Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Renungan - Gereja Kristen Protestan Indonesia
14 Mar 2018
“Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu,tetapi pemberian Allah.” (Efesus 2:8).
    Tahun yang lalu kita merayakan 500 Tahun Reformasi Martin Luther (1517-2017). Berbagai kegiatan dilakukan oleh Gereja-gereja Protestan khususnya gereja-gereja buah penginjilan zending Barmen, Jerman, yang kini namanya United Evangelical Mission (UEM), untuk mengingat dan memaknai Reformasi tersebut. Dalam sejarah, pergumulan awal Martin Luther adalah: “Bagaimanakah aku bisa mendapat suatu Allah yang rahmani?” Kondisi pergumulan batin Luther waktu itu menunjukkan ketakutan akan hari kiamat, lalu bagaimanakah manusia memperoleh keselamatan? Luther sungguh-sungguh melakukan segala amalan, ia berpuasa, berjaga pada waktu malam, menyiksa diri, berdoa dan lain-lain. Tetapi semakin kuat ia melakukan semuanya itu, bukannya ia mendapat damai dan ketenteraman hati, malahan dia merasakan dirinya makin jauh dari rahmat Tuhan. Tetapi setelah Luther membaca dan menggumuli Roma 1:17, ia sadar dan mengerti bahwa di dalam Injillah nyata kebenaran Allah. Oleh karena dalam kebenaran Allah nyata keadilan-Nya, di mana orang berdosa harus dihukum, tetapi karena kasih-Nya manusia berdosa diselamatkan. Pemberian Allah itu disambut dengan iman. Itulah sebabnya Paulus menulis: “Orang benar akan hidup oleh iman”. (Rm.1:17).
                Dalam Kitab Efesus kita juga melihat unsur penekanan terhadap keselamatan karena anugerah. Dalam nas hari ini Paulus mengungkapkan: “Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah.”  Para pendosa diselamatkan karena kasih karunia menunjukkan pemberian atau anugerah Allah (sola gratia). Seturut dengan itu para pendosa diselamatkan oleh iman (sola fide), artinya kelamatan itu adalah respons atau tanggapan manusia terhadap kasih karunia Allah itu, jadi bukan karena usaha atau perbuatan  manusia. Keselamatan sesungguhnya anugerah Allah dan tidak ada tempat untuk jasa manusia yang denggannya dia diselamatkan. Bagaimanapun kebaikan, amal dan kesalehan manusia tidak mungkin dapat diselamatkan sebab manusia tidak mungkin melakukan tuntutan Hukum Taurat secara sempurna. Karena itu keselamatan mestilah karena kasih karunia Tuhan atau perbuatan Tuhan dalam diri Yesus Kristus.
                Dalam hidup kekristenan dewasa ini masih banyak yang menganut paham legalisme, yang menggambarkan upaya manusia untuk mendapatkan keselamatan dan atau kematangan rohani melalui ketaatan secara lahiriah terhadap sederetan peraturan agama. Menurut mereka jika kita berusaha berbuat baik, beramal, menuruti peraturan-peraturan gereja, memberikan persembahan dengan baik, menjaga kekudusan hidup, rajin ke Gereja, maka akan keselamatan. Pemahaman seperti itu adalah keliru. Nas hari ini mengingatkan bahwa oleh karena kasih-karunialah kita diselamatkan oleh iman. Keselamatan bagi pendosa adalah  anugerah Allah.
 
DOA: Bapa Sorgawi, terima kasih atas keselamatan yang telah Engkau anugerahkan kepada kami. Karena itu Tuhan bimbinglah untuk selalu bersyukur kepada-Mu. Amin.
 
Kata-kata Bijak:
Tuhan yang rahmani itu membenarkan kita dengan rahmat dan iman saja.
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Selamat Ulang Tahun kepada:
Oloan Marbun 2 Sep
Baha Pasaribu 11 Sep
Edward Sinaga 12 Sep
Edward Sinaga 12 Sep
Ojak Lubis 26 Okt
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE Lembaga - Non Lembaga -Tugas Belajar - Diperbantukan dll
Koordinator Wilayah Wilayah I (Medan I, Langkat)
Wilayah II (Medan II, Deliserdang) Wilayah III (Simalungun- Tebing Tinggi Sergei)
Wilayah IV (Dairi- Tanah Karo) Wilayah V (Asahan, Labuhan Batu)
Wilayah VI (Silindung, Pahae, Tapsel, Tapteng) Wilayah VII (Humbang, Samosir, Toba)
Wilayah IX (Riau Utara, Riau Selatan) Wilayah VIII (Sumatera Bagian Selatan)
Wilayah X (Kepulauan Riau) Wilayah XI (Jabodetabek, Jawa-Kalimantan)
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Renungan Hari Ini
24 Jun 2018
Juga kamu yang dahulu hidup jauh dari Allah dan yang memusuhiNya dalam hati dan pikiran seperti yang nyata dari perbuatanmu yang jahat, sekarang diperdamaikanNya di dalam tubuh jasmani Kristus oleh kematianNya untuk menempatkan kamu kudus dan tak bercela dan tak bercacat di hadapanNya.  (Kolose 1:21-22).
23 Jun 2018
“Berfirmanlah Allah: “Baiklah kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”(Kejadian 1:26)
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2018 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.