Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Renungan - Gereja Kristen Protestan Indonesia
19 Apr 2018
“Tuhan adalah gembalaku, takkan kekurangan aku.” (Mzm.23:1).
Jauh sebelum berkeluarga dan dikaruniakan anak oleh Tuhan, aku sangat penasaran mengapa kalau anak kecil/bayi jika menangis sering memanggil ibunya daripada bapaknya? Mengapa anak sangat memiliki kedekatan emosional mendalam dengan ibunya daripada bapaknya? Aku memiliki komitmen jika menikah dan dikaruniakan anak nantinya, maka aku akan berusaha mengambil peran dalam merawat anak sejak ia dilahirkan. Aku ingin mengatakan bahwa pendapat selama ini tentang ikatan emosional di antara anak dengan ibu lebih kuat dibandingkan bapak dengan anaknya adalah salah. Seiring waktu berjalan, aku telah berkeluarga dan dikaruniakan seorang anak laki-laki yang menggemaskan. Seperti komitmenku sebelumnya, aku pun berupaya untuk terlibat banyak dalam mengurus anakku sejak ia dilahirkan. Hasilnya ternyata di luar dugaanku. Menggendong bayi dengan posisi yang sudah ditentukan selama setengah jam saja rasanya sudah sangat pegal dan kaku tanganku. Belum lagi anak ini bisa terbangun setiap waktu, kita sebagai orangtua harus sigap. Dua bulan pasca kelahiran anak pertama kami ini, aku sudah menyerah. Tetapi sebaliknya aku memerhatikan betapa sabar istriku memerhatikan anak kami itu. Ia tidak jengkel atau marah jika anak kami menangis seperti tiada henti. Tangannya yang kukira lemah tak pernah lelah menggendong anak kami. Semua yang diperlukan oleh anakku dicukupkan oleh ibunya. 
    Firman Tuhan saat ini menggambarkan hubungan yang  demikian, yaitu antara Tuhan dengan umat-Nya. Tapi, Pemazmur mengilustrasikannya dalam bingkai Gembala dengan kawanan domba. Suatu gambaran ilustrasi yang kontekstual dengan zaman di mana mazmur ini ditulis. Mazmur 23 ini menggambarkan kondisi umat percaya yang terlihat sangat memercayakan kehidupannya kepada Tuhan layaknya kawanan domba pada Gembalanya. Tugas Gembala itu memastikan kawanan domba tetap pada formasi barisannya, makanan dan minumnya tercukupi dan aman dari binatang buas. Israel sebagai umat yang dimaksudkan oleh Pemazmur memiliki hubungan yang erat dengan Tuhan. Mereka percaya akan pemeliharaan Tuhan dalam hidup sehari-hari.
  Melalui firman-Nya di hari ini, kita kemudian diingatkan untuk tetap memercayakan seluruh hidup kita pada Gembala yang baik, yaitu Tuhan Yesus Kristus. Dia akan menjaga dan mencukupkan apa yang kita perlukan dalam hidup ini, sehingga tak pernah kita merasakan kekurangan. Kasih sayang-Nya pada kita manusia seperti seorang ibu pada anaknya. Ada hubungan khusus yang kuat antara Pencipta dengan yang diciptakan-Nya. Tak ada satu pun kuasa yang datang menghalangi kasih-Nya itu, termasuk untuk memenuhi segala keperluan kita dalam menjalani hidup yang fana ini. Dengan demikian, apa yang kita takutkan lagi di dunia ini jika Tuhan menjadi andalan hidup kita?. (ThS).
DOA: Bapa yang baik, seperti seorang ibu yang mengasihi anak-Nya demikianlah kasih setia-Mu Tuhan dalam hidup kami. Karena itu, terpujilah nama-Mu Tuhan. Amin.

Kata-Kata Bijak:
“Tuntunan kasih setia Tuhan Allah merawat kehidupan kita begitu hebat,
sehingga segala sesuatunya menjadi cukup untuk kita.”
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Tidak Ada Pendeta Yang Ulang Tahun Pada Periode Bulan Ini Atau Bulan Depan!
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE Lembaga - Non Lembaga -Tugas Belajar - Diperbantukan dll
Koordinator Wilayah Wilayah I (Medan I, Langkat)
Wilayah II (Medan II, Deliserdang) Wilayah III (Simalungun- Tebing Tinggi Sergei)
Wilayah IV (Dairi- Tanah Karo) Wilayah V (Asahan, Labuhan Batu)
Wilayah VI (Silindung, Pahae, Tapsel, Tapteng) Wilayah VII (Humbang, Samosir, Toba)
Wilayah IX (Riau Utara, Riau Selatan) Wilayah VIII (Sumatera Bagian Selatan)
Wilayah X (Kepulauan Riau) Wilayah XI (Jabodetabek, Jawa-Kalimantan)
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Renungan Hari Ini
29 Apr 2018
“Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.” (Matius 11:28).
28 Apr 2018
“Dalam penindasan yang berat kamu telah menerima firman itu dengan sukacita yang dikerjakan oleh Roh Kudus.” (1 Tesalonika 1:6b).
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2018 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.