Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Berita Selengkapnya - Gereja Kristen Protestan Indonesia
12 Apr 2013
Otak adalah suatu bagian kepala yang penuh misteri. Ada banyak penelitian dilakukan oleh orang tentang otak. Bahkan otak dari orang-orang pintar di dunia ini diawetkan dan dijadikan bahan penelitian. Sebagaimana yang terjadi dengan Otak dari Einstein yang “dicuri” setelah 7 Jam setelah kematiannya oleh Thomas Harvey (seorang Patologi). Otak dipandang bagaikan komputer yang menggerakkan atau memfungsikan tubuh kita ini.
Otak dalam fungsinya dibagi dalam dua hal yaitu Otak Kiri dan Otak Kanan. Otak Kiri  fungsinya adalah untuk berpikir secara nalar, analisa, kemampuan bahasa dan menghitung. Atau dapat dikatakan lebih menekankan IQ. Manusia yang otak Kirinya lebih dominan maka manusia tersebut akan egois, mementingkan diri sendiri, mudah iri hati, sombong dan lain sebagainya. Otak kanan bertanggungjawab dalam emosi, daya intuisi, daya kreasi, kesenian, kemampuan refeleksi, daya ingat, kepribadian. Atau lebih menekankan kepada EQ.

    Dalam Koran Kompas tgl 2 Feb 2013 mengatakan bahwa saat ini, “kita sudah memasuki era baru, di mana kita perlu menyadari bahwa era teknologi sudah berlalu dan saat ini adalah saatnya untuk befokus pada konteks.” Pernyataan ini tentu menimbulkan suatu tanda tanya besar ditengah-tengah teknologi yang amat berkembang pesat. Sebab manusia saat ini sangat mengandalkan teknologi. Sebagaimana Jakarta memakai teknologi rekayasa cuaca agar hujan tidak turun di Jakarta. Bukankah teknologi sangat menolong?

    Namun Teknologi adalah teknologi yang tidak memiliki hati, rasa. Teknologi tidak mempunyai tenggangrasa. Teknologi memang amat menolong dalam hal menghitung, namun teknologi tidak akan mampu menggantikan kemampuan untuk bertenggangrasa, kemampuan untuk mengasihi, memberi solusi terhadap permasalahan kehidupan ini.  Teknologi tidak akan mampu melakukan transformasi seperti berempati dan kreativitas. Ini semua muncul jika digerakkan oleh cara pikir yang berbeda, lentur, tidak berstruktur, dan cara hidup yang berbeda. Ini semua adalah pengembangan pada Otak Kanan.

    Kembali kepada tema Tahunan GKPI Tahun Pendidikan (Pembinaan) GKPI penekanan yang manakah yang kita utamakan? Tentu otak Kiri dan Otak Kanan haruslah seimbang. Jika kita melirik perjalanan negara kita ini, yang mana Partai Politik satu persatu mulai “berguguran” dari hati pendukungnya oleh karena ketidakteladanan pemimpinnya. “ketidakpedulian” orang akan pemilihan Pimpinan di daerahpun mulai bermunculan. Kerusuhan terjadi di mana-mana. Suatu pertanyaan besar adalah Otak manakah yang “rusak” saat ini. Jika ditilik akan Perguruan tinggi yang ada saat ini begitu banyak bahkan dapat dikatakan sudah “menjamur”. Ternyata itu bukanlah pemecah masalah.

    Pemecah masalah saat ini adalah  kemampuan untuk menghubungkan, menyelaraskan ilmu yang satu dengan ilmu yang lain.  Di “area” manakah gereja merebut pendidikan ini? Tentunya adalah bagaimana meningkatkan kemampuan otak kanan yang berperan dalam meningkatkan emosional, spritualitas serta kemampuan orang percaya untuk berempati, kreatif ditengah-tengah dunia yang “kacau” ini. Disinilah peran gereja membantu umat untuk mampu mengejawantahkan ilmunya ditengah tengah masyarakat, sebagaimana peran gereja yang memperjuangkan nilai-nilai moral, etik dan spritual bagi semua orang (keadilan, damai, sukacita/pengharapan, dll).

Pdt. HUM Gultom, S.Th.
Source: Majalah Suara GKPI Edisi Maret 2013
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Tidak Ada Pendeta Yang Ulang Tahun Pada Periode Bulan Ini Atau Bulan Depan!
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE WILAYAH I (MEDAN I, LANGKAT)
WILAYAH II (MEDAN II, DELI SERDANG) WILAYAH III (P.SIANTAR, SIMALUNGUN, TEBING TINGGI, SERGEI)
WILAYAH IV (DAIRI, TANAH KARO, ALAS, PAKPAK BARAT) WILAYAH V (ASAHAN, LABUHAN BATU)
WILAYAH VI (SILINDUNG, PAHAE, TAPSEL, TAPTENG) WILAYAH VII (HUMBANG, SAMOSIR, TOBA)
WILAYAH VIII (RIAU UTARA, RIAU SELATAN) WILAYAH IX (SUMATERA BAGIAN SELATAN)
WILAYAH X (KEPULAUAN RIAU) WILAYAH XI (JABODETABEK, JAWA, KALIMANTAN)
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Renungan Hari Ini
21 Sep 2020
“Carilah TUHAN selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepadaNyaselama Ia dekat” (Yesaya 55:6).
20 Sep 2020
“Barangsiapa berusaha memelihara nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, dan barangsiapa kehilangan nyawanya, ia akan menyelamatkannya” (Lukas 17:33).
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2020 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.