Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Renungan - Gereja Kristen Protestan Indonesia
15 Mei 2018
“Dan TUHAN berfirman: "Aku telah memperhatikan dengan sungguh kesengsaraan umat-Ku di tanah Mesir, dan Aku telah mendengar seruan mereka yang disebabkan oleh pengerah-pengerah mereka, ya, Aku mengetahui penderitaan mereka.” (Keluaran 3:7)

Allah adalah pribadi yang sangat peduli kepada ciptaan-Nya. Dia adalah pribadi yang memiliki karakter dan watak setia. Karena itu apapun yang sedang terjadi di dalam alam semesta tidak akan pernah mampu mempengaruhinya untuk tidak setia. Demikianlah juga sejak awal perjalanan umat yang dipilih-Nya, yaitu Israel. Dia senantiasa memperhatikan apa yang sedang dan akan dialami oleh umat pilihan-Nya. “Aku telah memperhatikan…” memerhatikan artinya : melihat lama dan teliti; mengamati; menilik. Dengan demikian Allah melihat dan sudah cukup lama dan dengan teliti, mengamati apa yang sedang terjadi kepada umat pilihan-Nya. Apa yang diperhatikan dan diamati Allah adalah “kesengsaraan”, penderitaan karena perbudakan yang terjadi di Mesir. Karena itu sudah cukup waktunya untuk Dia melakukan tindakan pembebasan. Karena penderitaan yang mereka alami sebagai umat-Nya sudah melewati batas kesabaran. Hal tersebut tidak lagi bisa dibiarkan, tindakan harus segera dilakukan. Kebebasan harus dikerjakan, dan Musa akan dipakai sebagai alat untuk melakukan pembebasan.
Sebagaimana Allah memperhatikan kesengsaraan umat-Nya di Mesir, Ia juga memperhatikan kesengsaraan seluruh umatNya. Ia mendengarkan seruan orang yang susah dan tertindas. Pada waktu seperti itu, umat Allah hendaknya berseru kepada-Nya agar Ia turun tangan menolong mereka. Apakah penindasan kita disebabkan oleh situasi, orang lain, Iblis, dosa atau dunia ? Penghiburan, kasih karunia, dan pertolongan Allah lebih daripada memadai dan cukup untuk mengatasi semua keperluan kita.Karena itu, berserulah kepada Dia untuk persoalan dan pergumulan hidup pada masa tua sekalipun. Dia akan menggendong kamu. Demikian Yesaya 46:4 mengatakan “Sampai masa tuamu Aku tetap Dia dan sampai masa putih rambutmu Aku menggendong kamu. Aku telah melakukannya dan mau menanggung kamu terus; Aku mau memikul kamu dan menyelamatkan kamu.”
Sungguh indah dan  beruntungnya kita, punya Allah yang mau setia mendampingi dari sejak muda sampai kemudian kita menjadi tua dan renta. Asalkan kita juga mau belajar untuk tetap setia mempercayai dan mempercayakan seluruh kehidupanmu kepada-Nya. Jika kita sudah diperhatikan dan dipedulikan Allah, maka marilah juga kita melakukan hal yang sama. Memperhatikan setiap orang yang menderita dan mengalami pergumulan hidup. Sehinga walaupun kita sudah semakin tua dan mungkin kita berkata “tak berdaya” namun kuasaNya akan  memampukan untuk berbuah dalam perhatian dan kepedulian. Allah mengerti, Allah peduli segala persoalan yang kita hadapi. Allah masih peduli terhadap kehidupanmu ! Pedulilah juga terhadap orang lain. (STP).
DOA : Allah Bapa aku memohon kepada-Mu berikanlah kepadaku hati yang semakin bijak untuk memahami tiap persoalan yang dihadapi, dalam nama Tuhan Yesus Kristus, Amin.

Kata-Kata Bijak:
“Ini bukan karena mereka tidak bisa menemukan solusi, tapi karena mereka
tidak mampu memahami masalah.” (Gilbert Keith Chesterton).
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Selamat Ulang Tahun kepada:
Muller Purba 1 Agu
Naek Gultom 10 Agu
Sanny Samosir 12 Agu
Berman Manalu 13 Agu
Oloan Marbun 2 Sep
Baha Pasaribu 11 Sep
Edward Sinaga 12 Sep
Edward Sinaga 12 Sep
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE Lembaga - Non Lembaga -Tugas Belajar - Diperbantukan dll
Koordinator Wilayah Wilayah I (Medan I, Langkat)
Wilayah II (Medan II, Deliserdang) Wilayah III (Simalungun- Tebing Tinggi Sergei)
Wilayah IV (Dairi- Tanah Karo) Wilayah V (Asahan, Labuhan Batu)
Wilayah VI (Silindung, Pahae, Tapsel, Tapteng) Wilayah VII (Humbang, Samosir, Toba)
Wilayah IX (Riau Utara, Riau Selatan) Wilayah VIII (Sumatera Bagian Selatan)
Wilayah X (Kepulauan Riau) Wilayah XI (Jabodetabek, Jawa-Kalimantan)
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Renungan Hari Ini
24 Jun 2018
Juga kamu yang dahulu hidup jauh dari Allah dan yang memusuhiNya dalam hati dan pikiran seperti yang nyata dari perbuatanmu yang jahat, sekarang diperdamaikanNya di dalam tubuh jasmani Kristus oleh kematianNya untuk menempatkan kamu kudus dan tak bercela dan tak bercacat di hadapanNya.  (Kolose 1:21-22).
23 Jun 2018
“Berfirmanlah Allah: “Baiklah kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”(Kejadian 1:26)
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2018 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.