Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Berita Selengkapnya - Gereja Kristen Protestan Indonesia
09 Nov 2012
Penderitaan tidak pernah lekang dari kehidupan umat manusia. Setiap orang pasti menghadapi ini, baik oleh dukacita karena kehilangan orang yang dikasihi, bencana, sakit, fitnah, penindasan, ketidakadilan, tersingkirkan, merasa ditinggalkan Allah.  Penderitaan tidak hanya di dalam pekerjaan tetapi bisa saja di dalam lingkungan gereja.
Di dalam menghadapi penderitaan ini ada berbagai sikap yang diperbuat oleh manusia misalnya menghindari, merasa damai yang semu (maksudnya seolah-olah tidak ada masalah), berontak (=membalaskan), menyakiti diri (membunuh diri, menyingkir, mengasingkan diri), dan menghadapi masalah tersebut.

    Akibat dari penderitaan bisa membuat seseorang menjadi frustasi, depresi atau bahkan merasa Tuhan telah meninggalkan dirinya. Dan yang lain melihat penderitaan adalah suatu alat untuk menempa dirinya untuk memperoleh kesuksesan.

Konflik antara iman dan pengalaman hidup tidak mudah diselesaikan apabila penderitaan sampai melewati batas toleransi dan semua serba gelap tanpa harapan seperti dalam Mazmur 88, yang mana digambarkan tentang suatu hidup yang tidak wajar, hidup yang pemazmur pandang bahwa sesuatu itu sebenarnya bisa saja tidak terjadi kalau Allah mau.  Konflik-konflik seperti ini bisa saja terjadi di dalam hidup kita, seolah-olah kita hendak “menggugat” Tuhan atas apa yang terjadi di dalam hidup ini.

    Umat Kristiani berhadapan dengan penderitaan. Sebagaimana yang Yesus telah perlihatkan kepada dunia ini, bahwa ia tidak menghindari penderitaan namun Ia menghadapiNya dengan jalan salib. Para Nabi dan Rasul juga diterpa oleh penderitaan, namun mereka menghadapi penderitaan tersebut dengan iman. Paulus sendiri pernah meminta agar kiranya Tuhan mengambil duri di dalam dagingnya namun Tuhan menjawab lain. Menarik untuk membaca 2 Korintus12:7-12 Dan supaya aku jangan meninggikan diri karena penyataan-penyataan yang luar biasa itu, maka aku diberi suatu duri di dalam dagingku, yaitu seorang utusan Iblis untuk menggocoh aku, supaya aku jangan meninggikan diri.Tentang hal itu aku sudah tiga kali berseru kepada Tuhan, supaya utusan Iblis itu mundur dari padaku. tetapi jawab Tuhan kepadaku: "Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna." Sebab itu terlebih suka aku bermegah atas kelemahanku, supaya kuasa Kristus turun menaungi aku”.

    Paulus memberi arti baru dari penderitaan yaitu untuk merendahkan hati dan diri dihadapan Tuhan. Dengan keadan tersebut Ia tidak menyerah namun tetap berkarya di dalam memberitakan kabar baik.

    Dalam minggu Akhir Tahun Gerejawi setiap orang diingatkan akan kematian (Mementomori) dan dilanjutkan dengan Advent menandakan bahwa Tuhan memberi pengharapan bagi setiap orang yang setia di dalam hidupnya hanya kepada Tuhan saja.

Pdt. HUM Gultom
Kaur Infokom
suaragkpi@yahoo.com
usielgultom@ymail.com
Source: Majalah Suaragkpi edisi Nopember 2012
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail. Web. infokom@gkpi.or.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Selamat Ulang Tahun kepada:
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE Wilayah Medan I
Wilayah Siantar Simalungun Wilayah Asahan
Wilayah Tanah Karo/Alas Wilayah Dairi
Wilayah Samosir Wilayah Toba
Wilayah Humbang Wilayah Silindung
Wilayah Tapanuli Tengah Wilayah Sumatra Bagian Selatan
Wilayah Riau Utara Wilayah Jabotabek
Wilayah Jawa Kalimantan Wilayah Deli Serdang
Wilayah Labuhan Batu Wilayah Kepulauan Riau
Wilayah Pahae Wilayah Tapanuli Selatan
Wilayah Langkat Wilayah Medan II
Wilayah Tebing Tinggi Wilayah Riau Selatan
Lembaga
Video Galleri - GKPI
Seksi Pria GKPI Jemaat Pondok Timur, Resort Bekasi
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
Vitor Hutabarat dalam acara Penahbisan Pendeta dan Evangelish di GKPI Air Bersih tgl 6 Mei
Vocal Group Pria GKPI Resort Teladan
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Paduan Suara Asa Taruli sie Perempuan GKPI Tangerang
Gita Sorga Bergema - Paduan Suara GKPI Tangerang
Renungan Hari Ini
22 Apr 2014
Sedangkan seorang hamba Tuhan tidak boleh bertengkar, tetapi harus ramah terhadap semua orang. Ia harus cakap mengajar, sabar. (2 Timotius 2:24)
21 Apr 2014
Sesudah sarapan Yesus berkata kepada Simon Petrus: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku lebih dari pada mereka ini?" Jawab Petrus kepada-Nya: "Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata Yesus kepadanya: "Gembalakanlah domba-domba-Ku." (Yohanes 21:15).
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2014 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.