Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Renungan - Gereja Kristen Protestan Indonesia
18 Apr 2018
“Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat;ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.”  (Mat.7:7)
Saat mengendarai sepeda motor, hujan turun sangat deras sehingga aku harus mencari tempat untuk menepi. Ketepatan, ada satu warung kecil dekat sepeda motorku melintas. Supaya tidak hanya sekadar menumpang, aku pun mencoba sekalian belanja di warung itu. Yang tengah menjaga warung itu ternyata seorang bapak muda. Dengan sigap, ia menawarkan belanjaan di warungnya. Aku bingung mau membelanjakan apa. Warung itu hanya toko kecil untuk keperluan-keperluan sehari-hari. Awalnya, bapak itu menawarkanku sebungkus rokok. Aku menolak karena bukan seorang perokok. Aku sebenarnya ingin menyantap makanan atau minuman hangat. Bapak itu kaget mengapa aku mencari makanan masak di warungnya, yang sudah jelas bukan rumah makan. Aku hanya bisa menjawab, “Namanya juga usaha, pak. Manatahu bisa. Kalau tidak bisa juga tidak apa-apa”. Tak disangka, bapak ini menawarkan dimasakkan mie instant dan diseduhkan minuman hangat. Aku menjawab, “Tapi warung ini khan bukan warung makan, pak? Kenapa bisa?”. Jawaban menggelitik kudapatkan dari bapak itu, “Iya, pak. Tapi ini khan rezeki, masak ditolak? Namanya juga usaha, pak!”. Aku pun menyetujui tawaran bapak itu. Baru kali itulah pengalaman hidupku makan dan minum di warung yang bukan warung makan. 
  Nas kita hari ini merupakan bagian pengajaran Yesus pada para murid tentang bagaimana menemukan hikmat Tuhan serta menemukan jawab atas doa. Yesus meminta para murid tetap berusaha meminta hikmat dari Allah supaya dapat bijak menyikapi situasi kehidupan yang demikian berat. Yesus ingin memperkenalkan Allah adalah Bapa yang baik kepada anak-anak-Nya. Sehingga dalam iman kita berkeyakinan, apapun yang kita pinta pasti akan diberi oleh Allah Bapa seturut dengan keperluan kita dan bukan keinginan kita.Lalu, kita kemudian bertanya, “Bukankah Tuhan itu Mahatahu? Mengapa kita harus berdoa meminta?” Terkait dengan pertanyaan itu, kita lalu dibawa pada pemahaman lebih lanjut tentang bagaimana itu berdoa? Jelas bila kita datang meminta kepada Tuhan di dalam doa, maka di sana ada kesadaran akan kebutuhan ber-Tuhan. 
  Melalui nas ini kita diajarkan untuk berdoa dan berusaha meminta kepada Allah Bapa di Sorga. Yesus berkata: “Mintalah maka akan diberikan kepadamu”. Lalu, kita bertanya, “Di mana jawaban doa kita?” Tentu sebagai manusia kita dilengkapi dengan akal dan pikiran, kita akan terus bertanya dan bertanya sampai kita menemukan jawabnya. Makanya, Tuhan Yesus menjawab, “Carilah maka kamu akan mendapatkan”. Pencarian kita pun yang awalnya sangat optimis, lambat laun akan sampai pada satu misteri besar yang sulit untuk terpecahkan. Ibarat rumah misteri yang kita tak mengerti bagaimana isi di dalamnya. Makanya, Yesus kemudian memberikan ajakan, “Ketuklah, maka pintu akan dibukakan”. Jelaslah, kita berdoa, karena Allah menjawa doa kita.  (ThS).

DOA: Ya Tuhan, ajarlah kami untuk tetap berpengharapan kepada-Mu, sehingga, kami boleh tetap yakin meminta, mencari, dan mengetuk pintu keselamatan yang Kau sediakan bagi kami. Amin.
Kata-Kata Bijak:
Manusia yang terbatas tak pernah bisa membatasi jawaban doa Tuhan yang tak terbatas.
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Tidak Ada Pendeta Yang Ulang Tahun Pada Periode Bulan Ini Atau Bulan Depan!
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE Lembaga - Non Lembaga -Tugas Belajar - Diperbantukan dll
Koordinator Wilayah Wilayah I (Medan I, Langkat)
Wilayah II (Medan II, Deliserdang) Wilayah III (Simalungun- Tebing Tinggi Sergei)
Wilayah IV (Dairi- Tanah Karo) Wilayah V (Asahan, Labuhan Batu)
Wilayah VI (Silindung, Pahae, Tapsel, Tapteng) Wilayah VII (Humbang, Samosir, Toba)
Wilayah IX (Riau Utara, Riau Selatan) Wilayah VIII (Sumatera Bagian Selatan)
Wilayah X (Kepulauan Riau) Wilayah XI (Jabodetabek, Jawa-Kalimantan)
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Renungan Hari Ini
29 Apr 2018
“Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.” (Matius 11:28).
28 Apr 2018
“Dalam penindasan yang berat kamu telah menerima firman itu dengan sukacita yang dikerjakan oleh Roh Kudus.” (1 Tesalonika 1:6b).
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2018 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.