Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Renungan - Gereja Kristen Protestan Indonesia
17 Mei 2018
“Ingatlah, ya TUHAN, apa yang terjadi atas kami, pandanglah dan lihatlah akan kehinaan kami.” (Ratapan 5:1)
Di tengah-tengah ketertawanan bangsa Israel dan di tengah-tengah kondisi Yerusalem yang tinggal reruntuhan, ternyata masih ada sejumlah kecil orang yang masih setia dan menyerahkan pergumulan yang terjadi kepada Tuhan dalam doanya. Pasal 5 ini dengan judul perikop “Doa untuk pemulihan”. Pemulihan untuk seluruh umat dan juga kota suci  (Bait Allah) di Yerusalem. Permohonan yang disampaikan dengan bersemangat agar kasih karunia Allah dinyatakan bagi mereka. Walaupun mereka sadar bahwa apa yang terjadi adalah bagian dari kehendak dan rencana Allah. Mereka sadar bahwa milik pusaka dan rumah-rumah yang dulu milik mereka telah menjadi milik orang asing (ay.2).
Penting untuk kita sadari, walaupun seluruh isi dunia dan segala isinya lenyap, namun kasih setia Tuhan tidak akan pernah berakhir. Inilah yang seharusnya menjadi kekuatan kita untuk menjalani kesulitan hidup. Bahwa yang terpenting kita harus memiliki Dia yang merupakan sumber dari segala sesuatu yang ada di dunia ini. Dia adalah Allah Sang Pencipta. Yang menciptakan dari yang tidak ada menjadi ada. Dengan perkataan di mampu mengadakan apa yang perlu di dunia. Dengan kepercayaan akan kasih setia Tuhan itu, Yeremia menyampaikan kerinduan dan permohonannya kepada TUHAN sebagaimana dalam nas ini. Berserulah pada-Nya “Ingatlah…” Allah selalu mengingat. Dia tidak pernah lupa akan masa lalu, masa kini dan masa yang akan datang. Untuk apa yang telah dijanjikan-Nya, Dia selalu memegang dengan setia. Manusia yang sering lupa dan tak mengingat apa yang sudah dia terima dari Allah. Sehingga sering kita mempergunakan segala pemberian-Nya hanya demi kepentingan diri sendiri saja.  Dia selalu memandang dan melihat seluruh aspek kehidupan yang sedang kita jalani hari ini dan yang akan datang. Dia senantiasa tahu untuk apa yang kita alami. Dia tahu segala kekurangan dan kelemahan kita. Apabila kita sedang berada dalam pergumulan yang sangat berat, sikap kita adalah memohon belas kasihan Allah saja. Dalam doa-doa kita hendaknya kita rendah hati dan merasa miskin. Kita tidak mampu mengandalkan kekuatan dan kepintaran kita. Hanya TUHAN sendirilah kekuatan dan harapan kita.
Maka untuk kebaikan dan keselamatan orang berdoa, Allah melakukan rekonsiliasi. Rekonsiliasi (Pendamaian) akhirnya dikerjakan oleh Allah sendiri. Dia mengutus anak-Nya untuk hidup menderita karena dosa dan kejahatan manusia. Oleh karena kasih setia dan belas kasih-Nya, Kristus telah datang untuk menanggung semua hukuman karena dosa. Kita yang percaya kepada-Nya, akan menerima pengampunan, dan mendapatkan pemulihan hidup. (STP).

DOA: Terimakasih Ya Allah atas pendamaian yang Engkau berikan bagiku, pakailah aku untuk membawa damai-Mu di tengah-tengah keluargaku, dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

Kata-kata Bijak:
“Lebih baik berani  hidup menghadapi susah daripada mati dengan tidak berarti. Jika orang mau melihat masa depan yang baik, ia tidak boleh mudah menyerah dan putus asa.”
 (101 Kisah bermakna dari Negeri Cina).
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Selamat Ulang Tahun kepada:
Jojor Siregar 25 Jun
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE Lembaga - Non Lembaga -Tugas Belajar - Diperbantukan dll
Koordinator Wilayah Wilayah I (Medan I, Langkat)
Wilayah II (Medan II, Deliserdang) Wilayah III (Simalungun- Tebing Tinggi Sergei)
Wilayah IV (Dairi- Tanah Karo) Wilayah V (Asahan, Labuhan Batu)
Wilayah VI (Silindung, Pahae, Tapsel, Tapteng) Wilayah VII (Humbang, Samosir, Toba)
Wilayah IX (Riau Utara, Riau Selatan) Wilayah VIII (Sumatera Bagian Selatan)
Wilayah X (Kepulauan Riau) Wilayah XI (Jabodetabek, Jawa-Kalimantan)
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Renungan Hari Ini
27 Mei 2018
“Yesus menjawab, kata-Nya: ‘Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seseorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah’.”(Yohanes 3:3).
26 Mei 2018
“Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem   dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.” (Kisah Para Rasul 1:8).
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2018 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.