Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Berita Selengkapnya - Gereja Kristen Protestan Indonesia
30 Apr 2013
Setiap saat pemberitaan di televisi selalu menyuarakan tentang korupsi, kejahatan, perampokan, pembunuhan, gonjang ganjing politik, huruhara/kerusuhan, bencana alam dan sebagainya. Seolah-olah tidak ada lagi ke damaian dan tempat aman di dunia ini.Jika menonton sinetron selalu memperlihatkan kemewahan, iri hati, permusuhan serta dendam. Terkadang terbesit di dalam hati apa arti beragama bagi manusia saat ini?

Di sisi lain terlihat kebangkitan agama. Ini dapat dilihat dari tayangan yang bernuansa agama selalu di munculkan. Setiap agama memperlihatkan suatu pengajaran yang santun, yang baik dan menyejukkan hati. Namun pada kondisi tertentu ada yang fanatik dan ada pula yang liberal.

Kembali timbul pertanyaan: Kemana semua nilai-nilai pengajaran agama itu “menguap”? Apakah nilai-nilai/pengajaran agama hanyalah berupa pengetahuan belaka. Ataukah ibadah-ibadah yang dilakukan hanyalah bagaikan mantra yang hanya saat didengar saja menyejukkan hati. Usai ibadah segala sesuatu kembali ke semula?

Oleh karena itu perlu kiranya menggumuli akan arti dan makna beragama dalam kehidupan keseharian kita ini. Agama bukanlah konsumsi pikiran. Agama haruslah diimplementasikan di dalam kehidupan ini. Sebab tanpa membumikan agama maka ajaran-ajaran agama bagaikan “menara gading”. Sangat disukai sekaligus dihindari.
    
Disinilah peran setiap orang percaya untuk melihat kehidupan ini di dalam terang iman percaya. Apakah kita sudah mengimplementasikan  apa yang selalu kita yakini tentang berita pendamaian, pengampunan dan keutuhan ciptaan? Apakah itu semua tinggal di otak kita saja?
    
Agama itu tidak netral. Agama harus mengambil posisi. Agama itu berpihak kepada manusia yang lemah.    Keberpihakan ini adalah didasarkan pada  hakikat dari agama itu sendiri yang   berdimensi fungsional daripada substansial.  Dalam kekinian kita ini agama bisa diperalat yang kuat untuk membenarkan tindakannya. Atas nama agama seseorang bisa membunuh, atas nama agama seseorang bisa menindas. Atau  ungkapan “Tuhan akan memberi berkat” membuat seseorang untuk tenang dan senang di dalam penderitaannya.

    Agama akan  berarti jika agama  itu dirasakan hadir dengan mewarnai  didalam kehidupan orang percaya. Agama yang tidak menyentuh kehidupan umat maka agama itu akan ditinggalkan. Mari kita melihat apa yang Yesus perbuat. Saat Yesus berhadapan dengan ahli Taurat yang mempertontonkan kesalehan dan kepatuhan, yang dengan leluasanya menilai tindakan yang Yesus perbuat adalah suatu tindakan yang tidak tepat. Ternyata, mereka adalah dipihak yang salah. Saat para Imam dan Ahli Taurat membawa Yesus kehadapan Penguasa agar Yesus dihukum ternyata hukuman tersebut tidak “membunuh” tindakan Yesus. Itu semua adalah karena Yesus hadir ditengah umat. Yesus memperlihatkan kepedulian,  dan berbelarasa.

    Dengan demikian kembali kepada kita apakah keberimanan kita mengubah cara hidup kita? Ataukah hidup kita tidak mengalami perubahan walaupun setiap saat, setiap minggu, kita mendengar firman Tuhan?  Ini layak kita renungkan dalam kehidupan kita.

Selamat merenungkan.
Pdt. HUM Gultom, S.Th

Source: Majalah Suara GKPI Edisi April 2013
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Tidak Ada Pendeta Yang Ulang Tahun Pada Periode Bulan Ini Atau Bulan Depan!
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE WILAYAH I (MEDAN I, LANGKAT)
WILAYAH II (MEDAN II, DELI SERDANG) WILAYAH III (P.SIANTAR, SIMALUNGUN, TEBING TINGGI, SERGEI)
WILAYAH IV (DAIRI, TANAH KARO, ALAS, PAKPAK BARAT) WILAYAH V (ASAHAN, LABUHAN BATU)
WILAYAH VI (SILINDUNG, PAHAE, TAPSEL, TAPTENG) WILAYAH VII (HUMBANG, SAMOSIR, TOBA)
WILAYAH VIII (RIAU UTARA, RIAU SELATAN) WILAYAH IX (SUMATERA BAGIAN SELATAN)
WILAYAH X (KEPULAUAN RIAU) WILAYAH XI (JABODETABEK, JAWA, KALIMANTAN)
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Renungan Hari Ini
21 Sep 2020
“Carilah TUHAN selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepadaNyaselama Ia dekat” (Yesaya 55:6).
20 Sep 2020
“Barangsiapa berusaha memelihara nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, dan barangsiapa kehilangan nyawanya, ia akan menyelamatkannya” (Lukas 17:33).
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2020 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.