-orang yang beriman akan diberkati oleh Tuhan, sebab mereka itulah anak-anak Abraham (ay.7).

Hidup dari iman adalah dasar bagi kita untuk memperoleh anugerah Allah. Itulah yang membuat kita bersama-sama  dengan orang-orang yang seiman di dunia ini untuk menikmati anugerah Allah sehingga kita disebut anak-anak Abraham. Status ini hendaknyalah mendorong kita untuk hidup dari iman termasuk dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai orang-orang yang hidup dari iman, kita harus menunjukkan iman kita itu melalui perbuatan sehari-hari sebab iman tanpa perbuatan adalah mati (bnd.Yak.2:17). Oleh karena itu ambillah langkah iman dalam setiap hidup, apapun yang kita hadapi, persoalan apapun yang menghadang kita, rencana-rencana apakah yang akan kita wujudkan, hadapilah semua itu dengan iman. Sebab tanpa iman kita tidak akan kuat, dan tanpa iman tidak mungkin kita berkenan kepada Allah. Amin.


Doa: Ya Tuhan, jadikanlah kami menjadi orang-orang yang sungguh-sungguh beriman kepadaMu sebab hanya dengan beriman kami layak berdiri di hadapanMu dan kami dikuatkan untuk taat kepada perintah-perintahMu. Amin.

Pokok Pikiran:
Hanya dengan iman kita dapat mengakses segala berkat Tuhan.
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail. Web. infokom@gkpi.or.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Selamat Ulang Tahun kepada:
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE Wilayah Jabodetabek
Wilayah Medan I Wilayah Siantar Simalungun
Wilayah Asahan Wilayah Tanah Karo/Alas
Wilayah Dairi Wilayah Samosir
Wilayah Toba Wilayah Humbang
Wilayah Silindung Wilayah Tapanuli Tengah
Wilayah Sumatra Bagian Selatan Wilayah Riau Utara
Wilayah Jawa Kalimantan Wilayah Deli Serdang
Wilayah Labuhan Batu Wilayah Kepulauan Riau
Wilayah Pahae Wilayah Tapanuli Selatan
Wilayah Langkat Wilayah Medan II
Wilayah Tebing Tinggi Wilayah Riau Selatan
Lembaga
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
VIDEO PS.EKKLESIA GKPI SALAK KOTA
Seksi Pria GKPI Jemaat Pondok Timur, Resort Bekasi
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
Vitor Hutabarat dalam acara Penahbisan Pendeta dan Evangelish di GKPI Air Bersih tgl 6 Mei
Vocal Group Pria GKPI Resort Teladan
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Paduan Suara Asa Taruli sie Perempuan GKPI Tangerang
Gita Sorga Bergema - Paduan Suara GKPI Tangerang
Renungan Hari Ini
15 Sep 2014
“Sebab Allah berfirman:  "Pada waktu Aku berkenan, Aku akan mendengarkan engkau,  dan pada hari Aku menyelamatkan, Aku akan menolong engkau."  Sesungguhnya, waktu ini adalah waktu perkenanan itu; sesungguhnya, hari ini adalah hari penyelamatan itu.” (2 Korintus 6:2).
14 Sep 2014
Memang kamu telah mereka-rekakan yang jahat terhadap aku, tetapi Allah telah mereka-rekakannya untuk kebaikan, dengan maksud melakukan seperti yang terjadi sekarang ini, yakni memelihara hidup suatu bangsa yang besar (Kejadian 50:20).
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2014 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.