Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Renungan - Gereja Kristen Protestan Indonesia
14 Apr 2018
“Berbahagialah orang yang suci hatinya, karena mereka akan melihat Allah”(Matius 5:8).
Saya pernah melayani di sebuah Gereja POUK (Persekutuan Oikumene Umat Kristen) di daerah pedalaman yang memproduksi banyak minyak. Waktu saya memulai pelayanan, ternyata perusahaan yang bergerak di pengeboran minyak itu tidak lagi beroperasi namun gereja itu tetap berdiri. Saya tinggal di pastori gereja yang ada di sekitar rumah-rumah besar dan megah namun sudah ditinggalkan oleh penghuninya. Keadaannya begitu seram dan menakutkan. Saya mengajak seorang anak kecil untuk tinggal bersama-sama dengan saya. Namun di luar dugaan, si anak bisa melihat sesuatu yang tak bisa saya lihat. Maka itu pulalah yang menjadikan saya semakin takut. Lalu saya bertanya kepada orangtuanya, apakah memang demikian? Lalu orangtuanya mengatakan kepada saya, “yah memang begitulah anak-anak nang, karena hatinya tulus, maka dia bisa melihat yang tidak kita lihat.” Sayapun terus penasaran dan hingga  menuliskan renungan ini saya masih terus penasaran apa benar seperti itu. Lalu jika kita menghubungkan dengan nas hari ini: “Berbahagialah orang yang suci hatinya, karena mereka akan melihat Allah”,  bukankah itu sebagai sesuatu yang bertentangan? Sulit untuk menjawabnya. Namun yang pasti, pengajaran Yesus dalam nas ini adalah benar, orang yang suci hatinya akan melihat Allah.
Nas kita ini mengingatkan kita bahwa orang yang suci hatinya akan melihat Allah. Ini adalah sepenggal khotbah Yesus di Bukit, yang menjadi ucapan bahagia. Namun jika kita perhatikan, sering kali ini menjadi sesuatu yang membingungkan, karena rasanya terbalik dengan apa yang terjadi di dunia ini. Berbahagialah yang miskin, berbahagialah yang berdukacita, berbahagialah yang lemah lembut, berbahagialah yang dihina dan dianiaya oleh sebab kebenaran. Yah, memang rasanya terbalik dengan dunia, sebab dunia mengatakan jika miskin tidak mungkin bersukacita, jika dianiaya tidak mungkin kuat. Yah, ini adalah kualitas iman seorang murid Yesus. Khusus nas kita, berbahagialah yang suci hatinya, maka dia akan melihat Allah. Suci hatinya adalah orang yang rendah hati dan mau mengerti kehendak Allah, tidak terlampau banyak berteka-teki akan apa yang terjadi dalam hidupnya. Orang seperti inilah yang percaya yang melihat segala sesuatu dari sudut Allah. Sebab dari sudut pandang Allah semuanya akan baik. Melihat Allah di sini bukan melihat secara kasat mata, namun bisa melihat perbuatan  atau karya Allah dengan iman.
Saudara, melalui nas ini kita diingatkan, jika kita ingin melihat Allah dalam kehidupan kita, maka yang harus kita lakukan adalah menyucikan hati kita dan kita harus hidup dalam kekudusan. Sucikanlah hati, hiduplah dalam kekudusan, bersandarlah hanya kepada Allah dan berbuatlah kebaikan dan kebenaran. Maka Ia akan menunjukkan diri-Nya kepadamu dan menunjukkan jalan yang harus kau tempuh dalam hidupmu. Amen. (RM).
DOA: Yesus yang baik, Engkau telah menunjukkan jalan kebahagiaan kepada kami. Karena itu, kuatkan kami Tuhan untuk selalu hidup dalam kesucian dan kekudusan. Amin. 

Kata-kata Bijak:
Kesucian dan kekudusan hati adalah jalan untuk mengakses bekat-berkat Allah.
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Tidak Ada Pendeta Yang Ulang Tahun Pada Periode Bulan Ini Atau Bulan Depan!
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE Lembaga - Non Lembaga -Tugas Belajar - Diperbantukan dll
Koordinator Wilayah Wilayah I (Medan I, Langkat)
Wilayah II (Medan II, Deliserdang) Wilayah III (Simalungun- Tebing Tinggi Sergei)
Wilayah IV (Dairi- Tanah Karo) Wilayah V (Asahan, Labuhan Batu)
Wilayah VI (Silindung, Pahae, Tapsel, Tapteng) Wilayah VII (Humbang, Samosir, Toba)
Wilayah IX (Riau Utara, Riau Selatan) Wilayah VIII (Sumatera Bagian Selatan)
Wilayah X (Kepulauan Riau) Wilayah XI (Jabodetabek, Jawa-Kalimantan)
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Renungan Hari Ini
29 Apr 2018
“Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.” (Matius 11:28).
28 Apr 2018
“Dalam penindasan yang berat kamu telah menerima firman itu dengan sukacita yang dikerjakan oleh Roh Kudus.” (1 Tesalonika 1:6b).
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2018 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.