Cari Gereja Berdasarkan
No data available
Berita Selengkapnya - Gereja Kristen Protestan Indonesia
05 Okt 2012
I. Pendahuluan.

Sesuai dengan amanat agung Tuhan Yesus memang penginjilan itu ditujukan ke luar jemaat (Mat.28:18-20; Markus 16:15-16; Kisah 1:8). Inilah yang harus kita lakukan supaya jemaat kita betul-betul menjadi jemaat yang misioner, selalu berpartisipasi dan turut terlibat mendukung penginjilan supaya tahun ini terlaksana tahun penginjilan di jemaat kita. Tetapi anggota jemaat
belum semua memahami makna Injil itu dengan benar. Oleh sebab itu, di samping keluar, ke dalam-pun masih perlu di Injili. Salah satu ciri atau tanda anggota jemaat yang belum bertumbuh hidup rohaninya ialah dia belum sungguh-sungguh memahami dan menghayati kata-kata yang ada di Buku Ende, hanya sekedar menyanyikan saja. Umpamanya, sewaktu diadakan nyanyian dalam suatu pesta adat diiringi dengan musik, semua menyanyikan dengan gembira BE.No.435:1, Marolop-olop tondingki, ai naung ditobus Jesus i.... Kalau semua sudah memahami bahwa Kristus sudah menebus hidupnya, pastilah semua mereka rajin menghadiri kebaktian Minggu, khususnya kaum bapak-bapak. Oleh sebab itu masih banyak anggota jemaat kita yang perlu kita layani agar pemahamannya tentang isi Buku Ende agar dapat dia pahami dan hayati. Khususnya tentang Injil, masih banyak yang belum tuntas atau konkrit pemahamannya tentang jalan keselamatan menurut iman Kristen. Oleh sebab itu ke dalam punya itu kepada anggota jemaat kita, masih perlu di lnjili. Dalam artikel ini kita membahas penginjilan ke dalam, yaitu kepada anggoia jemaat kita yang belum memahami makna injil dengan jelas, dengan memakai Buku Ende sebagai pelengkap.

II. Beberapa Lagu Dalam Buku Ende yang Dapat Kita Pakai
1.Tentang jaminan atau kepastian keselamatan.
Masih banyak anggota jemaat yang perlu di Injili karena pemahamannya tentang jalan keselamatan menurut iman Kristen belum tuntas. Untuk melayani atau menginjili mereka dipakailah lagu dari Buku Ende No.528:1, kita nyanyikan: Tu dia ho dung mate ho, alusi ma, alusi ma. Jempek tingkim, ujungna ro. Tu dia ho dung mate ho, dung mate ho, dung mate ho. Saipingkir ma, tu dia ho? Langsunglah  diajukan pertanyaan yang bersifat diagnostic: Aut sugari tu ho diandoshon sungkun-sungkun on, aha ma alusmu. Tu surgo do manang tu narokko. Dari pengalaman , biasanya ada dua jawaban. Jawaban yang pertama yang diberikan beberapa orang: Ndang binoto do pe i, mamereng sogot ma i, Tuhan i do na mangatur i, pangidoan nian asa tu surgo iba. Berarti kepastian atau jaminan keselamatan belum semua memahami, pada hal baik dalam Alkitab maupun dalam buku ende, sudah banyak disaksikan jaminan keselamatan. Sewaktu akhir tahun gereja dimana dibuat peringatan kepada anggota jemaat yang meninggal selama tahun itu, ada pengkhotbah  yang mengatakan dalam khotbahnya: holan hamatean i do na pasti. Tu surgo manang tu naroko ndang pasti dope i. Pada hal dalam firman Tuhan dan dalam buku ende sudah ada jaminan atau kepastian keselamatan bagi orang yang sudah percaya dan menerima Tuhan Yesus dalam hidupnya yaitu 1 Yohanes 5:11-13; Yoh.3: 36; 5: 24; 6: 47; 10:28 ; Roma 14:8. Perlu kita baca seluruhnya. Dalam buku ende dinyatakan juga jaminan atau kepastian keselamatan itu yang perlu dihayati jemaat kita yang berbunyi: Di surgo hasonangan i, inganan na dumenggan i, Tusi naeng laho muli au, asa rap dohot Jesus au (BE.No.353:1). BE.No.213:4, Mangolu nang mate di Jesus do au, Ibana haporusanki. HataNa sambing di partogi di au, ai na tau haposanku do i. Sonang do, sonang do, dipasonang tongtong rohangkon. BE.No.266:1, 6, 1. Tu banuaginjang do pardalanta i. Na dihalungunhon ho tulus ma disi. Anggo dison muba-muba do sude, so sadia na ture di tano on. 6. Tu banua ginjang i lao ma ho muse. Gari hamatean i parhiteanmi. Di ida ho ujung ni dalanta i, bagas ni Amanta i. di surgo do.

Dalam iklan di surat kabar kalau ada yang meninggal selalu dimuat: Telah berpulang ke rumah Bapa di sorga. Di majalah gereja Bala Keselamatan iklan tentang orang yang meninggal dituliskan: Telah naik ke kemuliaan. Jawaban yang kedua, ada jawaban yang benar dan ada jawaban yang tidak benar atau salah. Jawaban yang salah dikatakan ke sorga dia, tetapi alasannya tidak benar. Saya bertanya kepada seorang ibu, apa alasannya dia ke sorga. Dia menjawab: Ai ahu do na umburju di sektor nami  on. Berarti dia mengandalkan kebaikannya. Jawaban yang benar ialah: percaya dan mengandalkan penebusan Kristus. Sewaktu diadakan pelatihan penginjilan oleh lembaga Evangelism Explosion International pertanyaan yang diberikan lagu tadi pun dipergunakan: Jikalau sekarang engkau meninggal, kemana arah hidupmu,ke sorga atau ke neraka?

2. Tentang  jalan keselamatan.
Saya pemah bertanya kepada seorang anggota jemaat kita bagaimana caranya supaya kita mendapat keselamatan dan tujuan kita menuju sorga. Jawabannya: Niulahon antong angka na denggan i, ringgas iba marminggu. Inilah yang dikatakan "Kristen hukumiah", artinya mengharapkan keselamatan melalui perbuatannya. Di dalam firman Tuhan sudah dijeiaskan bahwa keselamatan itu hanya kasih karunia yang kita terima dengan iman, bukan karena usaha kita atau hasil pekerjaan kita (Efesus 2:8-9). Bukan berarti gampangan atau murahan, karena Kristus telah rela mati di kayu salib untuk menebus kita. Ini yang disebut Martin Luther: Sola gratia. Di dalam buku ende kita pun No.194:1 sudah dijelaskan hal itu: Aut so asi rohaM, aut so godang basaM tu dia au. Alai dibaen basaM dohot asi rohaM tu surgo au. Di dalam BE.No.183:3 dipertegas hal ini: On pe holan asi ni roha, sipangasahononhon i, Sipujionku do Jahowa, dung ro na pamanathon i- Unduk huhut las rohangki, Mamuji asiroha i, mamuji asiroha i.  Seorang raja di Silindung, yaitu raja Pontas Lumbantobing yang sudah banyak mendukung penginjilan dan sudah memahami makna Injil itu, dia berkata: holan mangasahon panobusion ni Jesus do ahu (Saya hanya mengandalkan penebusan Yesus dalam hidup saya). Salah satu nyanyian dari buku ende yang perlu dihayati karena isinya langsung berkaitan kepada pribadi kita ialah BE.No 426:1, Tutu na mate Jesus i humophop iba on. Durus di hau parsilang i mudarNa i tongon, Songan i tutu, songon i tutu Umbahen na mate Jesus i siala au do i. Dikatakan dalam nyanyian tadi. humophon iba on, siala au do i. Salah satu sebabnya mengapa rasul Paulus begitu tegar dalam pelayanannya walaupun begitu banyak tantangan sampai dia pernah dipenjarakan adalah karena dia sungguh- sungguh menghayati kasih dan penebusan Yesus secara pribadi. Dia mengatakan dalam Galatia 2:20c itu: Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku. Orang percaya berbuat baik bukan supaya diselamatkan dan masuk sorga tetapi berbuat baik adalah buah imannya, karena dia sudah betul-betul menghayati kasih dan berkat Tuhan dalam hidupnya dan dia ingin memuliakan Tuhan dan menyenangkan hati Tuhan. Kita bukan Kristen asa" tetapi kita adalah "Kristen ala". Artinya, karena kita sudah diselamatkan Kristus, kita kerjakanlah yang baik, kita mentaati firman-Nya (Kristen ala). Kita berbuat baik, bukan supaya kita diselamatkan dan masuk surga (Kristen asa).

3. Panggilan menerima keselamatan.
Di dalam firman Tuhan kita dipanggil agar kita menerima dan menjadi pengikut Kristus yang sejati (Yoh.1:12; wahyu 3:20), beriman kepada-Nya (yoh.3:16; Kisah 16:31). Dalam buku ende kita yang perlu dihayati anggota jemaat kita ialah No.392:1, 4: 1.Sai pasiat Tuhan Jesus tu bagasan rohami. Sai maimaima Jesus, bege panuktuknai. Sai pasiat Tuhan Jesus, jangkon i tu rohami- Nunga tingki parasian, so tung jolo salpu i. 4.Lehon ngolumi tu Jesus, ai hatop salpu i. Sai pasiat ma Tuhanmu tu roham na loja i.Sai pasiat Tuhan Jesus, jangkon i tu rohami- Nunga tingki parasian, so tung jolo salpu i. Satu lagi nyanyian sebagai suatu komitmen yang perlu kita hayati- adalah- dari BE-No.260:1, 4. 1.Holan Jesus do hubaen donganku, ai ibona pasonangkon au. Ingkon sai tongtong tiur langkangku. Molo rophon Jesus au lao, molo raphon Jesus au lao. 4.Jesus do tongtong haporusanku, arta dohot hangoluanki. Nong tondingku nang pe pamatangku. Hupasahat tu tanganNa i. Hupasahat tu tanganNa i. Ada lagi lagu dalam BE kita yang isinya berupa penyerahan yang perlu kita hayati dan kita beritakan kepada anggota jemaat kita yaitu BE.No.227:1, Jesus ngolu ni tondingku. Ho do haporusanki. Gok di Ho nama diringku, ro di nasa hangkangki. Nyanyian dari buku ende yang dapat kita pakai ialah No.178, 335, I50,164, 192:1,5; 331, 221,214.
III. Kesimpulan.
Sebenamya isi lagu lagu atau nyanyian dalam buku ende (BE) kita sangat baik dan jelas isinya mengutarakan penginjilan bagi anggota jemaat yang belum memahami makna Injil itu- Demikian juga tentang jaminan atau kepastian keselamatan bagi orang yang sudah percaya dan menerima Kristus dengan sungguh-sungguh, menjadikan Dia sebagai Tuhan dan Raja hidupnya. oleh sebab itu jikalau kita sudah mengetahui, memahami dan menghayati beberapa nyanyian dari buku ende di atas, kita pakailah itu untuk menginjili aaggota jemaat kita yang belum konkrit memahami Injil itu. Sehingga dia nanti sudah memperoleh beberapa ayat dalam firman Tuhan dan beberapa nyanyian dari buku ende yang berisi jaminan atau kepastian keselamatan dan panggilan untuk menerima keselamatan dalam Kristus Yesus, Juruselamatnya. .

Source: Majalah suara GKPI Edisi September 2012
Kantor Pusat - GKPI
Jl. Kapt Sitorus No. 13
Pematang Siantar, Sumatera Utara
Telp (0622) 22664
Fax (0622) 433625
HP 081370021990
E-mail KANTOR SINODE GKPI
kantorpusat-gkpi@indo.net.id;
gkpi-pms@indo.net.id
E-mail Majalah SUARA GKPI
           suaragkpi@yahoo.com
Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
Kalender Ulang Tahun
Tidak Ada Pendeta Yang Ulang Tahun Pada Periode Bulan Ini Atau Bulan Depan!
Gereja Kristen Protestan Indonesia
KANTOR SINODE WILAYAH I (MEDAN I, LANGKAT)
WILAYAH II (MEDAN II, DELI SERDANG) WILAYAH III (P.SIANTAR, SIMALUNGUN, TEBING TINGGI, SERGEI)
WILAYAH IV (DAIRI, TANAH KARO, ALAS, PAKPAK BARAT) WILAYAH V (ASAHAN, LABUHAN BATU)
WILAYAH VI (SILINDUNG, PAHAE, TAPSEL, TAPTENG) WILAYAH VII (HUMBANG, SAMOSIR, TOBA)
WILAYAH VIII (RIAU UTARA, RIAU SELATAN) WILAYAH IX (SUMATERA BAGIAN SELATAN)
WILAYAH X (KEPULAUAN RIAU) WILAYAH XI (JABODETABEK, JAWA, KALIMANTAN)
Video Galleri - GKPI
MARS GKPI
MARS GKPI Cipt. Bonar Gultom
PP GKPI Resort Khusus Kabanjahe
Mamre oh Mamre
GKPI TVRI 2/3
GKPI TVRI 3/3
GKPI TVRI 1/3
Renungan Hari Ini
31 Jan 2021
“Dan semua orang takjub, lalu berkata seorang kepada yang lain, katanya: "Alangkah hebatnya perkataan ini! Sebab dengan penuh wibawa dan kuasa Ia memberi perintah kepada roh-roh jahat dan mereka pun keluar." (Lukas 4:37).
30 Jan 2021
"Sungguh, hatinya melekat kepada-Ku, maka Aku akan meluputkannya, Aku akan membentenginya, sebab ia mengenal nama-Ku.”(Mazmur 91:14).
Online Support
Administrator Administrator
This text will be replaced by the flash music player.
copyright ©2021 Gereja Kristen Protestan Indonesia
all rights reserved.