Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Renungan - Gereja Kristen Protestan Indonesia
22 Apr 2018
“Sungguh, kamulah kemuliaan kami dan sukacita kami.”  (I Tesalonika 2:20).
Salah satu Lagu  Batak yang cukup terkenal adalah: “Anangkonki do hamoraon di ahu.” Ini menggambarkan perjuangan dari seorang ibu untuk menyekolahkan anak-anaknya. Si Ibu meredam keinginannya untuk berfoya-foya sebagaimana para ibu yang lain agar kiranya sang anak dapat bersekolah sampai kepada tingkat yang setinggi tingginya.  Anak adalah kebanggaan dari sang orang tua. Jika sang anak berhasil dalam hidupnya itu adalah kebanggaan dari orang tua. Segala jerih payah dan keinginan yang ditundanya akan berganti dengan sukacita di dalam dirinya. Kesukaran, kesusahan akan dapat dihadapinya dengan suka cita oleh karena anak tersebut menghargai jerih payah orang tua dengan belajar gigih. Kebahagiaan yang lain dari orang tua adalah jika semua anaknya sudah menikah dan memiliki cucu, maka kebahagiaannya pun akan semakin lengkap atau sempurna.
Rasul Paulus dalam menggambarkan kebahagiaan dan sukacitanya pun tidak terletak pada apa yang dimilikinya, tetapi sukacitanya terletak di luar dirinya yaitu hidup dari jemaat Tesalonika.  Tidak mudah menjadi orang percaya. Penderitaan pun terhampar di depan mata. Penderitaan itu bukan dari kelompok orang lain, tetapi dari kelompok sendiri yaitu teman-teman sebangsa. Teman-teman sebangsa ini mendapat pengajaran atau hasutan dari orang Yahudi.  Ini mengartikan bahwa penderitaan tersebut  “double”.  Tidak itu saja orang Yahudi pun telah membunuh Yesus. Rasul Paulus menyampaikan bahwa intensitas penderitaan itu luas dan mengerikan. Walau begitu Jemaat Tesalonika tidak gentar. Mereka tetap berpegang kepada kehendak Tuhan. Mereka rela menderita demi firman Tuhan. Mereka menghidupi firman Tuhan walaupun Rasul Paulus terpisah atau tidak bersama dengan mereka. Keterpisahan ini menunjukkan kedewasaan iman dari Jemaat Tesalonika, yang tidak lagi tergantung kepada Rasul.
Lalu bagaimana dengan kita, apa yang mendasari sukacita kita di dalam Tuhan? ternyata sukacita itu tidak hanya oleh karena kita sendiri telah menerima berkat, tetapi kita bersukacita karena iman orang lain yang begitu kokoh dalam menghadapi penderitaan di dalam Yesus Kristus. Hal ini tentu memberi pengajaran kepada kita agar kita tidak egois, tidak mementingkan diri tetapi sedia berbagi dan sedia merasakan serta memuji iman orang lain.  Hal ini juga me ngajak kita untuk peduli terhadap orang lain, memandang orang lain berharga di mata Tuhan, serta sedia melayani orang lain sebagaimana Tuhan melayani kita.  Sama seperti kemuliaan orang tua terletak pada anak-anaknya yang berhasil maka kita pun diingatkan bahwa kemuliaan kita adalah jika orang yang kita tolong, orang yang mengenal Kristus oleh karena kita hidupnya telah berubah dan dibaharui Kristus. Kemuliaan itu bukan karena kita mampu mengajar orang lain, tetapi saat orang tersebut memberlakukan firman Tuhan di dalam kehidupan sehari-harinya. (HG).
DOA: Terimakasih Tuhan, Engkau mengingatkan kami untuk peduli pada orang sekitar kami sehingga mereka mengenal Engkau dan menjadi pelaku firman Mu. Amin.

Kata-kata Bijak:
“Bersukacitalah karena orang lain telah hidup di dalam Tuhan.”
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Tidak Ada Pendeta Yang Ulang Tahun Pada Periode Bulan Ini Atau Bulan Depan!
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE Lembaga - Non Lembaga -Tugas Belajar - Diperbantukan dll
Koordinator Wilayah Wilayah I (Medan I, Langkat)
Wilayah II (Medan II, Deliserdang) Wilayah III (Simalungun- Tebing Tinggi Sergei)
Wilayah IV (Dairi- Tanah Karo) Wilayah V (Asahan, Labuhan Batu)
Wilayah VI (Silindung, Pahae, Tapsel, Tapteng) Wilayah VII (Humbang, Samosir, Toba)
Wilayah IX (Riau Utara, Riau Selatan) Wilayah VIII (Sumatera Bagian Selatan)
Wilayah X (Kepulauan Riau) Wilayah XI (Jabodetabek, Jawa-Kalimantan)
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Renungan Hari Ini
24 Jun 2018
Juga kamu yang dahulu hidup jauh dari Allah dan yang memusuhiNya dalam hati dan pikiran seperti yang nyata dari perbuatanmu yang jahat, sekarang diperdamaikanNya di dalam tubuh jasmani Kristus oleh kematianNya untuk menempatkan kamu kudus dan tak bercela dan tak bercacat di hadapanNya.  (Kolose 1:21-22).
23 Jun 2018
“Berfirmanlah Allah: “Baiklah kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”(Kejadian 1:26)
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2018 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.