Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Renungan - Gereja Kristen Protestan Indonesia
29 Jun 2020
“Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa memberi kamu minum secangkir air oleh karena kamu adalah pengikut Kristus, ia tidak akan kehilangan upahnya." (Markus 9:41).
Dalam kehidupan jika ada orang Kristen melakukan kebaikan kepada orang Kristen, itu suatu hal yang biasa, dan normal. Tetapi jika ada orang yang bukan Kristen melakukan kebaikan kepada orang Kristen itu suatu hal yang luar biasa. Lalu apakah kita protes tentang sikap mereka itu? Bagaimanakah sikap kita terhadap mereka yang bukan Kristen jika melakukan kebaikan kepada orang Kristen.

Kasus yang seperti itu dapat kita lihat dalam konteks nas ini. Yohanes menceritakan bahwa ada seorang yang bukan pengikut Kristus mengusir setan demi nama Yesus. Lalu mereka mencegah orang itu, karena bukan pengikut Yesus. Bagaimanakah sikap Yesus dalam kasus ini? Dalam ayat 39-40 dikatakan: “Jangan kamu cegah dia! Sebab tidak seorang pun yang telah mengadakan mujizat demi nama-Ku, dapat seketika itu mengumpat Aku. Barangsiapa tidak melawan kita, ia ada di pihak kita.” Di sini Yesus mau mengajarkan sikap para pengikutnya terhadap orang-orang yang bukan pengikut Kristus agar tidak memusuhi mereka, malah kebaikan yang mereka lakukan justru menunjukkan mereka ada di pihak Kristus. Lagi pula kepada mereka yang melakukan kebaikan seperti itu Yesus menyebutkan mereka akan menerima upahnya (ay.41).

Saudara, sebagai pengikut Kristus kita berada di tengah-tengah masyarakat majemuk. Kita hidup berdampingan dengan sesama yang beragama lain ditengah-tengah hidup kita. Ternyata kita sering melihat kebaikan-kebaikan yang ditunjukkan oleh orang-orang yang tidak seiman dengan kita. Misalnya ketika ada pembangunan Gereja ada orang yang bukan beragama Kristen menyumbang pembangunan gereja kita. Bagaimanakah sikap kita terhadap mereka? Melalui nas ini Yesus mengajarkan kepada kita agar kita tidak memusuhi mereka malah menggangap mereka sebagai bagian (pihak) dari kita. (HLT). 
Nyanyian KJ. No. 424:1-2


DOA: Ya Tuhan Yesus, berikanlah kami hikmat untuk membangun persaudaran dengan orang lain sekalipun tidak seiman dengan kami. Amin.

Kata-kata Bijak:
Taburkanlah kebaikan kepada semua orang.
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Tidak Ada Pendeta Yang Ulang Tahun Pada Periode Bulan Ini Atau Bulan Depan!
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE WILAYAH I (MEDAN I, LANGKAT)
WILAYAH II (MEDAN II, DELI SERDANG) WILAYAH III (P.SIANTAR, SIMALUNGUN, TEBING TINGGI, SERGEI)
WILAYAH IV (DAIRI, TANAH KARO, ALAS, PAKPAK BARAT) WILAYAH V (ASAHAN, LABUHAN BATU)
WILAYAH VI (SILINDUNG, PAHAE, TAPSEL, TAPTENG) WILAYAH VII (HUMBANG, SAMOSIR, TOBA)
WILAYAH VIII (RIAU UTARA, RIAU SELATAN) WILAYAH IX (SUMATERA BAGIAN SELATAN)
WILAYAH X (KEPULAUAN RIAU) WILAYAH XI (JABODETABEK, JAWA, KALIMANTAN)
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Renungan Hari Ini
14 Agt 2020
“Tetapi tentang Israel ia berkata, ‘Sepanjang hari Aku telah mengulurkan tangan-Ku kepada bangsa yang tidak taat dan yang membantah" (Rm.10:21).
13 Agt 2020
“Seperti embun gunung Hermon yang turun ke atas gunung-gunung Sion. Sebab ke sanalah TUHAN memerintahkan berkat, kehidupan untuk selamanya” (Mzm.133:3).
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2020 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.