Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Renungan - Gereja Kristen Protestan Indonesia
13 Mar 2018
“Ketika jiwaku letih lesu di dalam aku, teringatlah aku kepada TUHAN, dan sampailah doaku kepada-Mu, ke dalam bait-Mu yang kudus.” (Yunus 2:7).
Sama seperti bulan mempengaruhi pasang surutnya air laut, demikianlah doa mempengaruhi pasang surutnya kehidupan orang percaya. Doa dengan iman kecil sanggup membawa jiwa kita masuk ke sorga, doa dengan iman yang besar sanggup membawa suasana sorga masuk ke jiwa kita. Inilah sebuah gambaran yang menunjukkan betapa doa-doa orang percaya memiliki kuasa.
                Seperti yang kita lihat dalam diri Yunus tatkala dia berada dalam perut ikan tiga hari tiga malam, ia memanjatkan doanya kepada TUHAN. Sebelumnya ia merasakan pergumulan yang sangat berat. Dari segi pemikiran manusia berada di perut ikan  tentu Yunus akan segera mati karena enzim-enzim yang ada dalam perut ikan itu akan memproses dan melumatkan dia sebagai makanan ikan besar itu. Pastilah dia merasakan kondisi dan situasi yang sangat menyakitkan bahkan ancaman yang besar yang segera akan mematikannya. Ada penafsir mengatakan bahwa dalam perut  ikan itu Yunus mengalami pingsan. Lalu dia sadar dan merasakan keberadaannya dalam perut ikat yang disebut seperti dalam “liang kubur” (ay.6). Di tengah-tengah kelelahannya, Yunus berdoa kepada TUHAN sebagaimana dalam nas ini: “Ketika jiwaku letih lesu di dalam aku, teringatlah aku kepada TUHAN, dan sampailah doaku kepada-Mu, ke dalam bait-Mu yang kudus.” Dalam kondisi yang letih lesu Yunus datang kepada TUHAN sebab tidak ada lagi pengharapannya selain TUHAN yang dia percayai yang sanggup menolongnya. Ternyata doanya didengarkan dan dikabulkan oleh TUHAN. Dalam ayat 10 dikatakan: “Lalu berfirmanlah TUHAN kepada ikan itu, dan ikan itupun memuntahkan Yunus ke darat. Di tengah-tengah jurang maut itu TUHAN menyelamatkan Yunus.
                Apakah ada di antara kita yang mengalami kondisi yang pahit dan membahayakan seperti yang dialami oleh Yunus itu? Apakah ada di antara kita yang mengalami ancaman maut ? Mungkin ada di antara saudara-saudara kita saat ini yang mengalami penyakit yang mematikan dan dokter sudah memvonis tidak ada harapan sembuh lagi. Atau mungkin ada di antara keluarga kita yang hidupnya ditimpa bencana yang bertubi-tubi? Atau mungkin ada saat ini persoalan yang sangat pelik dan rasanya kita tidak sanggup untuk mengatasinya? Akibatnya hidup kita tertekan,  hati dan pikiran kita menjadi letih lesu, stress dan depresi; sepertinya hidup kita sudah redup dan di ambang kehancuran. Apabila kita merasakan kondisi yang memprihatinkan seperti itu, Firman hari ini mengajak kita untuk segera datang kepada TUHAN. Melalui doa kita memohon pertolongan kepada TUHAN sebab hanya Dialah yang sanggup menyelamatkan kita dari kesesakan dan jurang yang dalam. TUHAN memiliki kuasa yang besar yang membebaskan kita dari segala pergumulan hebat yang kita alami. (HL).
 
DOA: Bapa Sorgawi, kami mengaku bahwa doa memiliki kuasa. Karena itu tolong dan bimbinglah kami Tuhan untuk senantiasa mengandalkan doa dalam hidup kami. Amin.
 
Kata-kata Bijak:
Bila badai dan tofan menyerangmu, panjatkanlah doa kepada Tuhanmu,
sebab doa memiliki kuasa yang besar untuk membebaskanmu.
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Selamat Ulang Tahun kepada:
Ojak Lubis 26 Okt
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE Lembaga - Non Lembaga -Tugas Belajar - Diperbantukan dll
Koordinator Wilayah Wilayah I (Medan I, Langkat)
Wilayah II (Medan II, Deliserdang) Wilayah III (Simalungun- Tebing Tinggi Sergei)
Wilayah IV (Dairi- Tanah Karo) Wilayah V (Asahan, Labuhan Batu)
Wilayah VI (Silindung, Pahae, Tapsel, Tapteng) Wilayah VII (Humbang, Samosir, Toba)
Wilayah IX (Riau Utara, Riau Selatan) Wilayah VIII (Sumatera Bagian Selatan)
Wilayah X (Kepulauan Riau) Wilayah XI (Jabodetabek, Jawa-Kalimantan)
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Renungan Hari Ini
24 Jun 2018
Juga kamu yang dahulu hidup jauh dari Allah dan yang memusuhiNya dalam hati dan pikiran seperti yang nyata dari perbuatanmu yang jahat, sekarang diperdamaikanNya di dalam tubuh jasmani Kristus oleh kematianNya untuk menempatkan kamu kudus dan tak bercela dan tak bercacat di hadapanNya.  (Kolose 1:21-22).
23 Jun 2018
“Berfirmanlah Allah: “Baiklah kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”(Kejadian 1:26)
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2018 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.