Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Berita Selengkapnya - Gereja Kristen Protestan Indonesia
07 Feb 2013
Tahun Pendidikan adalah salah satu Tema Kategorial di GKPI yang telah dicanangkan oleh GKPI melalui Keputusan Sinode Am Periode XVIII Tahun 2010. Dalam keputusannya sebagaimana disebutkan dalam GKU-GKPI 2010-2015 bahwa isi tahun pendidikan GKPI terutama adalah di bidang formal, antara lain: membangun sekolah dan pengembangan pendidikan formal. Namun demikian kita menyadari bahwa pendidikan tidak terlepas dari pembinaan termasuk di bidang kerohanian, yaitu bagaimana GKPI melakukan pembinaan rohani warga jemaat dalam rangka mewujudkan visi GKPI 2010-2015, yaitu “GKPI sebagai tubuh Kristus memiliki kerohanian yang berkualitas.” Oleh karena itu Tahun Pendidikan GKPI 2013 kita padukan dengan pembinaan kerohanian bagi warga jemaat GKPI.
Sehubungan dengan Tahun Pendidikan (Pembinaan) GKPI 2013, dalam rangka meningkatkan wawasan pengetahuan dan pendidikan warga jemaat GKPI, diperlukan kegiatan-kegiatan (program) sebagai wujud nyata peran serta warga jemaat GKPI dalam mendukung dan mensukseskan program Tahun Pendidikan (Pembinaan) GKPI 2013. Berkaitan dengan itu Rapat Majelis Pusat GKPI-V tanggal 30 Oktober s/d 2 Nopember 2012 yang bertempat di Panti Asuhan Mamre, Pematangsiantar telah memutuskan hal-hal penting yang berkaitan dengan pelaksanaan Tahun Pendidikan (Pembinaan) GKPI 2013.

Mengacu kepada Keputusan Majelis Pusat GKPI-V 2012 dengan ini kami menyampaikan beberapa butir-butir program untuk dilaksanakan di semua aras GKPI, diawali dengan pencanangan tahun pendidikan dengan mengangkat dan melantik Panitia Pelaksanaan Tahun Pendidikan GKPI di Resort maupun Jemaat, sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing.

Seluruh Jemaat maupun Resort diwajibkan untuk memasang spanduk dan Billboard (Poster) Tahun Pendidikan GKPI 2013 beserta materi-materi kegiatan yang telah terjadwal selama setahun.

TUJUAN: Menjadikan tahun 2013 sebagai Tahun Kebangkitan Pendidikan (Formal) / Persekolahan GKPI dan meningkatkan Pembinaan kepada warga dan Pelayan GKPI.
SASARAN KEGIATAN:

1.Meningkatkan wawasan pendidikan seluruh warga jemaat untuk semakin memahami dan menyadari kedudukan, tugas, tanggung jawab dan peranannya di tengah keluarga, gereja, masyarakat, bangsa dan     negara.
2.Mendorong dan memotivasi Kaum Akademisi /Kaum Pendidik untuk memiliki keterbukaan serta mampu bersikap positif terhadap perubahan dan dinamika pendidikan.
3.Mengajak Kaum Akademisi serta seluruh warga jemaat GKPI untuk dapat berperan aktif/ berpartisipasi penuh di tengah-tengah jemaat dan masyarakat melalui talenta yang dimiliki, sehingga  menjadi berkat bagi Keluarga, Gereja dan  Masyarakat.

BENTUK PROGRAM/KEGIATAN:
I.Melaksanakan Kegiatan-Kegiatan yang bersifat menjemaat/umum, antara lain:

Pendataan anak-anak yang belum menjalani pendidikan wajib belajar 9 tahun.
Membentuk komunitas peduli pendidikan yang dapat menjadi wadah penggalangan dana pendidikan (beasiswa) bagi anak-anak GKPI dari keluarga kurang mampu.
Pembinaan/Pendidikan Politik (Kewarganegaraan) bagi warga gereja; tanggungjawab warga gereja sebagai warga negara dan lingkungan hidup.
Kebaktian Hari Pendidikan Nasional
Pertemuan Raya/Simposium/Lokakarya berskala Nasional Kaum Akademisi GKPI.
Lomba Karya Tulis Ilmiah GKPI Tingkat Nasional
Peresmian Cikal Bakal Perpustakaan Umum GKPI berstandar nasional (dapat dimulai dengan pengumpulan buku-buku dari seluruh warga jemaat GKPI, dan kemudian secara berkala menetapkan target pengumpulan buku dari Wilayah-Wilayah GKPI. Mis: suatu wilayah GKPI ditargetkan akan dapat mengumpulkan 2500 buku dalam setahun, wilayah lainnya mungkin lebih ataupun kurang dari jumlah tsb. Lalu dalam kurun waktu tertentu (mis. 3 tahun sudah terkumpul cukup buku untuk mengisi satu perpustakaan umum GKPI yang berstandar nasional).

II.Melaksanakan Kegiatan-Kegiatan yang bersifat Penyuluhan Pendidikan secara berkala kepada seluruh komponen warga jemaat GKPI, antara lain:

Pelatihan untuk persiapan-persiapan Mental dan Spiritual bagi kalangan Lansia. Pelatihan ini dapat dipandu oleh Psikolog dan Rohaniawan
Pelatihan Kepemimpinan untuk Remaja dan Pemuda. Materi pelatihan dapat disesuaikan dengan kebutuhan di Wil/Resort/Jemaat yang bersangkutan
Pelatihan Ketrampilan Kreativitas untuk Kaum Perempuan GKPI. Misalnya: belajar membuat sabun deterjen/sabun cream, belajar membuat aksesoris (kalung, anting, gelang dan tas), belajar merangkai bunga serta belajar membuat kue kue besar, kue kering & snack. Hasil pembelajaran ini dapat dijual untuk mendukung ekonomi kreatif warga jemaat GKPI
Pelatihan Ketrampilan Kreativitas untuk Kaum Pria GKPI. Misalnya: belajar membuat perabotan dari bahan plastik, rotan, bambu dan kayu; belajar mengatasi masalah-masalah yang berkaitan dengan elektronik, mekanik, dan teknologi komputer. Hasil pembelajaran ini juga dapat dimanfaatkan untuk mendukung ekonomi kreatif warga jemaat GKPI
Pemberdayaan Sie Musik dengan pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan pengelolaan musik dan nyanyian gereja
Pemberdayaan Guru-Guru mulai dari tingkat PAUD, SD, SMP & SMA melalui Workshop/ Lokakarya yang difasilitasi oleh Korwil-Korwil GKPI. Materi Pelatihannya antara lain:

Pemahaman konsep-konsep penting seputarPAUD
Pemahaman tentang kurikulum dan pelatihan membuat kurikulum
Pelatihan Metode & Strategi Mengajar
Pelatihan Mempersiapkan Media Mengajar dengan Audio Visual dan Penggunaan Teknologi Komputer.
Pelatihan Bahasa Inggris

Talk Show & Panel Diskusi dengan nara sumber sejumlah Pakar Pendidikan dari berbagai bidang.

III.Melaksanakan Pembinaan Kerohanian, antara lain:

KKR, retreat, PA, dan Ibadah Keluarga yang melibatkan seluruh komponen warga jemaat
Mengadakan “Sabtu Ceria” atau “Minggu Ceria” utk anak-anak Sekolah Minggu
Menerbitkan buku-buku yang bersifat Pembinaan bagi warga jemaat GKPI. Mis: buku pembinaan untuk Pelajar Sidi, Buku Pembinaan untuk Penatua dan Calon Penatua, Buku Pembinaan Pra Nikah, Buku Pembinaan untuk Remaja/Pemuda, Buku Pembinaan untuk Kaum Perempuan, Pria & Lansia serta Buku Pembinaan untuk Guru Sekolah Minggu.
Melaksanakan Ibadah bulanan untuk Kaum Akademisi/Pendidik di seluruh jemaat GKPI baik di tingkat Jemaat, Resort maupun Wilayah

IV.Melaksanakan Kegiatan-Kegiatan Sosial yang bersifat Pelayanan Pendidikan, antara lain:

Program mengajar anak jalanan
Menyediakan sarana, prasarana & SDM/tenaga didik gratis untuk mengajar anak-anak pada level PAUD
Membagikan buku & alat-alat tulis kepada anak-anak sekolah dari kaum kurang mampu.
Menyediakan sarana, prasarana & SDM untuk program mengajar secara berkala kepada warga jemaat GKPI di Pos-Pos PI GKPI
Menggalakkan program celik huruf & celik aksara bagi warga jemaat dewasa yang masih buta huruf.

V.Melaksanakan Kegiatan-Kegiatan yang mem-bangun persahabatan di antara seluruh jemaat baik di tingkat Jemaat, Resort maupun Wilayah, dengan prinsip “dari kita untuk kita”, a.l:

Menyediakan kursus Bahasa Inggris gratis.
Menyediakan Bimbingan Test gratis.
Melakukan Kegiatan Porseni sekali setahun
Melakukan Senam Kesegaran Jasmani atau Senam Aerobik secara berkala (mis:1 atau 2 kali se minggu)

VI.Menyediakan Sarana Komunikasi & Informasi, antara lain:

Membuat Warta Tahun Pendidikan GKPI di kertas acara gereja ataupun melalui berita jemaat setiap minggunya
Membuat Mading Tahun Pendidikan GKPI 2013 di jemaat masing-masing
Mempublikasikan secara periodik sekolah-sekolah yang bernaung di bawah GKPI, kepada berbagai media massa (mis: Suara GKPI, koran, radio & internet) supaya lebih dikenal masyarakat luas.

VII.Melaksanakan Ibadah Raya Tahun Pendidikan GKPI 2013 sebagai puncak pelaksanaan Tahun Pendidikan (Pembinaan) GKPI sekaligus refleksi pelak-sanaan Tahun Pendidikan (Pembinaan) GKPI 2013.

Demikianlah acuan/panduan pelaksanaan Tahun Pendidikan (Pembinaan) 2013 ini kami sampaikan. Kiranya Tuhan Yesus raja Gereja membimbing dan menyertai seluruh warga GKPI untuk melaksanakannya dengan baik demi kemuliaan nama Tuhan.

Pematangsiantar, 12 Januari 2013

Teriring salam dan doa kami,
PIMPINAN PUSAT GKPI
Bishop: Pdt. Patut Sipahutar, M.Th
Sekjend: Pdt. Oloan Pasaribu, M.Th

Catatan:
Pelaksanaan Materi Kegiatan dapat dipilih sesuai dengan situasi, kondisi dan kebutuhan pada Jemaat/ Resort/Wilayah masing-masing.
Source: Majalah Suara GKPI edisi Februari 2013
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail. Web. infokom@gkpi.or.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Selamat Ulang Tahun kepada:
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE Wilayah Jabodetabek
Wilayah Medan I Wilayah Siantar Simalungun
Wilayah Asahan Wilayah Tanah Karo/Alas
Wilayah Dairi Wilayah Samosir
Wilayah Toba Wilayah Humbang
Wilayah Silindung Wilayah Tapanuli Tengah
Wilayah Sumatra Bagian Selatan Wilayah Riau Utara
Wilayah Jawa Kalimantan Wilayah Deli Serdang
Wilayah Labuhan Batu Wilayah Kepulauan Riau
Wilayah Pahae Wilayah Tapanuli Selatan
Wilayah Langkat Wilayah Medan II
Wilayah Tebing Tinggi Wilayah Riau Selatan
Lembaga
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
VIDEO PS.EKKLESIA GKPI SALAK KOTA
Seksi Pria GKPI Jemaat Pondok Timur, Resort Bekasi
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
Vitor Hutabarat dalam acara Penahbisan Pendeta dan Evangelish di GKPI Air Bersih tgl 6 Mei
Vocal Group Pria GKPI Resort Teladan
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Paduan Suara Asa Taruli sie Perempuan GKPI Tangerang
Gita Sorga Bergema - Paduan Suara GKPI Tangerang
Renungan Hari Ini
22 Des 2014
Punya-Mulah siang, punya-Mulah juga malam. Engkaulah yang menaruh benda penerang dan matahari.(Mazmur 74:16).
21 Des 2014
Kata Maria: "Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu." Lalu malaikat itu meninggalkan dia.(Lukas 1:38).
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2014 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.