Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Renungan - Gereja Kristen Protestan Indonesia
16 Mei 2018
“Katanya: "Dalam kesusahanku aku berseru kepada TUHAN, dan Ia menjawab aku, dari tengah-tengah dunia orang mati aku berteriak, dan Kaudengarkan suaraku.” (Yunus 2:2).
Untuk tujuan-Nya dapat direalisasikan, selalu ada banyak jalan yang terbentang luas bagi Tuhan. Bisa saja Dia memakai hal yang sederhana  namun juga yang rumit dan tidak  masuk akal. Sebab Dia adalah Allah yang Maha Kuasa. Demikianlah juga jika hasrat hati-Nya agar sebuah suku, bangsa, pribadi atau masyarakat menjadi percaya kepada-Nya. Dia akan memakai setiap orang untuk melakukan misi tersebut. Dia akan memakai orang lain atau bangsa lain untuk melaksanakannya jika kita pun tidak mau terlibat dalam rencana-Nya. Yunus dipilih dan dipakai Tuhan untuk sebuah misi keselamatan, membawa pertobatan kepada bangsa Niniwe. Tentu doa itu tidak ditulis sementara Yunus berada dalam ikan sambil berdoa. Doa itu ditulis dalam bentuk lampau, sesuai dengan fakta bahwa doa itu ditulis setelah pengalaman tersebut. 
  Pengalaman Yunus yang tidak ingin melaksanakan perintah Tuhan untuk membawa kabar keselamatan kepada bangsa Niniwe ternyata berbuahkan penderitaan. Pergumulan Yunus antara mati dan hidup berada di dalam perut ikan yang sangat besar. Ikan yang diperintahkan Tuhan untuk membawa pertobatan bagi diri Yunus. Di dalam perut ikan itu, di dalam kondisi yang bila terjadi pada orang lain pasti merupakan pengalaman maut, lahirlah doa pertobatan dan syukur. “Dalam kesusahanku aku berseru kepada Tuhan…” Objek dari seruannya adalah pribadi yang memerintahkannya untuk melayankan berita keselamatan, yaitu Tuhan. Itulah keajaiban kasih setia dan anugerah Allah. Di dalam kedalaman samudera raya dan kegelapan maut dalam perut ikan, hidup dari Allah bekerja. Dalam situasi akan menghadapi akhir hidupnya, dia disadarkan kembali kepada “Tuhan”. Artinya dalam kesusahan sekalipun kita harus menyadarkan diri untuk selalu ingat Tuhan. Benturan kehidupan karena kesulitan, akan membuat kepala memori kita disadarkan kembali. Tentunya juga anda sudah begitu banyak makan “asam-garam” kehidupan. Hal itu mendorong kita sampai sekarang untuk menaikkan doa hanya kepada Tuhan saja.
Demikian juga Allah memilih untuk melaksanakan misi keselamatan bagi manusia di dunia ini, dengan memilih jalan untuk menjadi manusia dalam diri Yesus Kristus. Walau kemudian Dia harus berada dalam dunia “maut” selama tiga hari lamanya, sebelum kemudian Dia bangkit. Kekuatan hidup dalam kisah Yunus dan dalam kurban Kristus, adalah bukti nyata kasih Allah untuk orang berdosa. Kasih itu masih terus bergulir dalam tindakan-tindakan misioner sepanjang zaman. Tuhan masih memakai kita untuk membawa berita keselamatan bagi setiap orang, suku dan bangsa. Beritakanlah firman, siap sedialah baik atau tidak baik waktunya, nyatakanlah apa yang salah, tegorlah dan nasihatilah dengan segala kesabaran dan pengajaran. (2 Tim 4:2). (STP).

DOA : Allah yang baik dan Mahatahu, berikanlah kepadaku keberanian untuk menyaksikan imanku kepada-Mu bagi orang lain, dalam nama Tuhan Yesus Kristus, Amin.

Kata-kata Bijak:
“Kehidupan ini sebenarnya sangat sederhana, tetapi kita ngotot membuatnya
menjadi sulit” (Confucius)
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Selamat Ulang Tahun kepada:
Muller Purba 1 Agu
Naek Gultom 10 Agu
Sanny Samosir 12 Agu
Berman Manalu 13 Agu
Oloan Marbun 2 Sep
Baha Pasaribu 11 Sep
Edward Sinaga 12 Sep
Edward Sinaga 12 Sep
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE Lembaga - Non Lembaga -Tugas Belajar - Diperbantukan dll
Koordinator Wilayah Wilayah I (Medan I, Langkat)
Wilayah II (Medan II, Deliserdang) Wilayah III (Simalungun- Tebing Tinggi Sergei)
Wilayah IV (Dairi- Tanah Karo) Wilayah V (Asahan, Labuhan Batu)
Wilayah VI (Silindung, Pahae, Tapsel, Tapteng) Wilayah VII (Humbang, Samosir, Toba)
Wilayah IX (Riau Utara, Riau Selatan) Wilayah VIII (Sumatera Bagian Selatan)
Wilayah X (Kepulauan Riau) Wilayah XI (Jabodetabek, Jawa-Kalimantan)
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Renungan Hari Ini
24 Jun 2018
Juga kamu yang dahulu hidup jauh dari Allah dan yang memusuhiNya dalam hati dan pikiran seperti yang nyata dari perbuatanmu yang jahat, sekarang diperdamaikanNya di dalam tubuh jasmani Kristus oleh kematianNya untuk menempatkan kamu kudus dan tak bercela dan tak bercacat di hadapanNya.  (Kolose 1:21-22).
23 Jun 2018
“Berfirmanlah Allah: “Baiklah kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”(Kejadian 1:26)
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2018 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.