Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Renungan - Gereja Kristen Protestan Indonesia
29 Jan 2013
"Setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan melakukannya, ia sama dengan orang yang bijaksana, yang mendirikan rumahnya di atas batu. (Matius 7:24).
Kotbah di Bukit diakhiri dengan sebuah ilustrasi tentang dua orang yang sama-sama sedang mendirikan rumah; satu disebut bijak dan satu disebut orang yang bodoh. Orang yang disebut bijak, adalah orang yang mendengar perkataan (bentuk jamak, perkataan-perkataan-Ku, yang menunjuk kepada seluruh ajaran dalam 3 pasal (ps.5-7, tentang Kotbah di Bukit) yang Tuhan ajarkan dan melakukannya. Orang ini mengerti kepentingan ajaran Kotbah di Bukit, dan dengan sepenuh hati mau belajar untuk memahaminya secara benar, serta bersedia untuk diubah dan juga dibentuk oleh ajaran Tuhan ini. Hal itu tidak mudah, dilukiskan seperti orang yang menggali dalam-dalam untuk mengerjakan pondasi, sebelum melanjutkan membangun bagian lain yang kelihatan di atas. Sedangkan orang yang disebut bodoh adalah mereka yang meremehkan ajaran Kotbah di Bukit, menganggap ajaran ini tidak terlalu penting untuk sungguh-sungguh dikerjakan, dan hanya mementingkan apa yang kelihatan dari luar; yang sesuai dengan kesukaan mereka.

Mereka ini mungkin orang yang rajin ke gereja, bahkan terlibat dalam berbagai aktifitas gerejawi, tapi mereka tidak pernah sungguh-sungguh mengerjakan kehidupan rohani yang sejati. Peringatan untuk melakukan meditasi pribadi, pentingnya kehidupan doa, mendengar kotbah dengan baik, ikut kelas-kelas pembinaan, membaca buku-buku rohani, dan hal-hal lain yang bermanfaat untuk nutrisi rohani, semuanya itu ditanggapi dengan enteng (remeh). Tidak ada berita atau peringatan dari firman Tuhan yang membuatnya tersentak. Dia merasa cukup puas dengan baju luarnya yang berlabel Kristen.

Kedua macam orang ini sama-sama ada di gereja, sama-sama sedang “membangun.” Suatu saat, ujian akan tiba, dan saat itulah baru dinyatakan jika yang satu tetap bertahan, dan yang satunya, roboh. Sudah dibangun dan jadi, tapi roboh dan tidak lagi bisa diperbaiki, sudah terlambat! Yang penting bagi orang-orang percaya pada masa kini adalah marilah kita membangun hidup kita ini dengan berlandaskan Firman Tuhan sebagai fondasi yang teguh. Kita sadar bahwa begitu banyak badai-badai kehidupan yang sering kita hadapi namun kita akan kuat kalau kita sungguh-sungguh berakar dalam Firman Tuhan. Orang yang betul-betul mendengarkan dan mengandalakan Firman Tuhan dalam hidupnya dialah orang yang bijaksana. Marilah kita menjadi orang-orang yang bijaksana dalam hidup ini yang sungguh-sungguh menjadikan Firman Tuhan sebagai landasan hidup. Amin.
DOA: Tuhan Allah kami, mampukanlah kami agar kami dapat sungguh-sungguh hidup dalam kebenaran firman Allah, sehingga kerohanian dan iman kami mengalami pertumbuhan yang baik.Amin.

Pokok Pikiran:
Mendengar, menghayati dan melakukan Firman Tuhan adalah tahap-tahap
menjadi seorang yang bijaksana.
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail. Web. infokom@gkpi.or.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Selamat Ulang Tahun kepada:
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE Wilayah Jabodetabek
Wilayah Medan I Wilayah Siantar Simalungun
Wilayah Asahan Wilayah Tanah Karo/Alas
Wilayah Dairi Wilayah Samosir
Wilayah Toba Wilayah Humbang
Wilayah Silindung Wilayah Tapanuli Tengah
Wilayah Sumatra Bagian Selatan Wilayah Riau Utara
Wilayah Jawa Kalimantan Wilayah Deli Serdang
Wilayah Labuhan Batu Wilayah Kepulauan Riau
Wilayah Pahae Wilayah Tapanuli Selatan
Wilayah Langkat Wilayah Medan II
Wilayah Tebing Tinggi Wilayah Riau Selatan
Lembaga
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
VIDEO PS.EKKLESIA GKPI SALAK KOTA
Seksi Pria GKPI Jemaat Pondok Timur, Resort Bekasi
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
Vitor Hutabarat dalam acara Penahbisan Pendeta dan Evangelish di GKPI Air Bersih tgl 6 Mei
Vocal Group Pria GKPI Resort Teladan
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Paduan Suara Asa Taruli sie Perempuan GKPI Tangerang
Gita Sorga Bergema - Paduan Suara GKPI Tangerang
Renungan Hari Ini
22 Sep 2014
Sebab kamu semua adalah anak-anak Allah karena iman di dalam Yesus Kristus.(Galatia 3:26).
21 Sep 2014
Bagaimana tidak Aku akan sayang kepada Niniwe, kota yang besar itu, yang berpenduduk lebih dari seratus dua puluh ribu orang, yang semuanya tak tahu membedakan tangan kanan dari tangan kiri, dengan ternaknya yang banyak?" (Yunus 4:11)
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2014 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.