Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Renungan - Gereja Kristen Protestan Indonesia
20 Mei 2018
“Siapa yang dapat mengatur Roh Tuhan atau memberi petunjuk kepada-Nya sebagai penasehat?”(Yesaya 40:13)
Dalam perjalanan kekristenan sering juga warga jemaat sulit untuk memahami keberadaan oknum Roh Kudus. Apalagi ketika para pelayanan menjelaskan kepada anak-anak Sekolah Minggu dan pelajar Sidi siapakah Roh Kudus itu. Coba ambil 1 lembar kertas  lalu .tiup atau  hembuslah kertas itu. Apa yang terjadi? Kertas akan bergerak atau bergoyang. Apa yang menggerakkannya? Jawaban kita pasti mengatakan “angin”. Apakah kamu dapat melihat angin itu? Tentu tidak. Demikianlah halnya dengan Roh Kudus, kita tidak dapat melihat dengan mata tetapi kita dapat merasakan pekerjaan dan penyertaan Roh Kudus dalam hidup kita sehari-hari.
  Bagaimanakah situasi dan latar-belakang nas renungan kita hari ini? Jangan pernah berusaha menguasai Firman Tuhan, yang terpenting adalah berilah dirimu dikuasai Firman Tuhan itu. Demikian halnya dengan Roh Kudus. Jangan biarkan dirimu untuk mengatur Roh Kudus tetapi biarlah Roh Kudus itu  yang mengatur dan menuntunmu. Dalam nas ini dikatakan: “Siapa yang dapat mengatur Roh Tuhan atau member petunjuk kepada-Nya sebagai penasehat?”  Ayat ini menunjukkan  peran Roh Allah yang menjadi penasihat kebijakan dalam melakukan tindakan yang walaupun kita sulit mengerti secara logika bagaimana Roh Allah nyata dan bekerja di dalam hidup kita, tetapi kita dapat merasakan tuntunan Allah dalam berbagai perjalanan hidup kita. Dalam konteks nas ini, bagaimana mungkin bangsa Israel bisa keluar dari perhambaan  atau perbudakan Babel? Siapa sangkah bangsa Babel adalah bangsa yang  kuat dan yang  pada akhirnya dapat menjadi lemah? Siapa dapat menyangkah bangsa Babel dapat ditaklukan oleh bangsa Persia? Siapa sangka Raja Persia yang bernama Koresy datang sebagai Raja yang membebaskan bangsa Israel? Pekerjaan Allah penuh dengan misteri.  Tetapi sejarah membuktikan bahwa janji dan penyertaan Tuhan Allah benar-benar terjadi dan nyata. Nabi Yesaya memberitahukan jalan-jalan Allah yang walaupun sulit kita mengerti dengan logika manusia, namun sejarah menujukkan bahwa Allah telah banyak bertindak untuk kebaikan kita.
  Bangsa Israel mengalami pergumulan hidup dimana mereka berada di dalam perbudakan atau  pembuangan Babel. Begitu juga halnya dengan kita dalam menjalankan perjalanan hidup sering kita mengalami masa-masa sulit  dan kalau dilihat dari sudut keberadaan dan kemapuan kita, terkadang kita sulit dengan kekuatan sendiri untuk keluar dari permasalahan tersebut. Tetapi melalui pencerahan dari Firman hari ini kita percaya bahwa lewat tuntunan Roh Kudus, kita akan dikuatkan dan dimampukan melewati masa-masa sulit itu. Ingatlah Roh Allah bekerja demi kebaikan kita  di bumi ini. Ia berkerja melalui orang-orang yang di pakai-Nya dan bahkan melalui campur tangan-Nya dengan memakai berbagai hal dan peristiwa untuk menolong kita. (KS).
DOA:Ya Allah Bapa, bimbinglah kami untuk senantiasa setia menyembah Engkau dan biarlah Roh Kudus-Mu menyertai kami agar kami selalu menyerahkan diri kepada-Mu.Amin.

Kata kata Bijak:
“Roh Tuhan dapat mengubah sesuatu hal menjadi lebih baik.”
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Selamat Ulang Tahun kepada:
Jojor Siregar 25 Jun
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE Lembaga - Non Lembaga -Tugas Belajar - Diperbantukan dll
Koordinator Wilayah Wilayah I (Medan I, Langkat)
Wilayah II (Medan II, Deliserdang) Wilayah III (Simalungun- Tebing Tinggi Sergei)
Wilayah IV (Dairi- Tanah Karo) Wilayah V (Asahan, Labuhan Batu)
Wilayah VI (Silindung, Pahae, Tapsel, Tapteng) Wilayah VII (Humbang, Samosir, Toba)
Wilayah IX (Riau Utara, Riau Selatan) Wilayah VIII (Sumatera Bagian Selatan)
Wilayah X (Kepulauan Riau) Wilayah XI (Jabodetabek, Jawa-Kalimantan)
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Renungan Hari Ini
27 Mei 2018
“Yesus menjawab, kata-Nya: ‘Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seseorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah’.”(Yohanes 3:3).
26 Mei 2018
“Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem   dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.” (Kisah Para Rasul 1:8).
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2018 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.