Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Renungan - Gereja Kristen Protestan Indonesia
23 Jun 2018
“Berfirmanlah Allah: “Baiklah kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”(Kejadian 1:26)
Apabila kita mengamati keadaan lingkungan kita sekarang ini, maka kita melihat bagaimana ketamakan manusia telah merusak lingkungan dan ekosistem yang ada. Baik lingkungan hutan, laut bahkan udara. Kalau kita memperhatikan bencana alam yang kita alami juga sebagian besar diakibatkan oleh ulah manusia yang tamak yang tidak bertanggungjawab, hanya memikirkan keuntungan dirinya sendiri, tetapi mengakibatkan penderitaan bagi banyak orang. Saat ini kita dibanyak tempat sulit untuk mendapatkan air, tetapi air yang melimpah ruah (banjir) sering datang menggenangi tempat tinggal kita. Dan bila manusia tidak menyadari akan perbuatannya ini, maka dunia yang kita tinggali ini akan semakin parah, bahkan untuk bernafaspun kita akan sulit akan pemanasan global akan terus melanda bumi. 
Kisah penciptaan yang dituliskan dalam kitab Kejadian 1:26 memberi pengertian kepada kita betapa mulianya kita diciptakan Tuhan. Kita diciptakanNya menurut gambar dan rupa Allah. Bagaimana awalnya Allah menetapkan manusia yang diciptakanNya menurut gambar dan rupa Allah berkuasa atas segala yang telah diciptakan Allah. Manusia berkuasa atas ikan-ikan di laut, burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi. Manusia berkuasa atas lautan, daratan, udara bahkan atas seluruh bumi. Dengan semua yang telah Allah berikan kepada manusia, manusia dapat menata kehidupannya dengan baik. Tetapi dosa merusak segalanya. Sejak manusia jatuh dalam dosa, maka manusia hidup jauh dari hadapan Allah, kecenderungan hati dan hidupnya memberontak kepada Allah. Hubungannya dengan Allah menjadi rusak, begitu juga hubungan manusia terhadap binatang dan lingkungannya. Kuasa yang telah diberikan Allah kepada manusia juga menjadi rusak.
Namun, Tuhan Allah yang sangat mengasihi manusia, tidak membiarkan manusia terus hidup dalam penderitaan, Allah menyelamatkan manusia didalam Pribadi Yesus Kristus untuk menebus dosa manusia sekaligus mendamaikan kembali hubungan antara Allah dengan manusia, dan hubungan manusia dengan sesamanya dan dengan ciptaan Tuhan yang lain. Kita sebagai umatNya yang telah ditebus dengan darah Yesus, hendaklah kita menggunakan kuasa yang telah Allah berikan terhadap ciptaanNya yang lain secara bertanggungjawab. Kita mulai dengan menjaga kebersihan lingkungan kita, mengelola apa yang ada disekitar kita dengan baik, dan memanfaatkan apa yang ada disekitar kita dengan bertanggungjawab. Sehingga keberlangsungan hidup manusia di bumi ini tetap dapat berlanjut sampai Kristus datang kedua kali. (LNS).
DOA : Ya Tuhan Allah kami yang Mahakasih, tolonglah kami sebagai umatMu yang telah Engkau tebus untuk senantiasa memelihara dan merawat semua ciptaan-Mu. Amin.

Kata-kata Bijak :
Dunia ini mengejar kekuasaan, tetapi Allah mengaruniakan kekuasaan atas dunia ini
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Selamat Ulang Tahun kepada:
Oloan Marbun 2 Sep
Baha Pasaribu 11 Sep
Edward Sinaga 12 Sep
Edward Sinaga 12 Sep
Ojak Lubis 26 Okt
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE Lembaga - Non Lembaga -Tugas Belajar - Diperbantukan dll
Koordinator Wilayah Wilayah I (Medan I, Langkat)
Wilayah II (Medan II, Deliserdang) Wilayah III (Simalungun- Tebing Tinggi Sergei)
Wilayah IV (Dairi- Tanah Karo) Wilayah V (Asahan, Labuhan Batu)
Wilayah VI (Silindung, Pahae, Tapsel, Tapteng) Wilayah VII (Humbang, Samosir, Toba)
Wilayah IX (Riau Utara, Riau Selatan) Wilayah VIII (Sumatera Bagian Selatan)
Wilayah X (Kepulauan Riau) Wilayah XI (Jabodetabek, Jawa-Kalimantan)
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Renungan Hari Ini
24 Jun 2018
Juga kamu yang dahulu hidup jauh dari Allah dan yang memusuhiNya dalam hati dan pikiran seperti yang nyata dari perbuatanmu yang jahat, sekarang diperdamaikanNya di dalam tubuh jasmani Kristus oleh kematianNya untuk menempatkan kamu kudus dan tak bercela dan tak bercacat di hadapanNya.  (Kolose 1:21-22).
23 Jun 2018
“Berfirmanlah Allah: “Baiklah kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”(Kejadian 1:26)
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2018 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.