Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Renungan - Gereja Kristen Protestan Indonesia
09 Mar 2018
 “Jika aku telah mendapat kasih karunia di hadapan-Mu, ya Tuhan, berjalanlah kiranya Tuhan di tengah-tengah kami; sekalipun bangsa ini suatu bangsa yang tegar tengkuk, tetapi ampunilah kesalahan dan dosa kami; ambillah kami menjadi milik-Mu” (Keluaran 34:9). 
Tidak bisa dipungkiri bahwa manusia selalu menghadapi tantangan dan pergumulan. Selama kita masih hidup di dunia  tantangan dan pergumulan itu akan datang silih-berganti. Kita tidak dapat lari meninggalkan semua tantangan dan pergumulan itu. Tetapi kita harus menghadapinya  kapan dan di manapun. Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimanakah sikap kita sebagai orang percaya menghadapi tantangan dan pergumulan itu? Melalui nas ini kita akan meneladani sikap Musa ketika menghadapi tantangan dan pergumulan yang berat.
                Ketika Musa telah turun dari Gunung Sinai, dan ketika dia sudah selesai memahat dua batu loh yang baru,  ia percaya dan mengaku bahwa TUHAN adalah Allah penyayang dan pengasih, panjang sabar, berlimpah kasih-Nya  dan setia-Nya. Ia juga percaya bahwa dia telah mendapat  kasih karunia Tuhan untuk memimpin umat Israel ke Tanah Perjanjian. Sekalipun demikian ia mendapat tantangan dan pergumulan yang hebat sebab umat Israel merupakan bangsa yang tegar tengkuk. Peristiwa pembuatan patung lembu emas yang dijadikan Israel sebagai allah ternyata sangat mengecewakan Musa, terutama Tuhan sendiri. Namun demikian Musa memberanikan diri untuk berdoa syafaat kepada Tuhan Dalam ayat 8-9 disebutkan: Segeralah Musa berlutut ke tanah, lalu sujud menyembah serta berkata: “Jika aku telah mendapat kasih karunia di hadapan-Mu, ya Tuhan, berjalanlah kiranya Tuhan di tengah-tengah kami; sekalipun bangsa ini suatu bangsa yang tegar tengkuk, tetapi ampunilah kesalahan dan dosa kami; ambillah kami menjadi milik-Mu”. Melalui doa ini Musa mengharapkan dan memohon agar Tuhan berjalan di tengah-tengah bangsa itu agar perjalan berjalan dengan baik dan nyaman sebab Musa sadar akan karakter umat yang susah di atur dan sering jatuh ke dalam dosa. Musa  percaya tuntunan Tuhan akan membauat bangsa itu sampai di tanah yang telah dijanjikan oleh Tuhan.
                Demikian juga dalam perjalanan hidup kita sebagai orang percaya, kita sadar bahwa di tengah-tengah perjalanan hidup kita di dunia ini ternyata begitu banyak onak dan duri, tantangan dan pergumulan, penderitaan dan kesusahan. Belum lagi tantangan-tantangan dan godaan dari sekitar kita yang bisa menghambat langkah kita menuju sukses di masa depan terutama untuk menyongsong kedatangan Tuhan kembali. Oleh karena itu firman hari ini mendorong kita untuk datang kepada Tuhan memohon bimbingan dan tuntunan-Nya agar perjalanan hidup kita di dunia ini aman dan nyaman menuju rumah Bapa di sorga. Marilah kita sama-sama tekun berdoa agar Tuhan berjalan di tengah-tengah pergumulan kita. Sebab hanya Tuhanlah penolong dan penuntun kita. (HL).
DOA: Bapa Sorgawi, kami mengaku bahwa Engkau Allah penyayang, panjang sabar dan berlimpah kasih setia. Karena ituTuhan, tuntun dan bimbinglah kami untuk mengahadapi tantangan dan cobaan yang menerpa hidup kami.  Amin.
 
Kata-kata Bijak:
Tuhan tidak tidur dan tidak terlelap, Ia selalu menopang kita ketika mengahadapi
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Selamat Ulang Tahun kepada:
Ojak Lubis 26 Okt
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE Lembaga - Non Lembaga -Tugas Belajar - Diperbantukan dll
Koordinator Wilayah Wilayah I (Medan I, Langkat)
Wilayah II (Medan II, Deliserdang) Wilayah III (Simalungun- Tebing Tinggi Sergei)
Wilayah IV (Dairi- Tanah Karo) Wilayah V (Asahan, Labuhan Batu)
Wilayah VI (Silindung, Pahae, Tapsel, Tapteng) Wilayah VII (Humbang, Samosir, Toba)
Wilayah IX (Riau Utara, Riau Selatan) Wilayah VIII (Sumatera Bagian Selatan)
Wilayah X (Kepulauan Riau) Wilayah XI (Jabodetabek, Jawa-Kalimantan)
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Renungan Hari Ini
24 Jun 2018
Juga kamu yang dahulu hidup jauh dari Allah dan yang memusuhiNya dalam hati dan pikiran seperti yang nyata dari perbuatanmu yang jahat, sekarang diperdamaikanNya di dalam tubuh jasmani Kristus oleh kematianNya untuk menempatkan kamu kudus dan tak bercela dan tak bercacat di hadapanNya.  (Kolose 1:21-22).
23 Jun 2018
“Berfirmanlah Allah: “Baiklah kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”(Kejadian 1:26)
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2018 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.