Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Renungan - Gereja Kristen Protestan Indonesia
15 Apr 2018
“Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu,  tetapi pemberian Allah.” (Ef.2:8)
Bagi mereka yang memiliki latar belakang hukum, kata “grasi” tentu bukan hal yang sulit untuk dijelaskan. Secara sederhana, grasi diartikan sebagai pemberian dari Presiden dalam bentuk pengampunan yang berupa perubahan, peringanan, pengurangan, atau penghapusan pelaksaaan putusan kepada terpidana. Di Indonesia, grasi merupakan hak prerogatif Presiden untuk memberikan ampunan. Sekalipun pemberian grasi dapat mengubah, meringankan, mengurangi, bahkan menghapus kewajiban menjalani pidana yang dijatukan pengadilan, tidak berarti menghilangkan kesalahan dan juga bukan merupakan rehabilitasi terhadap terpidana. Tata cara pengajuan grasi, terpidana sendiri langsung menyampaikan permohonan tersebut pada Presiden, di mana salinan permohonan disampaikan pada pengadilan untuk diteruskan pada Mahkamah Agung (MA). Presiden memberi atau menolak permohonan grasi setelah memerhatikan pertimbangan MA. Jika diperhatikan dengan saksama, si pemohon grasi atau terpidana memiliki peran yang besar dalam usaha meminta grasi dari Presiden. 
  Namun, di dalam iman Kekristenan, kita tidak memiliki kuasa dalam upaya penghapusan hukuman kekal karena dosa pelanggaran kita. Baik itu meminta Tuhan agar memerhatikan hal-hal baik yang sudah kita lakukan, atau juga menunjukkan rasa menyesal kita dengan menangis sejadi-jadinya. Usaha itu tak akan memengaruhi keputusan Tuhan yang menjadi hakim atas dunia ini. Jikalau pengampunan itu diberikan, hal itu sepenuhnya karena belas kasihan Tuhan saja. Dalam surat kepada Jemaat Efesus, Paulus mengajarkan: “Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu,  tetapi pemberian Allah.” (Ef.2:8). Inisiatif penyelamatan itu bukan karena manusia yang berupaya menemukan Tuhannya, tetapi Tuhanlah yang menemukan ciptaan-Nya. Semuanya itu hanya belas kasihan-Nya semata yang dianugerahkan oleh Allah secara cuma-cuma. Karenanya, hal yang penting kemudian diperhatikan adalah iman. Hanya dengan iman itu, kita kemudian mensyukuri keselamatan kita dan melakukan hal yang direncanakan Tuhan atas hidup kita sejak semula. Apakah itu? Pekerjaan baik, di mana kita hidup di dalamnya.
Saudara, keselamatan yang Tuhan anugerahkan pada kita itu murni karena belas kasihan-Nya semata. Dengan menyadari hal tersebut, kita kemudian dapat mengingat kembali tujuan kita diciptakan-Nya di dunia ini. Sejak semula, kita (manusia) diciptakan Tuhan untuk tujuan pekerjaan baik, sebagaimana pekerjaan Tuhan adalah baik adanya. Kita kemudian sebagai citra Allah harus meneladani maksud baik pekerjaan Tuhan itu. Sehingga, orang lain dapat melihat citra positif Allah di dalam diri kita. (ThS).
DOA: Ya Tuhan, ajarlah kami untuk menyadari keselamatan yang engkau anugerahkan bagi kami. Ajarlah kami untuk melakukan hal-hal baik sebagai buah iman kami kepada-Mu. Di dalam nama Yesus Kristus kami berdoa dan bersyukur. Amin.
Kata-Kata Bijak:
“Semakin kita menyadari belas kasihan Tuhan, semakin kita mengerjakan keselamatan kita, yaitu perbuatan baik sebagai cerminan citra positif Allah.”
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Selamat Ulang Tahun kepada:
Oloan Marbun 2 Sep
Baha Pasaribu 11 Sep
Edward Sinaga 12 Sep
Edward Sinaga 12 Sep
Ojak Lubis 26 Okt
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE Lembaga - Non Lembaga -Tugas Belajar - Diperbantukan dll
Koordinator Wilayah Wilayah I (Medan I, Langkat)
Wilayah II (Medan II, Deliserdang) Wilayah III (Simalungun- Tebing Tinggi Sergei)
Wilayah IV (Dairi- Tanah Karo) Wilayah V (Asahan, Labuhan Batu)
Wilayah VI (Silindung, Pahae, Tapsel, Tapteng) Wilayah VII (Humbang, Samosir, Toba)
Wilayah IX (Riau Utara, Riau Selatan) Wilayah VIII (Sumatera Bagian Selatan)
Wilayah X (Kepulauan Riau) Wilayah XI (Jabodetabek, Jawa-Kalimantan)
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Renungan Hari Ini
24 Jun 2018
Juga kamu yang dahulu hidup jauh dari Allah dan yang memusuhiNya dalam hati dan pikiran seperti yang nyata dari perbuatanmu yang jahat, sekarang diperdamaikanNya di dalam tubuh jasmani Kristus oleh kematianNya untuk menempatkan kamu kudus dan tak bercela dan tak bercacat di hadapanNya.  (Kolose 1:21-22).
23 Jun 2018
“Berfirmanlah Allah: “Baiklah kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”(Kejadian 1:26)
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2018 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.