Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Renungan - Gereja Kristen Protestan Indonesia
16 Apr 2018
“Aku rindu kepada keselamatan dari pada-Mu, ya TUHAN dan Taurat-Mu menjadi kesukaanku. Biarlah jiwaku hidup, supaya memuji-muji Engkau, dan biarlah hukum-hukum-Mu menolong aku.”  (Mzm.119:174-175).
Seorang dokter spesialis jantung pernah bercerita panjang lebar denganku tentang pengalamannya berurusan dengan pasien jantung. Ia menuturkan betapa susahnya memberikan pemahaman pada pasien yang memiliki pola hidup kurang sehat. Misalnya saja, ia pernah menolong seorang pria yang terkena serangan jantung ringan. Ketika medis berhasil menyelamatkan nyawanya dari serangan itu, dokter ini meminta pasiennya itu untuk memerhatikan pola hidupnya supaya diisi dengan kegiatan yang positif untuk tubuh. Dokter ini menyarankan agar ia rutin memakan makanan yang rendah lemak, berolahraga teratur bukan berat, memberhentikan kebiasaan merokok, tidak bergadang, dan lain sebagainya. Akan tetapi, pasien tidak sedikit yang meremehkan nasehat itu. Bahkan, ada pasien yang mengatakan bahwa hidup mati seorang manusia itu di tangan Tuhan, bukan di tangan dokter. Kekecewaan mendalam tentu dirasakan dokter spesialis jantung ini. Ia mencurahkan isi hatinya padaku bahwa memang benar hidup mati manusia itu di tangan Tuhan. Namun, dokter dan staf medis lainnya bukankah perantara Tuhan dalam menolong sesama yang menderita, termasuk berpenyakit jantung? Dokter pun disumpah dalam mengemban jabatan untuk berdedikasi dalam profesinya. Lantas, kalau ia diragukan dan disepelekan karena alasan keagamaan, ia saat dilantik bersumpah pada siapa? Dokter ini menutup curahan hatinya dengan satu penegasan, “Hidup dan mati manusia itu memang ditentukan oleh Tuhan, tetapi yang pasti, manusia diberi akal dan budi untuk menjaga tubuhnya sebagai pemberian Tuhan.” 
  Dalam hubungan kita dengan Tuhan, melakukan perintah-Nya merupakan tanda bahwa kita rindu akan keselamatan. Kata kuncinya adalah rindu. Seperti pasien sakit jantung yang melakukan perintah dan aturan dokter, mereka menaatinya karena mereka rindu untuk kembali hidup sehat. Demikianlah, pemazmur yang mendengungkan kerinduannya dalam beroleh selamat. Ia memberikan tanda kerinduannya itu dengan melakukan Taurat dan hukum-Nya. Sekiranya ia dikasihani oleh Allah, maka ia beroleh selamat. Jiwanya pun kembali hidup untuk memuji Tuhan. Itu permohonan sederhana dari pemazmur. Demikian kita juga semua yang rindu akan keselamatan, marilah kita menunjukkannya itu dengan menaati perintah dan hukum-Nya. Sekalipun keselamatan adalah belas kasihan Tuhan semata, tetapi kita sudah memberi tanda kerinduan kita akan hal itu. Di samping itu, semua tindak ketaatan kita itu tidak lain bentuk dari kita memuji nama-Nya yang kudus. (ThS).

DOA: Ya Tuhan Allah, kuatkanlah kami dalam melakukan setiap perintah dan hukum-Mu. Biarlah kami rindu akan keselamatan yang Engkau sediakan itu.  Amin.

Kata-Kata Bijak:
“Melakukan hukum Tuhan sesungguhnya  merupakan indikasi kalau kita 
merindukan keselamatan itu.”
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Selamat Ulang Tahun kepada:
Ojak Lubis 26 Okt
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE Lembaga - Non Lembaga -Tugas Belajar - Diperbantukan dll
Koordinator Wilayah Wilayah I (Medan I, Langkat)
Wilayah II (Medan II, Deliserdang) Wilayah III (Simalungun- Tebing Tinggi Sergei)
Wilayah IV (Dairi- Tanah Karo) Wilayah V (Asahan, Labuhan Batu)
Wilayah VI (Silindung, Pahae, Tapsel, Tapteng) Wilayah VII (Humbang, Samosir, Toba)
Wilayah IX (Riau Utara, Riau Selatan) Wilayah VIII (Sumatera Bagian Selatan)
Wilayah X (Kepulauan Riau) Wilayah XI (Jabodetabek, Jawa-Kalimantan)
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Renungan Hari Ini
24 Jun 2018
Juga kamu yang dahulu hidup jauh dari Allah dan yang memusuhiNya dalam hati dan pikiran seperti yang nyata dari perbuatanmu yang jahat, sekarang diperdamaikanNya di dalam tubuh jasmani Kristus oleh kematianNya untuk menempatkan kamu kudus dan tak bercela dan tak bercacat di hadapanNya.  (Kolose 1:21-22).
23 Jun 2018
“Berfirmanlah Allah: “Baiklah kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”(Kejadian 1:26)
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2018 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.