Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Renungan - Gereja Kristen Protestan Indonesia
21 Jun 2018
“Asyur akan rebah oleh pedang, tetapi bukan pedang orang, dan akan dimakan habis oleh pedang, tetapi bukan pedang manusia; mereka akan melarikan diri terhadap pedang, dan teruna-terunanya akan menjadi orang rodi.” (Yesaya 31:8).
Kepada siapa kita meminta pertolongan ketika kita menghadapi kesulitan/penderitaan hidup? Kecenderungan manusia adalah meminta pertolongan kepada orang yang kuat yang dapat menolongnya, baik secara materi, jabatan ataupun kuasa yang dimilikinya. Dan secara tidak langsung kita mempercayakan persoalan hidup kita kepada “oknum” yang kita anggap dapat menolong kita atau melepaskan kita dari persoalan hidup kita. Kita pun lebih percaya kepadanya daripada Tuhan Allah kita. 
Itulah yang dilakukan bangsa Israel, walaupun mereka secara langsung merasakan dan mengalami bagaimana perlindungan dan berkat-berkat Tuhan yang dilimpahkan dalam hidup mereka, tetapi ketika mereka berhadapan dengan kekuatan bangsa Asyur, ketakutan yang luar biasa menutup mata iman mereka untuk melihat kuasa Tuhan yang jauh lebih kuat untuk melindungi mereka dari kekuatan bangsa Asyur. Mereka lebih percaya kepada kekuatan dan kuasa yang dimiliki bangsa Mesir, sehingga mereka meminta pertolongan kepada bangsa Mesir bukan kepada Tuhan Allah Penyelamat mereka. Namun, Tuhan Allah menunjukkan kepada bangsa Israel, bahwa Dia adalah Allah yang Maha kuasa, segala kuasa ada dalam tanganNya yang kudus. Allah sendiri memukul kalah bangsa Mesir melalui kekuatan bangsa Babel, itu berarti bangsa Israel menjadi tawanan bangsa Babel. Sedangkan bangsa Asyur sendiri juga disebutkan dalam firman Tuhan yang kita baca hari ini, akan rebah oleh pedang tetapi bukan dengan pedang orang, dan akan dimakan habis oleh pedang, tetapi bukan dengan pedang manusia. Ayat ini memberikan pengertian kepada kita, bahwa Allah sendirilah yang berkarya untuk mengalahkan bangsa Asyur Kiranya hal itu mendorong bangsa Israel untuk percaya kepada Tuhan.
Apa yang dilakukan bangsa Israel, sering juga kita lakukan dalam kehidupan kita ini. Pertolongan dan perlindungan Tuhan yang telah kita terima, tidaklah menjadi ukuran iman kita bahwa kita percaya sepenuhnya kepada Allah. Ketika kita berada dalam tekanan hidup (hidup kita terancam) baik secara ekonomi, jabatan, pendidikan, usaha, kesehatan dan keluarga kita, kita tidak mencari pertolongan kepada Tuhan, malahan sebaliknya, kita mencari kekuatan yang berasal dari dunia ini untuk menolong dan menyelamatkan kita. Tetapi nas ini mengajak kita untuk melihat apa yang dapat Tuhan lakukan terhadap umatNya, bahwa Dia dapat melakukan hal-hal diluar dugaan atau perkitaan kita untuk menyatakan bahwa Dia adalah Allah yang Maha Kuasa. Janganlah ragu kepadaNya, berharaplah  senantiasa kepadaNya. (LNS). 
DOA : Tuhan, Engkaulah pengharapan dalam hidupku, ampuni aku Tuhan, bila selama ini ragu akan kemahakuasaanMu yang sanggup untuk melepaskan dan menyelamatkanku.Amin. 

Kata-kata Bijak:
Diberkatilah orang yang menaruh harapannya kepada Tuhan.
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Selamat Ulang Tahun kepada:
Husor Sibuea 10 Jul
Asda Siboro 10 Jul
Nurhayati 18 Jul
Muller Purba 1 Agu
Naek Gultom 10 Agu
Sanny Samosir 12 Agu
Berman Manalu 13 Agu
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE Lembaga - Non Lembaga -Tugas Belajar - Diperbantukan dll
Koordinator Wilayah Wilayah I (Medan I, Langkat)
Wilayah II (Medan II, Deliserdang) Wilayah III (Simalungun- Tebing Tinggi Sergei)
Wilayah IV (Dairi- Tanah Karo) Wilayah V (Asahan, Labuhan Batu)
Wilayah VI (Silindung, Pahae, Tapsel, Tapteng) Wilayah VII (Humbang, Samosir, Toba)
Wilayah IX (Riau Utara, Riau Selatan) Wilayah VIII (Sumatera Bagian Selatan)
Wilayah X (Kepulauan Riau) Wilayah XI (Jabodetabek, Jawa-Kalimantan)
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Renungan Hari Ini
24 Jun 2018
Juga kamu yang dahulu hidup jauh dari Allah dan yang memusuhiNya dalam hati dan pikiran seperti yang nyata dari perbuatanmu yang jahat, sekarang diperdamaikanNya di dalam tubuh jasmani Kristus oleh kematianNya untuk menempatkan kamu kudus dan tak bercela dan tak bercacat di hadapanNya.  (Kolose 1:21-22).
23 Jun 2018
“Berfirmanlah Allah: “Baiklah kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”(Kejadian 1:26)
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2018 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.