Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Renungan - Gereja Kristen Protestan Indonesia
30 Jun 2020
“Jadi jikalau Aku membasuh kakimu, Aku yang adalah Tuhan dan Gurumu, maka kamu pun wajib saling membasuh kakimu;”(Yohanes 13:14).
Keteladanan adalah sebuah cara yang efektif untuk merubah perilaku sesama, baik di tengah-tengah keluarga maupun masyarakat. Bagi seorang pemimpin yang baik sikap keteladanan ini pasti ditunjukkan kepada orang-orang yang dipimpinnya. Hal itulah yang kita lihat dari apa yang dilakukan Yesus kepada murid-muridNya melalui nas ini.
 
Suatu hal yang menarik adalah tatkala Dia membasuh kaki murid-murid-Nya. Hal itu dilakukan-Nya sebelum hari raya Paskah. Sikap Yesus ini mendapat reaksi penolakan, misalnya dari Petrus ketika itu. Tetapi Yesus berkata kepadanya: “Jika Aku tidak membasuh engkau, engkau tidak mendapat bagian dalam Aku.” (ay.8). Memang sikap Yesus yang membasu kaki murid-muridNya merupakan suatu hal yang tidak lazim sebab pada waktu itu dalam kebiasaan orang Yahudi, justru para pembantulah yang memiliki kewajiban membasuh kaki tuannya dan juga para tamu yang hadir. Tetapi kini Yesus melakukannya, Dia yang adalah Guru dan Tuhan. Kalau direnungkan apa yang dilakukan oleh Yesus kepada murid-muridNya adalah sebuah keteladanan, yaitu kerendahan hati. 

Saudara, sikap yang dilakukan oleh Yesus dengan membasu kaki murid-muridNya adalah sebuah keteladanan penting untuk dilakukan oleh orang-orang percaya pada masa kini. Praktek seperti ini sudah sering dilakukan di gereja-gereja khususnya pada Malam Kamis Putih. Tetapi lebih dari pada itu, dalam kehidupan sehari-hari Yesus mengajarkan kepada kita untuk saling melayani dengan kerendahan hati. Kita sebenarnya terpanggil menjadi pelayan (diakonos) dalam kehidupan persekutuan kita. Karena itu untuk memperkuat persekutuan sesaama orang Kristen, sikap saling melayani ini harus terus dikembangkan sebab itu adalah teladan Yesus bagi kita. (HLT).

Nyanyian KJ No. 249:1-3


DOA: Yesus yang baik, terima kasih atas keteladanan-Mu. Biarlah kami boleh saling melayani dengan rendah hati sebagaimana Engkau telah melayani kami. Amin.

Kata-kata Bijak:
Melayani dengan rendah hati adalah bukti  bahwa kita pengikut Kristus.
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Tidak Ada Pendeta Yang Ulang Tahun Pada Periode Bulan Ini Atau Bulan Depan!
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE WILAYAH I (MEDAN I, LANGKAT)
WILAYAH II (MEDAN II, DELI SERDANG) WILAYAH III (P.SIANTAR, SIMALUNGUN, TEBING TINGGI, SERGEI)
WILAYAH IV (DAIRI, TANAH KARO, ALAS, PAKPAK BARAT) WILAYAH V (ASAHAN, LABUHAN BATU)
WILAYAH VI (SILINDUNG, PAHAE, TAPSEL, TAPTENG) WILAYAH VII (HUMBANG, SAMOSIR, TOBA)
WILAYAH VIII (RIAU UTARA, RIAU SELATAN) WILAYAH IX (SUMATERA BAGIAN SELATAN)
WILAYAH X (KEPULAUAN RIAU) WILAYAH XI (JABODETABEK, JAWA, KALIMANTAN)
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Renungan Hari Ini
14 Agt 2020
“Tetapi tentang Israel ia berkata, ‘Sepanjang hari Aku telah mengulurkan tangan-Ku kepada bangsa yang tidak taat dan yang membantah" (Rm.10:21).
13 Agt 2020
“Seperti embun gunung Hermon yang turun ke atas gunung-gunung Sion. Sebab ke sanalah TUHAN memerintahkan berkat, kehidupan untuk selamanya” (Mzm.133:3).
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2020 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.