Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Renungan - Gereja Kristen Protestan Indonesia
21 Feb 2013
“Hendaklah engkau setia sampai mati dan Aku akan mengaruniakan kepadamu makhkota kehidupan” (Wahyu 2:10b).
Kesetiaan sangat dibutuhkan dalam suatu hubungan agar dapat bertahan. Kesetiaan tidak boleh hanya diusahakan oleh satu pihak, tetapi harus keduanya. Dalam hubungan kita dengan Tuhan, kesetiaan Tuhan tidak perlu lagi kita ragukan, sebaliknya, kitalah yang harus bertanya pada diri sendiri, apakah selama ini kita sudah setia pada-Nya atau justru sering  menyeleweng dari Tuhan. Tanpa kita sadari kita lebih sering menyeleweng dari hadapan Tuhan, ketika kita hanya mengandalkan pikiran kita sendiri, malah kita sering hanya mengandalkan kekuatan kita sendiri.

Melalui nats ini Tuhan Yesus mengajar kita tentang kesetiaan. Ia mau menunjukkan bahwa orang yang setia kepadaNya tidak akan pernah sia-sia. “Hendaklah engkau setia sampai mati dan Aku akan mengaruniakan kepadamu mahkota kehidupan.” (Why.2:10b). Kesetiaan yang diharapkan Yesus dalam nats ini adalah kesetiaan total kepada Dia bahkan sampai mati. Hal ini juga menjadi teladan yang ditunjukkannya kepada kita sebab Diapun telah setia kepada Bapa di sorga dan Ia setia dan taat sampai mati di kayu salib. Setia pada Yesus berarti tidak melupakannya di dalam setiap detik kehidupan kita, dalam setiap situasi yang kita hadapi, baik yang menyenangkan ataupun tidak, baik menimbulkan tawa atau tangis, di dalamnya kita memberikan tempat untuk Tuhan. Kesetiaan bukanlah peristiwa sekejab mata, tapi merupakan proses yang harus dilakukan setiap saat. Tidak cukup hanya setia di pagi hari, menyeleweng di siang hari, dan kembali setia di kala sore tiba. Tetapi setia harus diupayakan dalam setiap detik kehidupan kita. Tuntutan kesetiaan bukanlah hanya untuk 5-10 tahun tetapi selama kita hidup di bumi ini.
    
Suatu kali seseorang bertanya kepada Ibu Teresa, Ibu telah melayani kaum miskin di Kalkuta, India. Tetapi, tahukah Ibu, bahwa masih ada jauh lebih banyak lagi orang miskin yang terabaikan? Apakah Ibu tidak merasa gagal? Ibu Teresa menjawab, Anakku, aku tidak dipanggil untuk berhasil, tetapi aku dipanggil untuk setia. Kita tidak dipanggil untuk berhasil tetapi untuk setia, sebab keberhasilan sangat riskan jatuh pada kesombongan atau penghalalan segala cara. Mungkin saja saat ini kita belum melihat hasil dari kesetiaan kita pada Tuhan, bisa saja kita melihat bahwa apa yang kita lakukan seolah-olah tidak ada hasilnya. Bila kita menghadapi situasi demikian, jangan undur. Tetaplah setia. Kesetiaan kita pada Tuhan tidak akan pernah sia-sia. Nats ini memberikan petunjuk dan dasar keyakinan kepada kita bahwa kepada orang-orang setia sampai mati kepada Kristus akan memperoleh mahkota kehidupan. Amin.

Doa: Tuhan kami yang Mahamurah, kami lebih sering  tidak setia kepadaMu, kami tidak sabar melihat hasil dari kesetiaan kami, tapi saat ini kami mohon kepada-Mu, mampukan kami untuk sabar dalam proses kesetiaan kami kepada-Mu, agar kami tetap setia di dalam hidup kami.Amin.

Pokok Pikiran:
Kesetiaan kita  kepada Tuhan tidak akan pernah sia-sia.

Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail. Web. infokom@gkpi.or.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Selamat Ulang Tahun kepada:
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE Wilayah Jabodetabek
Wilayah Medan I Wilayah Siantar Simalungun
Wilayah Asahan Wilayah Tanah Karo/Alas
Wilayah Dairi Wilayah Samosir
Wilayah Toba Wilayah Humbang
Wilayah Silindung Wilayah Tapanuli Tengah
Wilayah Sumatra Bagian Selatan Wilayah Riau Utara
Wilayah Jawa Kalimantan Wilayah Deli Serdang
Wilayah Labuhan Batu Wilayah Kepulauan Riau
Wilayah Pahae Wilayah Tapanuli Selatan
Wilayah Langkat Wilayah Medan II
Wilayah Tebing Tinggi Wilayah Riau Selatan
Lembaga
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
VIDEO PS.EKKLESIA GKPI SALAK KOTA
Seksi Pria GKPI Jemaat Pondok Timur, Resort Bekasi
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
Vitor Hutabarat dalam acara Penahbisan Pendeta dan Evangelish di GKPI Air Bersih tgl 6 Mei
Vocal Group Pria GKPI Resort Teladan
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Paduan Suara Asa Taruli sie Perempuan GKPI Tangerang
Gita Sorga Bergema - Paduan Suara GKPI Tangerang
Renungan Hari Ini
22 Des 2014
Punya-Mulah siang, punya-Mulah juga malam. Engkaulah yang menaruh benda penerang dan matahari.(Mazmur 74:16).
21 Des 2014
Kata Maria: "Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu." Lalu malaikat itu meninggalkan dia.(Lukas 1:38).
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2014 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.