Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Berita Selengkapnya - Gereja Kristen Protestan Indonesia
28 Mei 2013
Tgl 26 Mei 2013 tepatnya minggu TRINITATIS  GKPI menahbiskan 18 Pendeta. Pendeta GKPI yang ditahbiskan ini terlebih dahulu telah menjalani masa vikariat selama 3 tahun. Pelayanan masa vikariat ini dilaksanakan di tiga tempat pelayanan yaitu di Gereja yang ada diperkotaan, di daerah pedesaan dan di lembaga-lembaga atau di daerah penginjilan GKPI.
Dalam masa vikariat ini, para calon Pendeta dibimbing oleh Pendeta senior, dan saat terjadi mutasi dari satu tempat ke tempat yang lain para vikariat ini terlebih dahulu menjalani pembinaan yang dilaksanakan oleh Pimpinan Pusat. Demikian juga saat akan menerima Penahbisan Pendeta, para Vikar terlebih dahulu menerima pembinaan di PA Mamre. Dalam Pembinaan tersebut ditekankan tentang spritualitas pelayan yang rendah hati, serta lebih mengenal akan seluk beluk dari berbagai tantangan di dalam pelayanan.
Ibadah Penahbisan dilaksanakan di Wilayah Silindung dengan mengambil tempat di GKPI Resort Khusus Hutagalung dibawah terang Tema: Dipimpin Pada Semua Kebenaran dan sub Tema: Jadilah hamba-hamba kebenaran dan rendah hati untuk menjadi berkat bagi semua orang ditengah-tengah gereja dan masyarakat. Bapak Bishop Pdt. Patut Sipahutar, M.Th dalam khotbah Minggu dari kitab: Yohanes 16:12-15 menekankan akan makna logos. Makna Logos dalam bahasa Yunani yaitu Ilmu pengetahuan. Dengan demikian bahwa logos yaitu segala sesuatu berawal dari ilmu pengetahuan. Dari pemahaman atau pengertian bahwa logos adalah sebagai awal segala sesuatu, maka dalam hal ini Bapak Bishop mempertanyakan akan apa logos/ awal dari seseorang menjadi pendeta. Ini menjadi perenungan bagi para Pendeta yang baru ditahbiskan, demikian juga kepada para Pendeta secara umum. Dengan pengenalan logos (awal mula) atau dasar seseorang menjadi pendeta akan mewarnai cara dan bentuk pelayanan seseorang.
Logos Kependetaan itu kata Bapak Bishop adalah Roh Tuhan. Tugas panggilan menjadi Pendeta adalah panggilan hati. Sebagaimana karya yang Yesus telah lakukan. Tindakan Yesus terkadang bertentangan dengan logika dan harga diri manusia. Berita dan karya terbesar yang Tuhan Yesus lakukan adalah PENGAMPUNAN. Hati yang melayani itulah yang menjadi logos seorang pendeta. Pelayan yang prihatin kepada orang miskin, kepada orang yang menderta adalah panggilan hati. Modal utama seorang Pendeta adalah firman dan Roh. Tidak ada yang dapat mengalahkan kuasa Roh dan firman. Kuasa-kuasa yang ada di dunia ini takluk dan tunduk pada kuasa Roh dan firman.
Pendeta yang ditahbiskan sebanyak 18 orang
Yaitu:
1. Pdt. Charlen David P. Napitupulu, S.Th
2. Pdt. Demak Siregar, S.Th
3. Pd. Hajopan Saut Malito Manik, M.Th
4. Pdt Helmy Thontji Seipattiratu, S.Th
5. Pdt. Henry Naibaho, S.Th
6. Pdt. Ida Rosari Siagian, S.Th
7. Pdt. Jhon Piter Batubara, S.Th
8. Pdt. Jhon Samuel Petra Tambunan, S.Th
9. Pdt. Lena Christina Simbolon, M.Th
10. Pdt. Leo San Jaksen Manik, M.Div
11. Pdt. Marigan Hutagalung,S.Th
12. Pdt. Marulitua Hiras Marganda Hutagalung, S.Si
13 Pdt. Renold Gultom, S.Th
14. Pdt. Rianto Protes Pasaribu, M.Th
15. Pdt. Sanny Samosir, S.Th
16. Pdt. Supran Sabam Parningotan Napitupulu, S.Th
17. Pdt. Turgas Sipahutar, M.Th
18. Pdt. Zendrato Simanullang, S.Pd., S.Th

Salah satu dari Pendeta yang menerima penahbisan, yaitu Pdt. Ida Rosari Siagian, S.Th adalah tunanetra. Pdt Ida Rosari Siagian, S.Th adalah salah seorang anak asuhan dari Yayasan Tunanatera Tanjung Morawa salah satu Yayasan binaan GKPI.
 Usai Ibadah Pelayanan Penahbisan Pendeta GKPI, Panitia Tahun Diakonia GKPI Tahun 2011 menyerahkan tanah seluas 10 hektar kepada Pimpinan Pusat. Tanah tersebut adalah sebagai hasil dari penggalangan dana pada saat Tahun Diakonia GKPI dan dari dana wilayah GKPI Silindung. Panitia Tahun Diakonia GKPI Dorgis Hutagalung, SH menyampaikan harapannya bahwa tanah itu kiranya dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin oleh GKPI sebagai Pusat kegiatan dan pertemuan GKPI ke depan. Dalam hal ini salah satu anggota Majelis Pusat GKPI Sahat Sinaga mengapresiasi akan keberadaan Tanah seluas 10 ha yang berada dekat dengan Salib kasih tersebut. Bapak Sahat Sinaga menjanjikan dana Rp. 10.000.000 (sepuluh Juta rupiah) sebagai dana awal untuk merealisasikan pemanfaatan tanah tersebut. Selanjutnya Bapak Sahat Sinaga juga menyampaikan harapannya kiranya dengan bertambahnya pelayan/ Pendeta di GKPI akan semakin meningkatkan pelayanan yang lebih baik ke depan.
Pdt. HUM Gultom, S.Th
Kaur Infokom
usielgultom@ymail.com
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Tidak Ada Pendeta Yang Ulang Tahun Pada Periode Bulan Ini Atau Bulan Depan!
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE WILAYAH I (MEDAN I, LANGKAT)
WILAYAH II (MEDAN II, DELI SERDANG) WILAYAH III (P.SIANTAR, SIMALUNGUN, TEBING TINGGI, SERGEI)
WILAYAH IV (DAIRI, TANAH KARO, ALAS, PAKPAK BARAT) WILAYAH V (ASAHAN, LABUHAN BATU)
WILAYAH VI (SILINDUNG, PAHAE, TAPSEL, TAPTENG) WILAYAH VII (HUMBANG, SAMOSIR, TOBA)
WILAYAH VIII (RIAU UTARA, RIAU SELATAN) WILAYAH IX (SUMATERA BAGIAN SELATAN)
WILAYAH X (KEPULAUAN RIAU) WILAYAH XI (JABODETABEK, JAWA, KALIMANTAN)
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Renungan Hari Ini
21 Sep 2020
“Carilah TUHAN selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepadaNyaselama Ia dekat” (Yesaya 55:6).
20 Sep 2020
“Barangsiapa berusaha memelihara nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, dan barangsiapa kehilangan nyawanya, ia akan menyelamatkannya” (Lukas 17:33).
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2020 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.