Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Renungan - Gereja Kristen Protestan Indonesia
01 Agt 2016
Sebab itu haruslah kamu menunjukkan kasihmu kepada orang asing, sebab kamupun dahulu adalah orang asing di tanah Mesir. (Ulangan 10:19).
Saat ini semua pegawai maupun karyawan, baik di pemerintahan dan perusahaan swasta wajib menggunakan tanda pengenal. Tanda pengenal menjadi penting karena dengan tanda pengenal itu, perusahaan hendak menyatakan bahwa kualitas layananlah yang menjadi diutamakan, beberapa di antara terkait dengan tanggungjawab pelayanan, tanggap atau pedulian keramahtamahan. Misalnya saja ketika kita datang ke rumah sakit maka tampak semua petugas menggunakan tanda pengenal supaya semua pengunjung tahu dan dapat mengenal dengan baik siapa yang memberikan layanan. Dengan demikian, pengunjung (pasien) lebih mudah untuk membangun komunikasi dan menyampaikan maksud dan tujuannya.
     Demikian halnya dengan perikop kali ini. Firman Tuhan mengingatkan bangsa Israel agar tetap menjaga identitas mereka yang telah diberikan Tuhan. Umat-Nya adalah umat yang istimewa. Tidak serupa dengan bangsa lain (goyim).Untuk itu umat-Nya perlu menjaga keistimewaan yang sudah diberikan Tuhan sebagai bangsa pilihan-Nya. Bahkan hal itu harus ditunjukkan dengan perbuatan dan perlakuan umat Tuhan kepada orang asing (bangsa lain) sebagai perbuatan kasih, karena mereka juga dahulu adalah orang asing. Perbuatan kasih itulah yang akan menjadi identitas umat-Nya sekaligus memperkenalkan siapa Allah mereka kepada orang asing (bangsa lain).
     Bagaimana orang percaya saat ini menunjukkan tanda atau identitasnya sebagai umat yang takut akan Tuhan? Ketika Tuhan menolong dan sudah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, Ia tidak meminta banyak hal kepada kita. Tuhan hanya mau kita menjadi setia dan taat kepada-Nya dalam memuji dan menyembah-Nya. Dan hal yang sama dengan itu, kita juga harus bisa mengasihi dan menolong sesama melalui setiap perbuatan kasih yang dapat kita lakukan dengan segenap hati dan jiwa, akal budi dan kekuatan. Perbuatan itulah yang menjadi identitas dan tanda pengenal istimewa yang sudah kita terima dari Tuhan. Misalnya, apa tanda iman kita tetap berdiakonia? Hal sederhana misalnya adalah dengan memberikan persembahan kasih kita kepada Panti Asuhan Mamre dan Yayasan Pendidikan Tuna Netra GKPI. Perbuatan itulah yang akan menjadi bukti tanda diakonia kita, sekaligus menjadi identitas gereja kita yang masih tetap eksis di dalam menjawab panggilan-Nya untuk membayar hutang penginjilan dan diakonia. Masihkah tanda pengenal istimewa itu kita persaksikan? Amin.
Doa: Ya Tuhan Yesus, ajarlah kami dengan kuasa Roh Kudus-Mu agar mampu berbuat kasih kepada sesama, sebagai bukti bahwa kami adalah anak-anak-Mu yang Engkau kasihi.  
Kata-kata bijak:
Demikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati (Yak. 2: 17)
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail. Web. infokom@gkpi.or.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Tidak Ada Pendeta Yang Ulang Tahun Pada Periode Bulan Ini Atau Bulan Depan!
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE Lembaga - Non Lembaga -Tugas Belajar - Diperbantukan dll
Koordinator Wilayah Wilayah I (Medan I, Langkat)
Wilayah II (Medan II, Deliserdang) Wilayah III (Simalungun- Tebing Tinggi Sergei)
Wilayah IV (Dairi- Tanah Karo) Wilayah V (Asahan, Labuhan Batu)
Wilayah VI (Silindung, Pahae, Tapsel, Tapteng) Wilayah VII (Humbang, Samosir, Toba)
Wilayah IX (Riau Utara, Riau Selatan) Wilayah VIII (Sumatera Bagian Selatan)
Wilayah X (Kepulauan Riau) Wilayah XI (Jabodetabek, Jawa-Kalimantan)
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Renungan Hari Ini
20 Nov 2017
Tetapi Ia menjawab mereka: “Ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku ialah mereka, yang mendengarkan firman Allah dan melakukannya,” (Lukas 8:21)
19 Nov 2017
“Karena kamu semua adalah anak-anak terang dan anak-anak siang. Kita bukanlah orang-orang malam atau orang-orang kegelapan. Sebab itu baiklah jangan kita tidur seperti orang-orang lain, tetapi berjaga-jaga dan sadar” (1 Tesalonika 5:5-6)
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2017 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.