Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Renungan - Gereja Kristen Protestan Indonesia
21 Apr 2018
“Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.”  (Mzm.119:105.
Ketika masih bertugas melayani di wilayah perkebunan kelapa sawit, aku mendapatkan banyak pengalaman berharga di sana. Pernah satu ketika, aku harus melayani di rumah warga jemaat yang lokasinya berada di kebun sebelah di malam hari. Karenanya, aku pun harus menyusuri jalanan tanah merah yang licin serta gelap. Mengandalkan sepeda motor yang kupinjamkan dari warga jemaat, aku pun bergegas menuju ke sana. Pengalaman naas pun kualami ketika lampu sepeda motorku mendadak padam di tengah jalan. Suasana langsung berubah menjadi gelap gulita seketika. Aku saat itu mulai panik. Jarak antara tempat tujuanku dan rumahku sudah hampir sama jauhnya. Jadi, tidak ada gunanya kembali ke rumah. Sembari berdoa, aku merogoh kantong tasku untuk mencari telepon genggamku yang memiiki lampu senter kecil. Akhirnya, dengan penerangan seadanya, aku pun melajukan sepeda motorku pelan sekali. Aku selalu bersyukur kepada Tuhan jika mengingat kejadian itu. Biasanya, aku jarang membawa telepon genggamku tiap melakukan pelayanan. Namun, malam itu aku membawa telepon genggamku sehingga aku memiliki cahaya yang cukup untuk menyusuri gelapnya malam.
  Peranan terang dalam hidup kita adalah sangat penting. Demikian juga dalam hidup rohani kita. Dalam nas ini pemazmur menyaksikan kepada kita: “Friman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.” Mazmur 119:105 ini ditulis dalam konteks pembangunan bait Allah di Yerusalem setelah dihancurkan oleh Babilonia. Bangsa Israel tentu tidak tahu harus memulai dari mana untuk membangun kembali negeri mereka yang sudah porak poranda itu. Karenanya, mereka memohon kepada Tuhan agar menunjukkan apa saja yang perlu mereka lakukan agar menjadi bangsa yang besar lagi. Secara umum, Mazmur 119 ini menggambarkan kepatuhan umat percaya pada perintah dan janji yang difirmankan oleh Tuhan Allah. Umat Israel percaya kalau mereka patuh dan berpedoman pada perintah serta janji Allah yang ada di dalam firman-Nya, maka kehidupan mereka akan dipulihkan oleh Tuhan Allah.
  Terkadang, hidup itu bisa seperti gambaran pengalamanku tadi. Ada kalanya di tengah perjalanan hidup, kita menemukan hal-hal yang tidak kita harapkan. Situasi itu mungkin membuat kita menjadi panik. Karenanya, kita sebagai umat percaya harus memiliki persiapan-persiapan dalam menghadapi situasi demikian. Pemazmur mengajak kita untuk merenungi bahwa pengenalan kita akan firman Allah bisa menjadi solusi dalam mencari jalan keluar dari kesulitan hidup. Kita percaya Firman Tuhanlah pelita kaki dan terang kita. Dengan demikian, firman Tuhan itu adalah suatu kebutuhan utama bagi umat percaya dalam melihat jalan apa yang hendak Tuhan tunjukkan pada kita. (ThS).

DOA: Ya Tuhan, terima kasih atas firman-Mu yang boleh menuntun dan membimbing kami keluar dari situasi hidup yang sulit. Karenanya, biarlah kami selalu hidup di dalam firman-Mu. Di dalam nama Anak-Mu, Tuhan Yesus Kristus, kami berdoa. Amin. 

Kata-Kata Bijak:
“Firman Tuhan adalah pedoman terbaik dalam menjalani hari-hari kita di dunia.”
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Tidak Ada Pendeta Yang Ulang Tahun Pada Periode Bulan Ini Atau Bulan Depan!
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE Lembaga - Non Lembaga -Tugas Belajar - Diperbantukan dll
Koordinator Wilayah Wilayah I (Medan I, Langkat)
Wilayah II (Medan II, Deliserdang) Wilayah III (Simalungun- Tebing Tinggi Sergei)
Wilayah IV (Dairi- Tanah Karo) Wilayah V (Asahan, Labuhan Batu)
Wilayah VI (Silindung, Pahae, Tapsel, Tapteng) Wilayah VII (Humbang, Samosir, Toba)
Wilayah IX (Riau Utara, Riau Selatan) Wilayah VIII (Sumatera Bagian Selatan)
Wilayah X (Kepulauan Riau) Wilayah XI (Jabodetabek, Jawa-Kalimantan)
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Renungan Hari Ini
29 Apr 2018
“Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.” (Matius 11:28).
28 Apr 2018
“Dalam penindasan yang berat kamu telah menerima firman itu dengan sukacita yang dikerjakan oleh Roh Kudus.” (1 Tesalonika 1:6b).
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2018 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.